Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

Dongkrak Ekonomi Masyarakat HST, Puluhan Pengelola Wisata Ikuti Pelatihan

- Apahabar.com Kamis, 19 November 2020 - 17:05 WIB

Dongkrak Ekonomi Masyarakat HST, Puluhan Pengelola Wisata Ikuti Pelatihan

Bupati HA Chairansyah didampingi Kadisporapar HST, Wahyudi Rahmad menyematkan kalung peserta kepada salah satu pengelola wisata saat pembukaan pelatihan di HBI, Rabu (18/11). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) berupaya mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Salah satunya untuk meiningkatkan perekonomian di Bumi Murakata.

Baru-baru tadi, Pemkab melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST membuka pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata bagi pengelola wisata di daerah yang dijuluki Paris van Borneo ini.

40 perwakilan pengelola destinasi wisata diikutsertakan dalam pelatihan selama 3 hari di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI). Terhitung sejak 18-20 November 2020.

Bupati HST, HA Chairansyah menyampaikan pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Para peserta pelatihan berfoto besama Bupati dan jajaran Disporapar di HBI, Rabu (18/11). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

Selain itu juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, menjalin persahabatan antar bangsa maupun individu yang lebih baik secara nasional maupun global.

“Sektor pariwisata bukanlah sektor yang berdiri sendiri tetapi merupakan industri yang multisektor,” kata bupati saat membuka pelatihan di HBI, Rabu (18/11).

Tolak ukur keberhasilan pariwisata, lanjut bupati dapat diukur dari terciptanya iklim yang kondusif. Baik dalam bentuk dukungan, penerimaan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata di daerah serta penyiapan sarana dan prasarana penunjang.

“Pengembangan pariwisata tidak dapat dipisahkan dari kesiapan SDM yang berkualitas. Baik dalam merencanakan dan mengelola potensi-potensi yang tersedia, di mana prosesnya dikerjakan dengan mengedepankan semangat profesionalisme, tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha,” terang bupati.

Pemerintah sebagai penentu kebijakan, tegas bupati, berupaya meningkatkan kapasitas, peran dan inisiatif dalam pembangunan Pariwisata.

Kemudian, masyarakat sebagai pelaku, lanjut dia penting dalam menciptakan masyarakat yang sadar wisata dan juga sebagai penerima manfaat.

Sementara para pelaku usaha pada sektor pariwisata dengan sumber dayanya seperti modal dan jejaring yang dimilikinya, dapat menjalankan peran sebagai pelaksana pembangunan kegiatan kepariwisataan.

Sedangkan untuk dinas terkait, Disporapar HST, Bupati meminta agar membina secara bertahap dan berkelanjutan. Sehingga destinasi wisata di HST dapat tertata baik dan mempunyai daya saing.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat mewujudkan peningkatan kapasitas dan profesionalisme masyarakat destinasi wisata serta pelaku usaha pariwisata dalam pengelolaan kepariwisataan serta dapat memberikan masukan yang positif demi pengembangan pariwisata di HST,” harap bupati.

Dalam laporannya, Kabid Pariwisata Disporapar HST, M Fakhrurazi mengatakan bahwa kegiatan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelola destinasi wisata.

Pariwisata, kata Fakhrurazi, untuk mewujudkan sapta pesona para destinasi wisata serta membangun paradigma baru pengembangan dunia pariwisata di HST.

Hal itu sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009, tentang Tujuan Pembangunan Kepariwisataan.

“Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, memajukan kebudayaan, dan mengangkat citra bangsa,” tutup Fakhrurazi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Banjir HST, Gelombang Bantuan dari Berbagai Pihak Ringankan Beban Pemkab
Popda

Pemkab Hulu Sungai Tengah

HST Masuk 10 Besar Popda Kalsel 2020, Chairansyah Ganjar Bonus
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kerusakan Infrastruktur di Batara, Dinas PUPR Segera Buat Perencanaan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Ingatkan PPDP di HST Terapkan Protokol Kesehatan
TNI

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Hari Juang TNI-AD di HST Diisi Aksi Sosial Prajurit dan Ibu Persit
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Momen Isra Mikraj, Berry Ajak Masyarakat HST Tingkatkan Keimanan
apahabar.com

HST

Wabup Berry Dorong Kader Muda PMI HST Jadi Pelopor Gerakan Kemanusiaan
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Adat Terpencil di HST Curi Perhatian PT Indomaret
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com