Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Diduga Menipu, Warga Kecamatan Juai Balangan Diamankan Polisi Tabalong

- Apahabar.com     Jumat, 13 November 2020 - 13:51 WITA

Diduga Menipu, Warga Kecamatan Juai Balangan Diamankan Polisi Tabalong

Pelaku bersama barang bukti yang disita saat berada di Polres Tabalong. Foto - Istimewa.

apahabar, TANJUNG – Tim Gabungan Unit Jatanras Satreskrim Polres Tabalong dan Unit Reskrim Polsek Tanjung (Polda Kalsel) melakukan penangkapan terhadap pelaku yang diduga tindak pidana penipuan dan atau penggelapan.

Penangkapan pelaku laki-laki berinisial SY (50) warga Kecamatan Juai Kabupaten Balangan ini dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Tabalong, AKP Deby Triyani Murdiyambroto, di Jalan Desa Buntu Karau Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, Rabu (11/11) lalu.

Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori melalui Kasubag Humas AKP H Ibnu Subroto mengatakan, penangkapan pelaku karena diduga melakukan penipuan.

“Modusnya berupa penggelapan uang penggadaian mobil yang mengakibatkan korbannya mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp 35.000.000, ” jelasnya, Jumat (13/11).

Lebih jauh dijelaskan, kejadiannya berawal dari pelaku bersama rekannya datang ke rumah korban di Desa Puain Kiwa Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong untuk menggadaikan 1 unit mobil CRV dengan jaminan sertifikat rumah pada bulan Januari 2018 lalu, yang mana dalam transaksi dibuatkan kuitansi gadai sebesar Rp 25.000.000.

Selain itu, Ada kesepakatan bahwa SY menyewa mobil yang digadaikannya itu dengan sewa Rp 3.000.000 per bulan.

Usai itu SY mengatakan, mobil dipakai dan bayar 1 bulan ke depan. Setelah setengah bulan lamanya SY datang lagi kepada korban untuk meminjam uang sebesar Rp 10.000.000 dengan alasan uang tersebut digunakan untuk membayar karyawan.

Beberapa hari kemudian korban menghubungi SY, namun tidak mendapat respon. Atas dasar inilah korban merasa dirugikan dan melaporkan kejadian ke Polsek Tanjung Polres Tabalong Polda Kalsel pada bulan Juli tahun 2019.

“Berdasarkan laporan tersebut, Polsek Tanjung sempat melakukan upaya penangkapan, namun SY berhasil melarikan diri,” jelas Ibnu.

Setelah sekian lama, akhirnya pelaku bisa ditangkap saat berada di Desa Buntu Karau Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

Bersamanya juga disita barang bukti berupa lembar kwitansi, 1 lembar surat tanah, 1 lembar poto copy surat tanah dan 1 lembar surat tanah sporadik.

“Saat ini pelaku bersama barang bukti yang berhasil disita sudah dibawa ke Polres Tabalong guna proses hukum lebih lanjut,” pungkas AKP H Ibnu Subroto.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tabalong

Catat! Uji Kompetensi PPPK Guru di Tabalong Digelar Mulai 13 September 2021

Tabalong

Kepengurusan HKTI Tabalong Terbentuk, Tinggal Tunggu Pelantikan
apahabar.com

Tabalong

Ada Kerusakan Pompa, Layanan PDAM Tabalong Terganggu
apahabar.com

Tabalong

Ketua DPRD Kalsel Surati Bupati Tabalong Terkait Pedagang, Ini Isi Surat Balasannya

Tabalong

Taman Wisata Laburan Tabalong Sumbang Rp80 Juta Pendapatan Bumdes Padang Panjang
apahabar.com

Tabalong

12 Desa di Kecamatan Tanta Gratiskan Internet Bagi Pelajar dan Mahasiswa
guru PPKN

Tabalong

Dapat Sertifikat, Puluhan Guru PPKN di Tabalong Bisa Ajarkan Pelajaran Lalu Lintas
apahabar.com

Tabalong

Semester Pertama, Ratusan Perkara Diputus PN Tanjung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com