Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Kemendagri Apresiasi Pemkab Tanbu Terkait Stunting

- Apahabar.com Rabu, 18 November 2020 - 15:16 WIB

Kemendagri Apresiasi Pemkab Tanbu Terkait Stunting

Pemkab Tanbu mendapat apresiasi dari Kemendagri terkait kinerja penanganan Stunting. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Bina Bangda atas kinerjanya dalam pelaksanaan dan pelaporan penurunan stunting oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu).

Apresiasi Kemendagri yang diterima Pemkab Tanbu itu diserahkan pada saat workshop penguatan kelembagaan, pemantauan, benchmark dan pembelajaran antar daerah yang dilaksanakan di Bali, pada tanggal 11-14 November 2020 tadi.

Ada sebanyak 10 kabupaten terpilih yang mendapatkan apresiasi tersebut selain Kabupaten Tanah Bumbu. Antara lain Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bima, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Belu, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Malinau, Kabupetan Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kabupaten Tanah Bumbu terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam acara sharing pembelajaran dalam bentuk pameran bertemakan ‘Cegah Stunting Itu Penting’.

“Melalui kegiatan diharapkan dapat memberikan motivasi dan sharing pembelajaran praktek dalam upaya penanganan stunting di daerah masing-masing,” ungkap Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI, Dr. Hari Nur Cahya Murni, saat memberikan apresiasi kepada 10 kabupaten/kota terpilih.

Dirjen Bina Bangda juga mengingatkan bahwa stunting merupakan program prioritas nasional, sehingga peran pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan penurunan prevalensi stunting terintegrasi sangat penting.

“Terkait stunting ini, pemerintah daerah harus mendukung sepenuhnya dengan ditandai komitmen kepala daerah. Karena kunci keberhasilan di daerah adalah komitmen kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota,” ucapnya.

Komitmen dari kepala daerah dalam membuat kebijakan khusus terkait penanganan stunting dimulai dari proses perencanaan sampai pada penganggaran baik yang bersumber dari APBD, APBD Provinsi, APBN/DAK dan sumber lain.

Selain itu peran SKPD selaku penanggungjawab 20 indikator pokok juga menjadi tolok ukur keberhasilan pelaksanaan program kegiatan penanganan stunting, sehingga jika ada indikator yang belum tercapai maka kepala daerah harus melakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Tanah Bumbu, Alfian, mengatakan berdasarkan hasil input data 8 aksi, Kabupaten Tanah Bumbu sudah melakukan input data sampai pada aksi 6, sehingga masih ada 2 aksi (aksi 7 dan 8) yang belum diinput.

Ia mengharapkan sampai Desember nanti semua data sudah terinput dalam sistem web monitoring aksi bangda.

Kegiatan dihadiri Kasubbid Perencanaan Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda Tanah Bumbu, Rahmasari, dan Fungsional Perencana Muda Bappeda, Hasanuddin, yang mewakili Pemkab Tanah Bumbu dalam workshop penguatan kelembagaan, pemantauan, benchmark dan pembelajaran antar daerah tersebut.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

131 Pelajar Terjaring Razia Selama Operasi Zebra Intan di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tak Mau Berulah Lagi, Napi Asimilasi di Tanbu Ditawari Kerja
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Perpustakaan Daerah Dibuka, Masyarakat Tanbu Bisa Pinjam Buku Gratis
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Fadli Zour Sakit, Suasana Peringatan Hari Pahlawan Berubah Haru
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

PMI Tanah Bumbu Kembali Salurkan Bantuan untuk Warga
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Empat Ahli Waris Pegawai Pemkab Tanbu Terima Santunan Kematian
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Perlu Tambahan 76 DokterĀ 
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Diskusi Pengadaan Barang dan Jasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com