Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Magang di Diskominfo Kapuas, Dua Mahasiswa ITN Malang Buat Alat Cuci Tangan Otomatis

- Apahabar.com     Jumat, 13 November 2020 - 19:28 WITA

Magang di Diskominfo Kapuas, Dua Mahasiswa ITN Malang Buat Alat Cuci Tangan Otomatis

Wiliam dan Cavin mempresentasikan alat cuci tangan otomatis yang dibuatnya. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dua bulan magang di Kantor Diskominfo Kabupaten Kapuas, Kalteng, Wiliam Kurniawan dan Cavin membuat alat cuci tangan otomatis.

Wiliam dan Cavin merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika Universitas Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Keduanya melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN) atau magang di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas.

Diakhir magangnya, keduanya membuat alat cuci tangan otomatis, yang hasil akhirnya dipresentasikan dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kapuas Junaidi.

William dalam presentasinya menjelaskan, pembuatan alat cuci tangan otomatis ditunjukan sebagai salah satu sarana pelengkap dalam protokol kesehatan di masa Pandemi ini.

Alat cuci tangan tersebut dibuat menggunakan Arduino Uno sebagai pendeteksi tangan dengan menggunakan sensor ultrasonic.

Sensor ultrasonic bekerja dengan menangkap jarak tangan sepanjang 15 cm, yang kemudian saat ada benda yang terdeteksi, maka waterpump akan menyedotkan air di
tempat penampungnya.

“Dengan adanya alat ini untuk mencuci tangan sampai bersih, maka tidak perlu lagi menyentuh keran melainkan hanya perlu mendekatkan tangan saja ke sensor sehingga air akan keluar,” jelas Wiliam di Kuala Kapuas, Jumat (13/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kapuas, Junaidi, berharap alat cuci tangan otomatis hasil karya Wiliam dan Cavin dapat diimplementasikan di Kabupaten Kapuas.

“Juga agar bisa diperbanyak ke dinas-dinas yang lainnya, mengingat di masa pandemi Covid-19 alat tersebut sangat praktis dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas,” katanya.

Junaidi pun berharap tidak hanya dari mahasiswa ITN saja yang mau untuk menimba ilmu di Dinas Kominfo Kapuas, tetapi juga dari perguruan lainnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kecelakaan Maut di Timpah, Pengendara MX King Tewas di Tempat
apahabar.com

Kalteng

Geruduk PN Muara Teweh, Masyarakat Adat Tidak Terima Peladang Diadili

Kalteng

Jamin Tidak Byarpet, PLN UP3 Palangka Raya Siapkan 445 Petugas Siaga Listrik
apahabar.com

Kalteng

Total 112 Orang Positif Covid-19 di Kalteng, Simak Rinciannya
Bupati Kapuas

Kalteng

Bupati Kapuas Lantik 3 Camat dan 2 Lurah
apahabar.com

Kalteng

IDI Kalteng Mencatat 11 Dokter Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalteng

17 Formasi CPNS di Palangka Raya Kalteng Tak Terisi
Dukcapil Gunung Mas

Kalteng

Tingkatkan Pelayanan, Dinas Dukcapil Gunung Mas Belajar ke Kapuas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com