Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Menjelang Pilgub Kalsel, KPU Batola Jamin Hak Suara Ratusan Warga Disabilitas

- Apahabar.com     Senin, 9 November 2020 - 12:09 WITA

Menjelang Pilgub Kalsel, KPU Batola Jamin Hak Suara Ratusan Warga Disabilitas

Penyandang disabilitas yang tak bisa berjalan, dapat didampingi selama proses pemungutan suara. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Keterbatasan fisik tidak menghalangi warga Barito Kuala untuk menyalurkan hak pilih dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola memastikan telah memasukkan semua pemilih disabilitas dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Total terdapat 528 warga disabilitas yang telah ditetapkan dalam DPT,” papar Komisioner KPU Batola, Heldawati, Senin (9/11).

“Termasuk dalam pemilih disabilitas tersebut adalah keterbatasan fisik, intelektual, mental dan sensorik,” imbuh wanita yang menempati Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU ini.

Tercatat 197 warga yang mengalami keterbatasan fisik, kemudian 66 warga disabilitas intelektual, 169 dengan keterbatasan mental, serta disabilitas sensorik sebanyak 96 orang.

“Dari 528 warga yang terdata dalam DPT, terbanyak berada di Kecamatan Mandastana dengan 66 orang. Kemudian Marabahan 60 orang, serta Alalak dan Mekarsari 58 orang,” jelas Heldawati.

“Lantas dalam proses pemilihan, warga disabilitas yang tidak bisa berjalan sendiri mendapatkan dari pendampingan,” imbuhnya.

Sesuai Buku Panduan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mereka yang ditunjuk membantu pemilih menuju ke bilik suara tak boleh menghasut untuk memilih pasangan tertentu.

Khusus pemilih tuna netra, diberikan surat suara ke dalam alat bantu (template). Sementara pemilih yang tak mempunyai tangan dan tuna netra, pendamping diperkenankan membantu pencoblosan.

Proses tersebut harus disaksikan anggota KPPS. Kemudian pendamping juga harus mengisi surat pernyataan dalam lembar C3-KWK dan merahasiakan pilihan pemilih.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Kebakaran Tiga Hari Berturut-turut di Batola, Lalap 3 Rumah di Rantau Badauh
Batola

Batola

Banjir di Batola Mulai Surut, Bantuan Kawasan Terisolir Terus Disalurkan
Aksi BPJN Kalsel

Batola

Jalan di Gampa Asahi Batola Rusak Parah, Aksi BPJN Kalsel Paling Ditunggu

Batola

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Guru di Batola Mulai Divaksin Covid-19
banjir

Batola

Banjir di Alalak Batola Meningkat, Relawan Banjarmasin Bantu Evakuasi

Batola

Berkilah Mengetes, Dua Pria Bawa Kabur Mobil Showroom di Alalak Batola

Batola

Dua Motor Yamaha Adu Kuat di Anjir Muara Batola, Satu Korban Tewas

Batola

Potong Kemaluan Sendiri, Kejiwaan Warga Barambai Batola Diklaim Normal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com