Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

Masuk E-Lapor Terbaik Indonesia Hingga Diundang AS, Begini Cara Petahana Ibnu Sina Layani Aduan Masyarakat

- Apahabar.com     Rabu, 11 November 2020 - 09:50 WITA

Masuk E-Lapor Terbaik Indonesia Hingga Diundang AS, Begini Cara Petahana Ibnu Sina Layani Aduan Masyarakat

Ibnu Sina dan pasangannya di Pilkada Banjarmasin, Ariffin Noor. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Upaya-upaya dan reformasi birokrasi telah dilakukan sang petahana Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di era Baiman I, termasuk juga meningkatkan kemampuan dan menjadikan sarana atau institusi khusus yang terkait dengan pengaduan masyarakat dengan program E-lapor.

Berbagai prestasi pun telah diterima dirinya salah satunya pemberian penghargaan Wali Kota terbaik 2019.

Melalui penghargaan ini Ibnu Sina mendapat pengakuan dari pemerintah sebagai pemimpin yang berpengaruh besar memberikan sumbangsih terhadap kemajuan Kota yang dipimpinnya yaitu Banjarmasin.

Kemajuan tersebut juga terjadi pada layanan pengaduan masyarakat. E-lapor yang ada di kota ini, disampaikan Ibnu termasuk tiga terbaik yang dimiliki Indonesia yakni yang berada di Banjarmasin, Bandung dan Semarang dan telah mendapatkan apresiasi setiap tahunnya.
Termasuk apresiasi saat bekerjasama dari sebuah lembaga independen di Amerika Serikat yang bergerak dibidang pegaduan masyarakat (USAID CEGAH), Kantor Staf Presiden (KSP), Ombudsman RI, Kemenpan RB, dan Kemendagri.

Apresiasi diberikan kepada Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina untuk mendapatkan reward berupa studi ke Amerika Serikat sekaligus dirinya didapuk menjadi narsum dari tiga narsum di KBRI di Washington DC untuk berbagi dan bercerita dengan warga Indonesia disana bagaimana upaya-upaya public complaint atau keluhan masyarakat ditindaklanjuti dengan program e-lapor.

Dalam kesempatan tersebut sekaligus juga belajar tentang public complain di beberapa negara di AS terutama di New York City, New Jersey termasuk ke Maryland untuk mempelajari, bagaimana menjadikan public complain menjadi salah satu usulan menaikan Eselon termasuk juga status pejabat yang mengelola pengaduan itu harus setingkat Eselon III a atau III b paling tidak kabid atau dalam bentuk kabag pengaduan.

“Kami berterimaksih atas kesempatan yang telah diberikan. Apresiasi ini secara resmi diberikan Kemenpan RB,” ujarnya.

Setiap tahun e-lapor Kota Banjarmasin mendapat pengaduan yang cukup banyak dan standarnya kata Ibnu dapat dipenuhi. Misal ketika ada laporan masuk di e-lapor standarnya 5 hari, satu setengah hari sudah ditindaklanjuti SKPD terkait. Kemudian penanganan standarnya 15 hari, rata-rata dibawah lima hari yakni tiga setengah hari sudah ditindaklanjuti baik melalui jalur pengaduan yang ada di e-lapor, program smart city termasuk juga kanal-kanal di medsos.

Ini semua dapat dijalankan dengan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan SKPD yang menangani aduan masyarakat sehingga tercipta harmonisasi yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. (Adv)

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

DPT Pilkada Serentak 2020 di Banjarmasin 448.175, Didominasi Pemilih Perempuan
Baim Wong

Politik

Intai Anies-Risma, Nih Respons Baim Wong Masuk Bursa Pilgub DKI
apahabar.com

Politik

Memiliki Profil Mumpuni, Ketua IMI Kalsel Dukung Haji Martinus-Jaya di Pilwali Banjarbaru 2020
apahabar.com

Politik

Jadi Gubernur Butuh Rp 100 M, Haji Denny Tak Gentar
apahabar.com

Politik

Cara Hj Ananda Agar Kaum Ibu dan Millenial Banjarmasin Tertarik Berbelanja ke Pasar Tradisional
apahabar.com

Politik

Selisih 20 Persen Kemenangan Jokowi-Ma’ruf, Mardani: Ikut yang Menang
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin, Gerindra Pun Buka Penjaringan Bakal Calon
apahabar.com

Kalsel

Sudah di Kantong, KPU Segera Umumkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon di Pilkada Kalsel 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com