Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

Haul Guru Sekumpul ke-16, Masyarakat Sabar Dulu…

- Apahabar.com Kamis, 19 November 2020 - 20:59 WIB

Haul Guru Sekumpul ke-16, Masyarakat Sabar Dulu…

Berkaca dari tahun lalu, ada jarak waktu 2 bulan 10 hari antara pengumuman dan kegiatan haul. Foto diambil saat malam pertama Haul ke-15. Dok.apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Banyak warga yang bertanya-tanya kapan Haul Akbar Syiekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

Kabupaten Banjar saat ini sudah berstatus zona kuning Covid-19. Kubah Datu Kelampayan pun sudah dibuka untuk umum Ahad tadi.

Namun lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir, sampai hari ini terkait Haul ke-16 Abah Guru Sekumpul belum kepastian dari pihak Sekumpul.

Jika pun digelar, belum dapat dipastikan apakah akan terbuka untuk umum atau terbatas.

Semua masih belum pasti. Belum ada pengumuman resmi dari pihak Sekumpul.

23 Maret lalu, pihak Sekumpul melalui Imam Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Tuan Guru Haji Sa`duddin secara resmi mengumumkan bahwa Kubah ditutup karena pengerjaan renovasi.

Selain Kubah, kegiatan mingguan di Sekumpul seperti Maulid Habsy malam Senin, Burdah malam Jumat, salat 5 waktu berjemaah juga digelar secara terbatas. Hanya untuk warga lingkungan Sekumpul.

“Masyarakat sabar dulu menunggu pengumuman resmi. Jika sudah ada keputusan pasti akan ada pengumumannya secara resmi,” ungkap H Abdurrahman, tokoh setempat.

Guru Sekumpul

putra Abah Guru Sekumpul memimpin Haul ke-15 di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Minggu (1/3/2020) malam. foto-humaspemkabbanjar for apahabar.com.

“Masyarakat tahu-nya haul di Bulan Rajab, tapi kita memastikan bahwa sampai saat ini belum ada pengumuman bakal diadakan atau tidak,” sambungnya.

Tiap tahun, Imam Musala Ar-Raudhah Sekumpul dipercaya menyampaikan informasi penting terkait kegiatan di Sekumpul, termasuk urusan haul.

Dalam menyampaikan pengumuman, pihak Sekumpul selalu mengeluarkan surat resmi.

Pengumuman biasanya didampingi pemerintah dan aparat serta diliput media, dan kemudian dirilis di website resmi Sekumpul.

Sehingga jika belum keluar surat resmi dari Sekumpul, hanya asumsi masyarakat yang beredar.

Seperti diungkapkan Nurhani (27), warga Hulu Sungai Selatan (HSS). Ia meyakini Haul Abah Guru Sekumpul pasti akan digelar. Hanya saja dia ragu apakah akan terbuka untuk umum seperti biasa atau terbatas.

“Ini kan masih pandemi Covid-19 dan tahun depan itu tidak bisa diprediksi bagaimana kondisinya,” ungkap warga yang sudah lama menetap di Martapura ini kepada apahabar.com.

Ia berharap pandemi Covid-19 segera berlalu. Sehingga segala kegiatan akan kembali normal seperti biasa.

Untuk diketahui, Syiekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul wafat di usia 63 tahun. Tepatnya 10 Agustus 2005 M bertepatan 4 Rajab 1426 H.

Biasanya, kegiatan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul dilaksanakan pada Minggu malam, di pekan awal bulan Rajab.

Untuk awal Rajab akan datang, jatuh pada Sabtu 13 Februari 2021.

Sekadar diketahui penetapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 tahun tadi diumumkan pada 20 Desember 2020 oleh Guru Sa`duddin.

Waktu itu diumumkan bahwa Haul Akbar digelar 1 Maret 2020. Artinya ada jarak waktu 2 bulan 10 hari antara pengumuman dan kegiatan haul.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ditinggal ke Kebun, 2 Rumah beserta Emas Puluhan Gram Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS: 6 Bulan Menjabat, Kapolda Kalsel Digeser
Fakta Baru 40 ODP Gowa di Tapin, 4 Reaktif Covid-19

Kalsel

Fakta Baru 40 ODP Gowa di Tapin, 4 Reaktif Covid-19
Kerumunan

Kalsel

Tak Ada Toleransi Kerumunan Tahun Baru di Kalsel, Bebal Ditindak Tegas!
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lagi, Hanya Tanjung Berawan
Divaksin Covid-19

Kalsel

Divaksin Covid-19 Pertama di Kalsel, Paman Birin Bilang Begini
apahabar.com

Kalsel

Demplot Kodim 1002 Siap Tingkatkan Ketahanan Pangan HST
apahabar.com

Kalsel

Respon Bupati Sukamta Soal Temuan Tambang Ilegal di Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com