Kena Tipu Oknum ASN, Belasan Tukang Sapu Geruduk Pemkot Banjarmasin Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Begal Sadis di Gunung Kayangan Ditembak Sebelum Beraksi di Bali Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD

Ini Penampakan Robot Antasari, Alat Canggih ‘Perawat’ Pasien Covid-19 di Banjarmasin

- Apahabar.com Kamis, 12 November 2020 - 11:52 WIB

Ini Penampakan Robot Antasari, Alat Canggih ‘Perawat’ Pasien Covid-19 di Banjarmasin

Penampakan Robot Antasari. Sumber: istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Politeknik Negeri Banjarmasin meluncurkan robot pintar membantu penanganan pasien positif Covid-19.

Nantinya, robot ini difungsikan untuk membantu tenaga kesehatan di garda terdepan menangani pasien Covid-19.

Robot ini diberi nama Antasari. Nama tersebut diambil dari nama Pahlawan asal Kalsel, yakni Pangeran Antasari.

Bentuk robot persegi panjang, dengan tinggi satu meter, kepala robot Antasari diciptakan dari sebuah gawai berukuran besar alias tablet.

Hebatnya, tablet itu dapat menampilkan wajah perawat. Ini digunakan agar perawat lebih mudah berkomunikasi dengan pasien, tanpa harus bertatap muka langsung.

Di bagian tengah, tersedia laci tembus pandang untuk meletakkan barang bawaan. Sedangkan di bagian paling bawah, terdapat empat roda, agar Antasari bisa bergerak leluasa.

Operasionalnya sendiri dikendalikan melalui remot kontrol. Sementara pengisian daya, memakai baterai berkapasitas besar yang tentu bisa diisi ulang. Bahkan mampu bertahan sehari, atau minimal dua hingga tiga jam bila dioperasikan terus-menerus.

Tugas Antasari sendiri terbilang cukup sederhana. Kerjaannya, hilir mudik dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Berkomunikasi dengan para pasien melalui tablet yang dipasang hingga mengantarkan obat atau mengantarkan barang keperluan pasien yang dimasukkan ke dalam laci atau badan robot Antasari.

Antasari digarap oleh 6 mahasiswa dan satu dosen pembimbing yang tergabung dalam Tim Robotik Poliban Banjarmasin. Pembuatannya terbilang cukup singkat yaitu hanya satu bulan, tepatnya pada awal bulan Oktober lalu.

“Sebenarnya, ini juga dalam rangka mengisi waktu luang. Sembari menunggu waktu wisuda,” beber Ketua Tim Robotik Poliban, Andi Muhammad Alfery.

Menurutnya kesulitan yang dihadapi tim ada pada model atau bentuk robot, dan bahan yang digunakan. Pasalnya secara model sendiri tim perlu berulang-ulang merombak.

Hal ini bertujuan agar robot Antasari nyaman dioperasikan. Maklum, robot Antasari memang sedari awal diperuntukkan membantu para perawat atau dokter di RS.

Selain itu, bahan dasar yang digunakan untuk membuat robot Antasari pun harus mencari keluar daerah dulu.

“Karena di sini, tidak ada yang menjual. Di sisi lain kesulitannya, mungkin ada pada waktu. Karena kami tidak bisa menggarap seharian semalaman ketika berada di kampus,” ungkapnya.

Bila menilik lebih jauh. Penamaan Antasari ternyata buka hanya terinspirasi dari nama Pahlawan Nasional. Rupanya, robot Antasari juga punya kepanjangan.

“Penamaan Antasari sendiri, terinspirasi dari nama pahlawan nasional asal Banua. Tapi di robot ini sebenarnya singkatan dari Asistant Medical Nurse Healty RS Islam Banjarmasin,” ujarnya.

Ya, untuk saat ini robot Antasari hanya dapat ditemukan di RS Islam Banjarmasin. Dosen pembimbing Tim Robotik Poliban, Agus SBN, menerangkan karena kini Poliban sudah melakukan MoU atau perjanjian kepada RS tersebut.

“Khususnya di bidang sistem reformasi, PKL dan penelitian. Ini adalah tahun kedua. Karena di bunyi penelitian itu adalah penelitian produktif yang harus diserahkan ke mitra. Kami pun siap memproduksi apabila suatu saat diminta lebih banyak,” bebernya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

75 Atlet Tabalong Siap Berlaga di Popda Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

H-28 Masa Pencoblosan, Bawaslu Banjar Tingkatkan Kesiapan Pengawas
apahabar.com

Kalsel

Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Kalsel Berbalas Konsolidasi Digital
apahabar.com

Kalsel

Masuk ‘Zona Hitam’ Covid-19, Penduduk Pekapuran Raya Siap-Siap Gangguan Air Bersih
apahabar.com

Kalsel

Anwar Rela Uang Pensiunnya Dipotong Demi Kartu Hijau
apahabar.com

Kalsel

KPU Balangan Tetapkan DPT Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Kalsel

Istilah Status Covid-19 Diganti, GTPP Banjar Tunggu Arahan Provinsi
apahabar.com

Kalsel

Catat! Sanksi bagi Pelanggar Jam Malam Saat PSBB di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com