Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Eksepsi Ditolak, Simak Pembelaan Terdakwa Camat Aluh Aluh

- Apahabar.com Senin, 23 November 2020 - 23:29 WIB

Eksepsi Ditolak, Simak Pembelaan Terdakwa Camat Aluh Aluh

Sidang perdana dugaan kasus pidana netralitas ASN dalam Pilkada di Kabupaten Banjar berlangsung sampai malam, di Pengadilan Negeri (PN) Martapura, Senin (23/11). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Sidang perdana dugaan kasus pidana netralitas ASN dalam Pilkada di Kabupaten Banjar berlangsung hingga malam, di Pengadilan Negeri (PN) Martapura, Senin (23/11).

M Agus pasaribu SH MH, penasihat hukum terdakwa Camat Aluh Aluh Syaifullah Effendi, bersikeras bahwa perkara ini bukanlah kewenangan pengadilan negeri, tetapi kewenangan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Selain itu, Agus pasaribu beranggapan bahwa pasal yang didakwakan JPU tidak berhungan dengan kejadian di lapangan.

Pembelaan ini disampaikan dalam eksepsi atas dakwaan yang disampaikan jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang tadi.

Agus menilai, kehadiran kliennya yaitu Camat Aluh Aluh dalam kampanye salah satu calon, semata-mata untuk memberi imbauan kepada masyarakat terkait Pilkada di masa pandemi. Bukan untuk kepentingan pasangan calon (Paslon).

“Ini yang harus kita lihat, jangan sepotong-potong hanya kepentingan mereka, ini untuk kesehatan masyarakat dan masyarakat tidak bentrok akibat beda pilihan di Pilkada, juga jangan sampai golput. Tapi tidak mengarahkan suara kepada salah satu paslon,” ujar Agus Pasaribu di hadapan wartawan didampingi kliennya Camat Aluh Aluh.

apahabar.com

Terdakwa Camat Aluh Aluh Syaifullah Effendi (kiri) Penasihat Hukum M Agus Pasaribu SH MH. Foto-apahabar.com/hendralianor

Selain itu, Agus Pasaribu menyebut, kliennya hadir dalam kampanye juga untuk menyampaikan: bahwa siapapun yang terpilih agar lebih memperhatikan wilayahnya.

“Wajar kan kalau meminta kepada paslon jika terpilih nanti agar wilayah kecamatannya lebih diperhatikan. Camat itu kan bukan hanya duduk-duduk di kantor tapi pembangunan-pembangunan, dalam hal ini harus disampaikan kepada calon bupati, dan calon yang lain pun juga disampaikan,” paparnya.

Menurutnya lagi, kliennya hanya kebetulan saja hadir dalam kampanye salah satu paslon.

“Ini kebetulan saja. Sebelum ini kan juga ada menghadiri kegiatan paslon nomor tiga, sebelum masa kampanye. Andai ada paslon dua juga hadir tapi hanya menyampaikan imbauan-imbauan kepada masyarakat saja, bukan untuk kepentingan paslon,” pungkasnya.

Usai penyampaian eksepsi, JPU menyampaikan tanggapannya menyanggah apa yang disampaikan penasihat hukum.

Pada pembacaan putusan sela, penasihat hukum terdakwa ditolak oleh majelis hakim yang terdiri dari Noor Iswandi SH sebagai ketua, Gatot Raharjo SH dan Gesang Yoga Madyasto SH.

Sekadar diketahui, salah seorang yang mengaku sebagai warga, Kasmayuda melaporkan Camat Aluh Aluh ke Bawaslu Kabupaten Banjar, Jumat 16 Oktober lalu.

Laporan tersebut atas dugaan pelanggaran pidana netralitas ASN, karena telah menghadiri kampanye pasangan calon (Paslon) 01 di Kecamatan Aluh Aluh.

Selanjutnya, laporan terus bergulir hingga ke Sentra Gakkumdu, Polres Banjar, dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjar, dan kemudian dilimpahkan ke PN Martapura.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Niatnya Memperindah Kota, Air Mancur Seharga Miliaran Rupiah di Pelaihari ‘Mampet’
apahabar.com

Kalsel

Anggota DPRD Tala Dilantik, Wajah Baru Siap Jalankan Amanah Rakyat

Kalsel

Salat Id Polda Kalsel, Khatib Ajak Umat Jaga Persatuan dan Kedamaian
apahabar.com

Kalsel

Bersilaturahmi dengan Wartawan, Kapolres Banjar Cerita Pengalaman Pahit Diwawancarai
apahabar.com

Kalsel

Diserang Denny Indrayana, H Muhidin ‘Terpancing’: Jangan Salahkan Kami Terus!
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Pemilu, Polda Kalsel Perkuat Peran Reserse
apahabar.com

Kalsel

Wityo Terharu Rumahnya Direhab Tim Satgas TMMD Kodim 1022/Tanah Bumbu
KPU

Kalsel

Tunggu KPU, Paman Birin: Urusan Hidup Warga Banua Bukan Hanya Pilkada
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com