Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan Isu Lemahnya KPK Digaungkan, Mahasiswa Siap Geruduk DPRD Kalsel

Enggan Berisiko, Disdikbud Kalsel Masih Kaji Belajar Tatap Muka di Sekolah

- Apahabar.com Senin, 16 November 2020 - 11:35 WIB

Enggan Berisiko, Disdikbud Kalsel Masih Kaji Belajar Tatap Muka di Sekolah

Hanya terdapat empat sekolah di Banjarmasin yang direkomendasikan untuk kembali menerapkan pembelajaran secara tatap muka. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARBARU – Langkah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin membuka proses belajar mengajar tatap muka langsung di sekolah, tak serta merta membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel ikut-ikutan.

Seperti diketahui, 4 sekolah di bawah naungan Disdik Kota Banjarmasin mulai melakukan simulasi belajar tatap muka, Senin (16/11) pagi.

Disdik Banjarmasin mengambil langkah itu berdasarkan pertimbangan matang, di antaranya tak ada lagi wilayah di kecamatan berstatus zona merah.

Namun, sementara itu, pemprov melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel tak ingin mengambil risiko untuk ikut melakukannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel, Yusuf Effendi mengungkapkan pihaknya tak ingin terburu-buru mengambil keputusan.

apahabar.com

Kepala Disdikbud Kalsel, Yusuf Effendi. Foto-apahabar.com

Sebaliknya, mereka masih melakukan kajian untuk memastikan tidak ada klaster baru penularan virus Corona, saat proses belajar mengajar tatap muka di sekolah dibuka kembali.

“Belum memungkinkan (sekolah tatap muka), berisiko untuk diturunkan. Kita takut kalau terjadi klaster baru penularan Covid-19,” kata Yusuf Effendi.

Tak hanya itu, Disdikbud Kalsel, melihat kurva Covid-19 masih terus meningkat di Bumi Lambung Mangkurat. Kendati demikian, dia menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah daerah untuk melakukannya.

“Kita serahkan ke kewenangan kabupaten/kota, tanggung jawabnya dinas bersangkutan. Kalau dalam kendali kita, dipastikan dulu iklimnya kondusif,” tegasnya.

Hingga kini, pihaknya masih mempertimbangkan untuk menurunkan peserta didik kembali ke sekolah. Sehingga, satuan pendidikan yang berada dalam kewenangan Disdikbud Kalsel yaitu SMA, SMK dan SLB masih melakukan sistem pembelajaran secara daring.

“Tapi langkah-langkah persiapan sudah kita komunikasikan dan sampaikan terkait itu,” lanjutnya.

Ada dua hal yang harus dipenuhi sekolah untuk dapat menggelar belajar tatap muka yaitu menerapkan protokol Covid-19 dan mengantongi izin dari orang tua siswa.

Selain itu, dia juga menghendaki sekolah berada dalam zona hijau berdasarkan hasil rekomendasi dari Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah.

“Nanti sekolah membuat blanko pernyataan orang tua siswa apakah bersedia anaknya kembali belajar tatap muka di sekolah,” ujar Yusuf.

Terkait jam belajar, akan ada penyesuaian dalam pelaksanaannya nanti. Dia menyebutkan, Disdikbud Kalsel masih mengacu pada edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

“Kita ikuti ketentuan yang ada, hanya turunnya nanti tidak maksimal,” imbuhnya

Sejauh ini, Disdikbud Kalsel hanya memberikan izin belajar tatap muka bagi SMK untuk melakukan kegiatan praktikum. Itupun, diperkenankan dengan batasan dan aturan tertentu.

“Kita perkenankan setiap hari hanya 5 orang. Jadi tetap menjaga kewaspadaan dan antisipasi Covid-19, di sisi lain kebutuhan anak-anak mendapatkan kompetensi keterampilan tetap bisa dimiliki,” tutupnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

Capaian 5 Tahun Birin-Rudy di Mata Supian HK: Cabut Izin Tambang hingga Predikat WTP
Persiapan Kejurprov 2020 dan Porprov 2021, Drum Band Tanbu Mulai Latihan

Kalsel

Persiapan Kejurprov 2020 dan Porprov 2021, Drum Band Tanbu Mulai Latihan  
Tanah Laut

Kalsel

Tegas! Tanah Laut Pangkas Tunjangan ASN yang Gunakan Gas 3 KG
apahabar.com

Kalsel

Tenggelamnya Kapal Onrust (2); Temenggung Surapati: Licik Dibalas dengan Licik
Bawaslu Kalsel

Kalsel

Bawaslu Kalsel Respons Video Unggahan Denny Indrayana
apahabar.com

Kalsel

Kisruh PT RTP dan Karyawannya, Mediasi Disnaker Tabalong Belum Ada Titik Temu
apahabar.com

Kalsel

Mulai Bulan Ini, DPRD Kalsel Tunda Rapat Paripurna
apahabar.com

Kalsel

Ungkap Kasus Selama 2 Bulan, Polres Tanbu Musnahkan 103 Gram Sabu dan 31 Ekstasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com