Salah Tulis, Perbaikan Plang Nama SDN di Banjarmasin Tunggu Dana BOS Cair Bawa Pesan Damai ke Ukraina-Rusia, Jokowi Dianggap Layak Raih Nobel Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sejumlah Kawasan di Banjarbaru Tergenang Banjarmasin Terendam Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Air Kiriman! Banjarbaru Terendam, Sejumlah Warga Dievakuasi

Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

- Apahabar.com     Rabu, 25 November 2020 - 19:26 WITA

Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Banjarmasin di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin menghadirkan sejumlah pejabat Pemkot Banjarmasin. apahabar.com/Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Dana hibah yang seyogianya diperuntukkan bagi keperluan Pekan Olahraga Provinsi Porprov (Porprov) X Tabalong 2017 silam mengalir ke sana kemari.

Kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Banjarmasin disidangkan lagi di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin, Rabu (25/11).

Sejumlah saksi dihadirkan dalam persidangan kasus yang menyeret dua terdakwa. Yakni, mantan Ketua KONI Banjarmasin, Djumadri Masrun dan Sekretarisnya Widharta.

Sederet nama pejabat Pemkot Banjarmasin pun tak luput terseret dalam perkara ini. Mereka yang turut menikmati duit dugaan korupsi itu akhirnya rame-rame mengembalikan.

KONI


Mantan Kadispora Banjarmasin Ahmad Noor Djaya yang saat ini juga menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakot Banjarmasin. apahabar.com/Syahbani

Sebut saja mantan Kepala Dispora Banjarmasin, Ahmad Noor Djaya. Yang menjadi saksi di persidangan siang tadi. Ia mengaku sempat menerima duit Rp11 juta yang diserahkan Widharta ke Dispora.

Duit ‘panas’ tersebut akhirnya dikembalikan ke penyidik karena tak ingin terlibat lebih jauh.

“Dikembalikan ke penyidik Rp11 juta. Waktu sebagai saksi. Karena dianggap penyidik perlu dikembalikan ya sudah,” ujar Djaya.

Kemudian mantan Kepala Seksi Pembibitan Dispora Banjarmasin, Misranudin.

Pria yang saat ini berdinas di Pemadam Kebakaran (Damkar) Banjarmasin juga melakukan hal sama.

Misranudin sempat meminjam duit dana hibah KONI dari Widharta senilai Rp30 juta. Duit itu juga sama dikembalikan ke penyidik karena dinilai tak sesuai peruntukannya.

Diketahui dalam fakta persidangan yang digelar hari ini, duit Rp30 juta itu digunakan untuk kegiatan pekan olahraga daerah atau Popda, bukan Porprov.

Menariknya lagi, dari keterangan Misran duit itu dipinjamkan Widharta atas nama pribadi. Bukan duit dari KONI.

Walaupun di fakta persidangan akhirnya Widharta mengakui duit yang dipinjamkan itu merupakan dana hibah KONI.

“Makanya saat ditanya penyidik kenapa saya mengembalikan atas nama pribadi. Karena saya pinjam atas nama pribadi. Ada kuitansinya,” ujarnya usai persidangan.

Belum cukup, selain mereka berdua yang mengembalikan duit sebelumnya juga ada Kepala Bidang Anggaran, Badan Keuangan Daerah Banjarmasin Edy Wibowo.

Edy mengembalikan duit sebesar Rp75 juta ke penyidik lantaran dinilai tak sesuai peruntukannya. Duit yang seyogianya dibelikan untuk trainer atau alat latihan atlet sepeda, malah dialihkan ke pembelian sepeda pertandingan.

Lebih jauh lagi Pelaksana Tugas Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah juga sama. Pria yang juga menjabat ketua Perseban Banjarmasin harus ikut mengembalikan duit secara urunan yang sebelumnya dipotong Rp50 juta oleh Djumadri Masrun dari dana Rp1 miliar untuk Perseban.

Sampai Jual Mobil

Kedua terdakwa kasus ini adalah mantan Ketua KONI Banjarmasin, Djumadri Masrun dan Sekretaris Widharta.

Mereka berdua didakwa atas dugaan korupsi dana hibah senilai Rp14 miliar. Di mana dari audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditemukan kerugian negara sebesar Rp2,1 miliar.

Nama Hermansyah terseret dalam persidangan Rabu 11 November kemarin.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Eks Personel Girl Band Blink Ify Alyssa Mantap Bersolo Karier, Rilis Single “Wind” di Resso
Polsek Murung Pudak

Tak Berkategori

Polsek Murung Pudak Tabalong Ringkus Tukang Ojek Nyambi Edarkan Sabu
apahabar.com

Tak Berkategori

Siap-siap, Pemerintah Gelar Lomba Video hingga Podcast Rayakan HUT
apahabar.com

Tak Berkategori

ULM Alokasikan Dana Hibah Rp4,8 M untuk Beasiswa Mahasiswa dan Disertasi Dosen
Wartawan Kalsel

Tak Berkategori

Antusias Tinggi, Wartawan Kalsel Ajak Sukseskan Vaksinasi Covid-19
SMKN 1 Tanjung

Tak Berkategori

Gandeng SMKN 1, Warga Binaan Lapas Tanjung Jajal Tata Boga

Tak Berkategori

Stok Vaksin di Banjarbaru Berlimpah, Gubernur Ingin Percepatan Vaksinasi

Tak Berkategori

BREAKING! Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com