Banjar Kebanjiran, Duh Buaya Sungai Tabuk Ditinggal Pemilik Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu

HKN ke 56, Sudian Noor Sebut Kesehatan Gratis Masih Berjalan

- Apahabar.com Senin, 23 November 2020 - 18:29 WIB

HKN ke 56, Sudian Noor Sebut Kesehatan Gratis Masih Berjalan

Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Selama memimpin tampuk pemerintahan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Bupati Sudian Noor bertekad meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakatnya.

Karena itu, dengan kebijakannya, penganggaran tiap tahun pun dilakukan guna mendukung terwujudnya pelayanan kesehatan dengan cara gratis yang disintegrasikan ke dalam program JKN dari BPJS Kesehatan ataupun pendamping JKN.

“Hanya saja masyarakat yang mau mendapatkan program gratis harus masuk di kamar kelas III,” kata Sudian Noor saat menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Senin (23/11).

Di kesempatan itu Bupati mengungkapkan bahwa pemerintah daerah saat ini mendaftarkan orang yang kurang mampu ke BPJS Kesehatan sebanyak 100.356 jiwa.

Ini berarti sambungnya, data dari Dinas Sosial yang berjumlah sekitar 60 ribu itu dianggap sudah melebihi. Tentunya dari data ini ada orang yang mampu masuk, namun tak masalah hanya saja asal dia mau dilayani di kelas III.

“Dana JKN kita masih tersedia Rp 2,5 miliar, artinya masih ribuan warga lagi yang bisa didaftarkan sebagai peserta BPJS. Tentunya tak mungkin satu persatu menyampaikan ke RT, otomatis saya terus melakukan sosialisasi ke 1.300 RT, makanya saya melampirkan nomor pribadi agar memudahkan RT nya untuk melaporkan warganya yang belum mendaftarkan gratis di BPJS,” jelasnya.

Tak hanya itu, komitmennya dalam memudahkan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas ataupun rumah sakit akan dibuktikan cukup dengan sidik jari.

Penjelasan Sudian Noor pada sidik jari itu data warga sudah terekam dalam E- KTP tersebut. Otomatis warga yang sudah menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan sudah terintegrasikan di dalam data itu.

Kenapa demikian, Sudian Noor mengatakan hal tersebut akan memudahkan warga yang cukup menempelkan sidik jari atau hanya membawa diri sendiri ketika berobat, sementara data yang terintegrasi sudah terkoneksi ke loket pelayanan.

“Yang lebih darurat lagi, misalkan ada orang kecelakaan, karena tak ada indentitas, maka akan terbantukan. Cukup dengan sidik jarinya di situ akan kelihatan dia terdaftar atau tidaknya sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan, atau kalau dia bukan peserta BPJS, maka solusinya adalah dana pendamping JKN,” ungkapnya.

Terkait rencana penggunaan pelayanan BPJS Kesehatan melalui sidik jari tersebut, saat ini sedang dalam proses permohonan kepada Ditjen Adminduk Catatan Sipil.

“Diharapkan rencana pelayanan kesehatan melalui sidik jari itu disetujui oleh Ditjen Adminduk Capil, sehingga pelayanan kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu akan serba mudah,” tutupnya.

Pada acara syukuran HKN ke 56 tersebut, Bupati juga menyambut kedatangan 9 dokter Interenship. Kemudian menyerahkan 1 unit mobil ambulans bagi Puskesmas Pulau Tanjung, Kecamatan Kusan Hilir dan 1 unit motor untuk Puskesmas Teluk Kepayang.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Cuaca Buruk, Peserta Angsana Fishing Tournamen Sempat Dievakuasi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Berhalangan Hadir, Jemaah Doakan Kesembuhan Habib Luthfi Bin Yahya
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jalan-jalan ke Gunung Mayang, Objek Wisata yang Sedang Hits di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jembatan Penghubung Antar Desa Ambruk, Dinas PUPR Tanbu Janji Segera Lakukan Perbaikan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Wabup Tanbu Berharap Pendidikan Moral dan Pembangunan Karakter Anak Bangsa Ditingkatkan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kunjungi SLBN Tanah Bumbu, Sudian Noor Bagi-Bagi Botol Minuman dan Sepeda
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Promosikan Wisata Lewat ‘Kilometer Terakhir’
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jelang Mappanretasi, Perbaikan Jalan Nasional Diminta Dipercepat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com