BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Jangan Pakai Masker Basah, Dokter Sebut Dampaknya

- Apahabar.com Minggu, 1 November 2020 - 00:01 WIB

Jangan Pakai Masker Basah, Dokter Sebut Dampaknya

Ilustrasi masker kain. Foto-Pixabay via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Dokter mengingatkan untuk selalu membawa masker cadangan saat berolahraga karena keringat yang mengucur dan membuat masker jadi basah justru akan mempersulit pemakai.

Dokter Muliadi Limanjaya, Dokter Umum di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, mengatakan bahwa fungsi masker akan terganggu bila berada dalam kondisi basah.

“Bahkan untuk udara biasa sendiri akan terhambat untuk lewat, sehingga menyebabkan fungsi dari masker menjadi terganggu,” kata Muliadi melalui surat elektronik hari ini seperti dilansir Antara.

Masker basah bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan dan sirkulasi.

Oleh karena itu, dia menyarankan untuk senantiasa membawa cadangan dan segera menggantinya bila masker yang dipakai sudah basah.

Masker wajib dipakai untuk olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang.

Untuk membiasakan diri, Muliadi menyarankan berlatih secara rutin dan bertahap, sehingga fungsi sistem pernapasan semakin meningkat.

Juga bisa mengkompensasi kondisi olahraga dengan fungsi pertukaran udara yang tertutup oleh masker.

Sebaiknya juga jika akan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, pilih tempat yang sepi atau gunakan masker khusus untuk olahraga.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto,Sp.KO menuturkan hal senada. Michael mengatakan masker yang basah akan melekat di hidung dan mulut, jadi proses bernapas justru lebih sulit.

“Harus bawa masker lebih dari satu. jadi pas basah cepat diganti kalo tidak akan menghalangi proses bernapas,” ujar Michael.

Michael mengatakan, penggunaan masker saat berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang takkan mempersulit sistem pernapasan.

Dia menjelaskan olahraga untuk menjaga kesehatan dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang, sementara olahraga dengan intensitas berat diperuntukkan bagi atlet yang akan bertanding.

Saat mengganti masker setiap empat jam sekali atau ketika sudah basah, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan bila tidak ingin ada jerawat yang muncul akibat penggunaan masker (maskne).

Bila memungkinkan, cuci muka dengan air dingin sebelum mengganti masker. Jika tidak, setidaknya seka wajah dengan handuk basah dingin untuk membersihkan sisa keringat dan uap air yang menempel.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Pemakaian Masker Scuba Tak Direkomendasikan, Simak Alasannya
apahabar.com

Gaya

Perusahaan Bir Corona Sikapi Santai Dikaitkan dengan Virus
apahabar.com

Gaya

Resep Bakso Penyet, Pedas Menggoda
apahabar.com

Gaya

Ternyata, Durian Tidak Mengandung Kolesterol!
apahabar.com

Gaya

Bukber di Roditha Banjarbaru, Dapatkan Cashback Rp800 Ribu
apahabar.com

Gaya

Manfaat Lemon Cegah Flu Hingga Risiko Kanker
apahabar.com

Gaya

Melihat Risiko Tertular Covid-19 dari Berbicara
apahabar.com

Gaya

Penelitian Terbaru, Orang Berdarah O dan B Miliki Resiko Rendah Terpapar Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com