3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Donor Darah-Ziarahi Pahlawan,13 Komunitas di Palangka Raya Rayakan Sumpah Pemuda

- Apahabar.com Minggu, 1 November 2020 - 11:37 WIB

Donor Darah-Ziarahi Pahlawan,13 Komunitas di Palangka Raya Rayakan Sumpah Pemuda

Kolaborasi 13 komunitas yang tergabung dalam Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure Palangka Raya mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kolaborasi 13 komunitas yang tergabung dalam Bold Riders, SuperSoccer, dan SuperAdventure Palangka Raya mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.

Kegiatan utama berupa donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri” di Kantor PMI Palangka Raya pada 20-24 Oktober 2020.

Menurut Koordinator Acara Rangga Tri, dalam kegiatan donor darah yang dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan tersebut, berhasil terhimpun 57 kantong darah dari 100 peserta.

Sebagian peserta gagal lolos pemeriksaan kesehatan karena sejumlah alasan di antaranya tekanan darah rendah, hemoglobin rendah, hingga darah telalu kental.

“Memang sebelum mendonorkan darah, harus dihindari hal-hal yang bisa memicu kegagalan seperti begadang, minum kopi, maupun kurang mengonsumsi makanan sehat. Ini bisa menjadi pembelajaran buat teman-teman komunitas,” ujar Rangga.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Rangga menambahkan, rangkaian kegiatan berlanjut dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang pada Selasa (27/10/2020). Di situ, anggota komunitas berziarah ke makam G. Obus, salah satu perwakilan Jong Borneo dalam ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 dan makam Tjilik Riwut, pahlawan nasional asli Dayak sekaligus Gubernur Kalimantan Tengah pertama.

“Ziarah ini dilakukan untuk menghargai jasa para pahlawan. Apalagi momennya bertepatan dengan Sumpah Pemuda. Jadi kita semua bisa meneladani perjuangan para pahlawan,” tambah Rangga.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

KPU Kalteng Siap Gelar Debat Perdana Pilgub
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Seruyan Usulkan Penambahan Jadwal Penerbangan ke Banjarmasin
apahabar.com

Kalteng

Ada Marka Jalan Physical Distancing di Kapuas, Pengendara Wajib Manut
apahabar.com

Kalteng

Banjir di Desa Sei Pinang Kapuas Meluas
apahabar.com

Kalteng

Tidak Semua PNS di Barut Dapat THR
apahabar.com

Kalteng

Kecelakaan Maut Speedboat Paspampres di Kalteng, Dandim Kapuas Tewas
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Optimistis Kalteng Dipilih Lokasi Ibu Kota Pemerintahan
apahabar.com

Kalteng

Paduan Suara di Istana, 4 Siswa Asal Barut Wakili Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com