3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Mengintip Kiat Sukses Budidaya Stroberi California Milik Pelaut asal Toraja di Banjarbaru

- Apahabar.com Sabtu, 7 November 2020 - 12:55 WIB

Mengintip Kiat Sukses Budidaya Stroberi California Milik Pelaut asal Toraja di Banjarbaru

Marthen Mangiri pelaut asal Toraja Utara, Sulawesi Selatan sukses membudidayakan stroberi jenis California di Banjarbaru, Kalsel. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Berprofesi sebagai seorang pelaut, tak menghalangi Marthen Mangiri untuk menekuni hobi di bidang lain.

Sudah setahun belakang ini, dia memanfaatkan sepetak lahan di depan rumahnya untuk budidaya tanaman stroberi berjenis California.

“Berawal dari hobi sampai akhirnya mencoba dijual dan ternyata hasilnya menguntungkan,” kata Marthen saat apahabar.com berkunjung ke rumahnya di Banjarbaru, Kalsel, Jumat (6/11) kemarin.

Budidaya tanaman asal Amerika Serikat ini masih terbilang langka ditemui di kawasan Banjarbaru dan sekitarnya. Sebab, buah berwarna merah yang memiliki rasa asam manis ini lebih cocok tumbuh di dataran tinggi.

“Memang suhu berpengaruh. Tetapi tergantung cara merawatnya, kalau benar merawatnya bisa berbuah 4-5 kali. Awal saya coba-coba juga sering gagal,” sebut Marthen.

Normalnya Stroberi asal California dapat tumbuh sekitar 2 minggu penanaman. Sedangkan, teknik hidroponik dengan media pot bisa tumbuh antara 4-5 bulan lamanya.

“Kalau cuacanya panas dia mudah layu. Tapi saat memasuki musim hujan, mendung seperti saat ini dia lebih cepat berbuah,” terangnya.

Pria asal Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini mengatakan proses perawatan tanaman Stroberi California tidak terlalu sulit.

Tahapan yang perlu diperhatikan adalah pada proses penyiraman, pemupukan, pemangkasan hingga panen buah.

Stroberi termasuk tanaman yang tidak tahan kering, sehingga perlu diperhatikan kelembaban media tanamnya. Untuk pupuk, dia menyarankan penggunaan pupuk kandang dibandingkan bahan kimia.

“Pupuk saya bikin sendiri dan  ada juga yang saya beli,” lanjut Marthen.

apahabar.com

Budidaya stroberi jenis California di Banjarbaru, Kalsel. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Karena menggunakan media pot, tanaman Stroberi California juga tidak boleh memiliki daun yang terlalu rimbun. Maka, perlu dilakukan pemangkasan secara berkala.

“Yang diperhatikan adalah daun mudanya. Jangan sampai ada yang cacat atau terkena penyakit karena akan berdampak pada daun lainnya. Kalau mau berbuah cepat, daun dan sulurnya dipotong jangan terlalu rimbun,” papar Ayah dari Nadine dan Ocean ini.

Mengelola tanaman ini juga tidak terlepas dari ancaman hama, seperti kutu daun atau ulat.

Apabila buah Stroberi California tumbuh, harus menghindari area tanah. Untuk media tanam, dia menggunakan polybag yang berisi campuran tanah, pupuk, sekam dan kapur Dolomit.

“Buahnya jangan sampai kena tanah, nanti cepat busuk dan dimakan ulat. Makanya letak pangkal tanamannya harus diperhatikan,” imbuh suami dari Bidan Adriani Dawenan ini.

Berlokasi di Jalan Sofia No 06 RT 03 RW 01, Kelurahan Sei Besar, Banjarbaru, Marthen menamakan usaha miliknya yaitu Ocean Garden.

Ada sekitar 300 tanaman Stroberi California, dengan kisaran harga Rp 15-50 ribu. Dia mengaku, omset dari bisnis sampingannya ini dapat meraup untung hingga jutaan rupiah.

“Dibantu kelola oleh istri dan teman-teman saya yang mampir ke sini. Promosinya melalui media sosial dan dari mulut ke mulut. Biasanya banyak yang datang pada hari minggu,” tutur Marthen

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Penyajian Nasi Astakona Bakal Catat Rekor Muri
apahabar.com

Gaya

Viral, Fotografer Muda di Sumsel Ini Jadikan Jalan Rusak Sebagai Obyek Foto Model
apahabar.com

Gaya

Diproduksi Terbatas, Berikut Harga Honda CBR250 Garuda x Samurai
apahabar.com

Gaya

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto dan Video
apahabar.com

Gaya

Ortu Mesti Tahu, Ini 3 Jenis Obat-obatan yang Harus Dihindari Si Kecil
apahabar.com

Gaya

Efek Makan Gorengan Berlebih Saat Buka Puasa Terhadap Kulit
apahabar.com

Gaya

Tongkrongan Akhir Pekan, Wisata Kuliner Wasaka dan ‘Mawarung Baimbai’
apahabar.com

Gaya

Rahasia Tubuh Bugar Seperti Cristiano Ronaldo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com