Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

KTT APEC Sepakati Visi Putrajaya 2040 dan Deklarasi Kuala Lumpur

- Apahabar.com     Jumat, 20 November 2020 - 23:48 WITA

KTT APEC Sepakati Visi Putrajaya 2040 dan Deklarasi Kuala Lumpur

Presiden Joko Widodo mengikuti KTT APEC 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/11). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas via ANtara

apahabar.com, JAKARTA – 21 pemimpin dari negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) mengesahkan 2 dokumen hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC yang diselenggarakan di Malaysia, Jumat (20/11).

2 dokumen itu adalah APEC Putrajaya Vision 2040 yang merupakan kelanjutan dari Bogor Goals 1994, dan dokumen Kuala Lumpur Declaration (Deklarasi Kuala Lumpur) yang juga terkait dalam upaya kawasan menangani pandemi Covid-19.

“APEC Putrajaya Vision 2040 berfokus kepada empat hal,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers daring di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT APEC 2020 secara virtual dilansir dari Antara.

Pertama, penguatan sistem perdagangan dan investasi. Kedua, pengembangan inovasi dan digitalisasi.

Ketiga, memastikan ketahahan melalui pertumbuhan yang kuat dan berkualitas di kawasan Asia Pasifik, serta yang keempat semangat penguatan kelembagaan APEC dan penetapan 2040 sebagai batas pencapaian visi APEC.

Dokumen APEC Putrajaya Vision 2040 ini akan menjadi landasan selanjutnya kerja sama APEC untuk 20 tahun ke depan.

“APEC Putrajaya Vision 2040 merupakan kelanjutan dari Bogor Goals yang telah mencapai tenggatnya di 2020 ini, dan visi baru ini akan menjadi landasan selanjutnya kerja sama APEC untuk 20 tahun ke depan,” ujar Retno.

Dokumen kedua adalah Deklarasi Kuala Lumpur. Dokumen ini menekankan komitmen para pemimpin APEC untuk bekerja sama menangani pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi, termasuk memanfaatkan peluang ekonomi baru seperti ekonomi digital, dan mendorong pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan inovatif.

KTT APEC pada Jumat ini diikuti oleh 21 pemimpin ekonomi negara anggota APEC Turut hadir Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva yang memaparkan proyeksi perekonomian global.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PM Israel

Global

Telepon PM Israel, Presiden AS Minta Kurangi Serangan ke Palestina
Pesta Seks

Internasional

Parah! Pesta Seks di AS, 41 Orang Positif Covid-19
apahabar.com

Internasional

Jokowi Bahas Isu Pencaplokan Tanah Palestina dengan Abbas
apahabar.com

Internasional

Sampah Luar Angkasa Bertabrakan dan Dekati Bumi Jumat, Bahaya?
apahabar.com

Internasional

Tidak Menyesal, Ini Alasan Brenton Tarrant Tembaki Jamaah di Masjid Selandia Baru
apahabar.com

Internasional

Terinfeksi Covid-19, Desainer Kenzo Takada Meninggal Dunia
apahabar.com

Internasional

Jelang Pemilu AS, Twitter Tambah Lebih Banyak Label Peringatan
apahabar.com

Internasional

NASA Temukan Air di Permukaan Bulan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com