Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif

Masih Didukung Sentimen Kemajuan Vaksin Covid-19, Rupiah Ditutup Menguat

- Apahabar.com Rabu, 25 November 2020 - 18:37 WIB

Masih Didukung Sentimen Kemajuan Vaksin Covid-19, Rupiah Ditutup Menguat

Ilustrasi Rupiah dan Dolar AS. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (25/11) sore, ditutup menguat.

Penguatan rupiah sore ini masih didukung sentimen kemajuan vaksin Covid-19.

Rupiah ditutup menguat 11 poin atau 0,08 persen ke posisi Rp 14.144 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya Rp 14.155 per dolar AS.

Analis pasar uang dari Bank Mandiri, Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, mengatakan pada pekan ini rupiah masih cenderung bergerak stabil di kisaran Rp 14.100 per dolar AS hingga Rp 14.160-an per dolar AS.

“Sentimen pasar cukup positif. Perbaikan ekonomi global dan domestik ekspektasinya akan berlangsung lebih cepat dari perkiraan seiring penemuan vaksin dari beberapa produsen,” ujar Rully seperti dilansir Antara, Rabu.

Saat ini semakin banyak calon vaksin Covid-19 yang diklaim mempunyai tingkat keefektifan lebih dari 90 persen. Vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca diklaim mempunyai tingkat efektif 90 persen.

Vaksin yang dikembangkan AstraZeneca, disebut lebih murah dibanding buatan Pfizer dan Moderna serta tidak memerlukan fasilitas penyimpanan ultra dingin. Selain itu, Sputnik V buatan Rusia juga diklaim memiliki tingkat keefektifan 95 persen.

“Selain itu, pembentukan tim kabinet Biden, khsususnya untuk Treasury Secretary juga disambut positif oleh pasar,” kata Rully.

Dari domestik, ada sinyal dari pemerintah untuk mempercepat vaksinasi yang direncanakan dimulai pada Januari 2021.

“Ini diharapkan akan cepat mendorong pemulihan ekonomi. Sedangkan data-data secara umum cukup stabil baik inflasi, neraca transaksi berjalan dan neraca perdagangan,” ujar Rully.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah posisi Rp 14.145 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp 14.144 per dolar AS hingga Rp 14.170 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp 14.169 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp 14.196 per dolar AS.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Bisnis Perumahan di Kalsel Belum Lepas dari Sengketa Tanah
apahabar.com

Ekbis

WhatsApp Hadir dengan Mode Gelap, Bagaimana Mengaktifkannya?
apahabar.com

Ekbis

Penerbangan Subsidi Buntok-Banjarmasin Turun Drastis
apahabar.com

Ekbis

Cara Aktifkan Fitur Penangkal Bullying di Instagram
apahabar.com

Ekbis

Pemkot Banjarmasin Tarik Pajak Warung Kopi Modern
apahabar.com

Ekbis

MHM Dorong Pemerintah dan Konglomerat Rangkul Pelaku UMKM di Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Tingkatkan Ekonomi, BI Kalsel Terapkan Holding Pesantren
apahabar.com

Ekbis

Berkat Pelindo, Rini Bisa Pasarkan Amplang di Ritel Modern
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com