Hari Tahu Sedunia: Walhi Kalsel Desak Pemerintah Buka-bukaan soal Kontrak Tambang Raksasa Kilang Minyak Rp300 Triliun di Kotabaru Masih Angan-Angan Komandan Macan Kalsel ke Pembunuh Brutal Gambah HST: Serahkan Diri! Keselamatan Dijamin Ribut-Ribut Salah Tangkap Mahasiswa HMI Barabai Berakhir Antiklimaks Tinjau Penataan Sekumpul, Dirjen Cipta Karya Ngomel-Ngomel!

H-28 Masa Pencoblosan, Bawaslu Banjar Tingkatkan Kesiapan Pengawas

- Apahabar.com     Rabu, 11 November 2020 - 15:46 WITA

H-28 Masa Pencoblosan, Bawaslu Banjar Tingkatkan Kesiapan Pengawas

Komisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan saat memberikan materi dalam Rakor Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Kabupaten Banjar dan Panwascam, yang digelar Bawaslu Banjar, di salah satu hotel di Kertak Hanyar, Rabu (11/11). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Masa pencoblosan Pilkada Serentak 2020 tinggal 28 hari lagi, Bawaslu Kabupaten Banjar meningkatkan kesiapan jajaran di pengawas kecamatan (Panwascam).

Konisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan menjelaskan situasi Pilkada Banjar memerlukan pengawasan yang ekstra pikiran, tenaga, dan kekuatan psikologis yang baik.

Oleh karena itu, ia mengharapkan para pengawas mempunyai kesolidan dan mentalitas yang bagus.

“Mungkin saja intimidasi dan kekerasan yang dihadapi. Jangan down dan harus percaya diri,” ujar Iwan usai memberi materi dalam Rakor Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Kabupaten Banjar dan Panwascam, yang digelar Bawaslu Banjar, di salah satu hotel di Kertak Hanyar, Rabu (11/11).

Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kalsel ini menilai, apa yang dihadapi pengawas dalam Pilkada tahun ini cukup berat.

Iwan mengakui, godaan-godaan terhadap integritas begitu banyak. “Mungkin ada orang yang memberikan sesuatu, atau ada hati keberpihakan. Ini yang harus dijaga,” tuturnya.

Idealnya, lanjutnya lagi, integritas bagi seorang pengawas harus dijadikan bak sebagai pakaian.

“Artinya dia netral, tidak memihak dan tidak menerima pemberian apapun, dan dia menjalankan tugasnya itu betul-betul mencerminkan sebagai seorang pengawas yang ideal,” tegasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah mengatakan bahwa Rakor bertujuan untuk memastikan jajaran Panwascam betul-betul siap dari segi fisik dan mental menghadapi Pilkada Banjar.

“Sengaja hari ini narsum yang kita datangkan dari Koordiv SDMO Bawaslu Kalsel, untuk lebih menekankan soliditas, integritas, loyalitas, dan profesionalitas,” ungkap Fajeri.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendatangkan narasumber dari motivator dan psikolog, yaitu DR Manimbang Kahariady yang hadir secara virtual.

Kemudian Rusdi Rusli, seorang psikolog sekaligus dosen di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dalam Rakor ini dihadiri seluruh Panwascam se-Kabupaten Banjar.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diisukan Sakit, Wapres Buka HKSN 2019 di Kalsel dengan Pantun “Intan”
apahabar.com

Kalsel

Saat Drainase Meluap, PUPR Banjarmasin Ajak Berdamai dengan Air Pasang
apahabar.com

Kalsel

Kasus Asusila Siswa Banjarbaru, Polisi Layangkan Panggilan ke GM
apahabar.com

Kalsel

Sederet Masjid di Banjarmasin Gelar Jumatan Perdana, Cek Daftarnya
apahabar.com

Kalsel

10.169 Siswa SMP Sederajat Ikuti USBN
Kalsel

Kalsel

Paman Es Korban Pembunuhan di Paramasan Sempat Bercerita Ingin Pulang Kampung
apahabar.com

Kalsel

Senin, Puskesmas Martapura 2 Siap Beroperasi di Gedung Baru
apahabar.com

Kalsel

KNPI Tanbu Ajak Semua Pihak Cegah Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com