Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

H-28 Masa Pencoblosan, Bawaslu Banjar Tingkatkan Kesiapan Pengawas

- Apahabar.com Rabu, 11 November 2020 - 15:46 WIB

H-28 Masa Pencoblosan, Bawaslu Banjar Tingkatkan Kesiapan Pengawas

Komisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan saat memberikan materi dalam Rakor Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Kabupaten Banjar dan Panwascam, yang digelar Bawaslu Banjar, di salah satu hotel di Kertak Hanyar, Rabu (11/11). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Masa pencoblosan Pilkada Serentak 2020 tinggal 28 hari lagi, Bawaslu Kabupaten Banjar meningkatkan kesiapan jajaran di pengawas kecamatan (Panwascam).

Konisioner Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan menjelaskan situasi Pilkada Banjar memerlukan pengawasan yang ekstra pikiran, tenaga, dan kekuatan psikologis yang baik.

Oleh karena itu, ia mengharapkan para pengawas mempunyai kesolidan dan mentalitas yang bagus.

“Mungkin saja intimidasi dan kekerasan yang dihadapi. Jangan down dan harus percaya diri,” ujar Iwan usai memberi materi dalam Rakor Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Kabupaten Banjar dan Panwascam, yang digelar Bawaslu Banjar, di salah satu hotel di Kertak Hanyar, Rabu (11/11).

Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kalsel ini menilai, apa yang dihadapi pengawas dalam Pilkada tahun ini cukup berat.

Iwan mengakui, godaan-godaan terhadap integritas begitu banyak. “Mungkin ada orang yang memberikan sesuatu, atau ada hati keberpihakan. Ini yang harus dijaga,” tuturnya.

Idealnya, lanjutnya lagi, integritas bagi seorang pengawas harus dijadikan bak sebagai pakaian.

“Artinya dia netral, tidak memihak dan tidak menerima pemberian apapun, dan dia menjalankan tugasnya itu betul-betul mencerminkan sebagai seorang pengawas yang ideal,” tegasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah mengatakan bahwa Rakor bertujuan untuk memastikan jajaran Panwascam betul-betul siap dari segi fisik dan mental menghadapi Pilkada Banjar.

“Sengaja hari ini narsum yang kita datangkan dari Koordiv SDMO Bawaslu Kalsel, untuk lebih menekankan soliditas, integritas, loyalitas, dan profesionalitas,” ungkap Fajeri.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendatangkan narasumber dari motivator dan psikolog, yaitu DR Manimbang Kahariady yang hadir secara virtual.

Kemudian Rusdi Rusli, seorang psikolog sekaligus dosen di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dalam Rakor ini dihadiri seluruh Panwascam se-Kabupaten Banjar.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tutup Reuni Akbar SMPN 1 Batulicin, Charly Lempar Kaos ke Penonton
apahabar.com

Kalsel

Di Banjarmasin, DPRD Bangkalan Belajar Tangani Sampah Plastik
apahabar.com

Kalsel

Danki 2 Batalyon A Pelopor Bagikan Bantuan Kepada Warga dan Pondok Pesantren
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pemilu, Kalsel Antisipasi Terjadinya Konflik
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Penderita Flu Tulang, Cuncung Spontan Pesankan Kursi Roda  
apahabar.com

Kalsel

Catatan Sejarah Perjuangan Rakyat Kalsel di Proklamasi 17 Mei 1949
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Belum Dapat Gelar Salat Jumat
apahabar.com

Kalsel

Kawasan Tambang Intan Cempaka Diusulkan Jadi Pertambangan Rakyat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com