Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Menjelang Pilgub Kalsel, KPU Batola Jamin Hak Suara Ratusan Warga Disabilitas

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 12:09 WIB

Menjelang Pilgub Kalsel, KPU Batola Jamin Hak Suara Ratusan Warga Disabilitas

Penyandang disabilitas yang tak bisa berjalan, dapat didampingi selama proses pemungutan suara. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Keterbatasan fisik tidak menghalangi warga Barito Kuala untuk menyalurkan hak pilih dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola memastikan telah memasukkan semua pemilih disabilitas dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Total terdapat 528 warga disabilitas yang telah ditetapkan dalam DPT,” papar Komisioner KPU Batola, Heldawati, Senin (9/11).

“Termasuk dalam pemilih disabilitas tersebut adalah keterbatasan fisik, intelektual, mental dan sensorik,” imbuh wanita yang menempati Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU ini.

Tercatat 197 warga yang mengalami keterbatasan fisik, kemudian 66 warga disabilitas intelektual, 169 dengan keterbatasan mental, serta disabilitas sensorik sebanyak 96 orang.

“Dari 528 warga yang terdata dalam DPT, terbanyak berada di Kecamatan Mandastana dengan 66 orang. Kemudian Marabahan 60 orang, serta Alalak dan Mekarsari 58 orang,” jelas Heldawati.

“Lantas dalam proses pemilihan, warga disabilitas yang tidak bisa berjalan sendiri mendapatkan dari pendampingan,” imbuhnya.

Sesuai Buku Panduan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mereka yang ditunjuk membantu pemilih menuju ke bilik suara tak boleh menghasut untuk memilih pasangan tertentu.

Khusus pemilih tuna netra, diberikan surat suara ke dalam alat bantu (template). Sementara pemilih yang tak mempunyai tangan dan tuna netra, pendamping diperkenankan membantu pencoblosan.

Proses tersebut harus disaksikan anggota KPPS. Kemudian pendamping juga harus mengisi surat pernyataan dalam lembar C3-KWK dan merahasiakan pilihan pemilih.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Raih Top BUMD Awards, Berikut Kinerja BPR Barito Kuala Kalsel
apahabar.com

Batola

Sah, Jumlah DPT Pilgub Kalsel di Barito Kuala 220.006 Orang
apahabar.com

Batola

Seminggu Beroperasi di Marabahan, Ojekin Langsung Laris Manis
apahabar.com

Batola

Tepat 17 Agustus, Si Kembar Pengantin dari Marabahan Ini Dilahirkan
apahabar.com

Batola

Lewat Pertunjukan Virtual, Noormiliyani Semangati Seniman Barito Kuala
apahabar.com

Batola

Tinggalkan Batola, AKBP Bagus Dibopong Ramai-Ramai
apahabar.com

Batola

Batola Menyala Lagi, 14 Kecamatan Zona Merah Covid-19
apahabar.com

Batola

Klaster Industri Berpotensi Tambah Kasus Covid-19 di Barito Kuala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com