Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Manfaatkan Lubang Bekas Tambang, Penghasilan Budidaya Ikan di Serongga Kotabaru Meningkat

- Apahabar.com Selasa, 10 November 2020 - 14:59 WIB

Manfaatkan Lubang Bekas Tambang, Penghasilan Budidaya Ikan di Serongga Kotabaru Meningkat

Memanfaatkan galian bekas tambang, budi daya ikan di Serongga berhasil meningkatkan pendapatan. Foto -Agus for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Pembudidaya ikan tawar di Serongga Kotabaru berhasil meningkatkan pendapatan setelah memanfaatkan galian bekas tambang. Kesuksesan budidaya tersebut berkat dukungan Corporate Social Responsibily PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Plant Tarjun.

Sebelumnya, masyarakat desa mitra diberikan pelatihan dan materi mengenai bagaimana memelihara ikan air tawar, mulai dari pembibitan, pemilihan induk sampai kepada pemeliharaan dan panen.

Selain itu, warga juga diberikan pelatihan bagaimana melakukan budidaya ikan air tawar menggunakan keramba seperti persyaratan lokasi, kualitas benih yang di tabur, pakan serta kualitas air.

Selanjutnya, Indocement bersama masyarakat melakukan uji coba budidaya dengan memberikan bantuan bibit ikan nila sebanyak 12.000 ekor pada akhir Maret 2020.

Walhasil, upaya uji coba itu dinilai sangat berhasil. Sebab, tingkat kematian bibit ikan hanya lima persen. Sisanya dapat dipertahankan berkembang sampai dengan masa panen pada Akhir Juli 2020.

Menariknya, saat ini masyarakat Desa Serongga telah membangun pondok-pondok lesehan di sekitar area tambak untuk dijadikan lokasi wisata bagi masyarakat sekitar.

Ketua kelompok perikanan Bina Sejahtera Desa Serongga, Mudrika mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Tim CSR Indocement yang memberikan bibit serta pelatihan budidaya air tawar. Sehingga dapat membantu pengelolaannya budidaya ikan tawar menggunakan keramba apung.

“Awal mula bantuan bibit tersebut dari Indocement kami kembangkan sehingga ada sekitar puluhan warga kami yang sudah ikut dalam pengembangan ternak budidaya ikan air tawar. Nah, sekarang sudah menambah pendapatan warga desa dan juga membantu perekonomian warga di sini,” ujarnya kepada awak media, Selasa (10/11).

Murdika mengatakan, pembudidayaan ikan air tawar dikelola dari 12 orang dengan membangun 12 keramba, sekarang sudah berkembang menjadi 50 keramba oleh 30 orang dan kedepannya dipastikan terus bertambah.

“Kemarin kami telah panen sebanyak 50 kilogram ikan nila dan tentunya berharap kedepannya akan lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara, Management Indocement, H. Teguh Iman Basoeki mengatakan program yang terlaksana merupakan salah satu contoh program CSR Indocement dari integrasi pilar pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.

Di pilar pendidikan, masyarakat diberikan ilmu tentang budidaya ikan air tawar, di pilar ekonomi, perusahaan berkolaborasi dengan masyarakat peternak dan diberikan bantuan bibit ikan.

Sementara, di pilar sosial tentunya mengupayakan budidaya sesuai kondisi sumber daya alam sekitar serta kearifan lokal sehingga dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat peternak.

“Semoga ini dapat berkelanjutan memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan bahkan masyarakat dapat terus mengembangkan budidaya ikan ini menjadi sebuah unit usaha sebagai salah satu penopang perekonomian dan ketahanan pangan di pedesaan,” tuturnya.

Kepala Desa Serongga Akhyar Maulana sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Indocement dalam rangka mendukung peningkatan peningkatan Sumber Daya Manusia yang mandiri sehingga secara tidak langsung memberikan nilai positif bagi masyarakat desa.

“Harus kita akui Indocement telah banyak membantu kepentingan masyarakat dengan berbagai kebijakan melalui program CSR mereka dan secara tidak langsung meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

Cara Prajurit Kodim 1004/Kotabaru Tingkatkan Imun di Tengah Pandemi
apahabar.com

Kota Baru

Covid-19 Makin Ganas, Kapolres Kotabaru Peringatkan Warga Pesisir Disiplin Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kota Baru

Peduli Pendapatan Wong Cilik, Polres Kotabaru Bagikan Ratusan Nasi Bungkus
apahabar.com

Kota Baru

Tahapan Pilkada Kotabaru Bergulir, SJA-Arul Dites Swab, Simak Hasilnya
apahabar.com

Kota Baru

Di Tengah Keterbatasan Anggaran, 2 Desa di Kotabaru Sukses Raih Penghargaan Mentri LHK RI
apahabar.com

Kota Baru

Tanggap Darurat, PT BKW Dirikan Posko di Lokasi Kebakaran Kotabaru
apahabar.com

Kota Baru

Per Hari Ini, Kasus Covid-19 di Kotabaru Tembus 568 Kasus
Buaya

Kota Baru

Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com