Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Kanwil Kemenkumham Kalsel Lakukan Sosialisasi Verifikasi dan Akreditasi OBH

- Apahabar.com Kamis, 5 November 2020 - 23:47 WIB

Kanwil Kemenkumham Kalsel Lakukan Sosialisasi Verifikasi dan Akreditasi OBH

Kegiatan Sosialisasi Verifikasi dan Akreditasi Organisasi Bantuan Hukum yang dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Kalsel. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Terbatasnya jumlah Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terakreditasi di Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat penyebaran pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin belum terlaksana secara optimal.

Kondisi ini mengingat dari 13 Kabupaten/Kota bahwa kini hanya ada 2 OBH yang terakreditasi yakni Posbankumadin (Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia) dan LBH UWK (Lembaga Bantuan Hukum Untuk Wanita dan Anak).

Hal demikian mendorong Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel untuk terus mengupayakan penambahan OBH yang terakreditasi agar bantuan hukum bisa merata ke semua Kabupaten/Kota di Kalsel.

Namun disayangkan tidak semua OBH dapat secara langsung turut serta memberikan bantuan hukum, namun harus melalui tahapan akreditasi terlebih dahulu.

Oleh karenanya pada Kamis (05/11) bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Verifikasi dan Akreditasi OBH dengan mengundang pemateri langsung dari Jakarta, yakni Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib bersama Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, Kartiko Nurintias didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Abdul Karim, Kepala Bidang Hukum, Rustam Effendi serta Kepala Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Hukum, M Yazid B.

Sementara tamu undangan yang hadir perwakilan dari sejumlah OBH yang ada di Kalsel.

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib dalam sambutannya mengatakan harapan ke depannya melalui kegiatan yang diselenggarakan ini bisa menjadi wadah informasi bagi para OBH yang ada di Kalsel.

“Kemudian diketahui apa saja yang dibutuhkan dalam verifikasi dan akredikasi sebagai media Pemerintah dalam menyalurkan bantuan bagi masyarakat miskin, mengingat terbatasnya OBH yang terakreditasi untuk bisa membantu masyarakat yang tidak mampu secara merata dalam menghadapi permasalahan hukum di Kabupaten/Kota di Kalsel,” kata Agus.

Materi yang disampaikan memberikan gambaran bagaimana verifikasi dan akreditasi dan pemberi bantuan hukum oleh lembaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatan untuk memenuhi kelayakan sebagai Pemberi Bantuan Hukum.

Selanjutnya berkoordinasi dengan pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran penyelenggaraan bantuan hukum dalam APBD dan penyelenggaraannya diatur lebih lanjut dengan peraturan daerah.

Peraturan daerah yang dibentuk mengacu pada Undang-Undang Bantuan Hukum, dan peraturan pelaksanaan lainnya termasuk peraturan pelaksanaannya yang disusun oleh Kemenkumhamdengan alur verifikasi meliputi kelengkapan dokumen, pengumuman, registrasi melalui aplikasi Sidbankum, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Kemudian Panitia/Pokja akan melakukan survei langsung, untuk kemudian memberikan pertimbangan untuk akreditasi yang diberikan kepada OBH oleh Menkumham.

Untuk Sertifikat Akreditasi sendiri berlaku untuk jangka waktu 3 tahun dan dapat diperpanjang dengan pengajuan permohonan perpanjangan sertifikasi dapat dilakukan paling lambat 2 bulan sebelum berakhirnya masa berlaku sertifikat.

Pengajuan permohonan perpanjangan dianggap sebagai permohonan untuk dilakukan verifikasi dan akreditasi kembali.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sebulan, 9 Kebakaran Melanda Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Geger Pria Renta di Kelayan Barat Ditemukan Tak Bernyawa
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Ekstrem di Kotabaru, Danlanal Ingatkan Nelayan
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Ritual Basarahan Penutup Aruh Adat Dayak Meratus
apahabar.com

Kalsel

Hut Bhayangkara di Banjarmasin Berlangsung Khidmat, Simak Arahan Presiden
apahabar.com

Kalsel

Dirawat di RSUD H Boejasin Pelaihari, Pasien Covid-19 asal Balangan Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Dimulai Oktober 2019, TTP Batola Dianggarkan Rp27 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Warga Berjubel Saksikan Peringatan Hari Juang Kartika di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com