Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan

Molor, Luhut Sebut Vaksinasi Covid-19 Dimulai Pekan Ketiga Desember 2020

- Apahabar.com Rabu, 4 November 2020 - 14:39 WIB

Molor, Luhut Sebut Vaksinasi Covid-19 Dimulai Pekan Ketiga Desember 2020

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto- iStockphoto/sittithat tangwitthayaphum

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan vaksinasi Covid-19 kemungkinan akan dimulai pada pekan ketiga Desember 2020, mundur dari rencana awal yang disebut-sebut akan dimulai November ini.

“Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember,” kata Luhut dalam paparan pada acara The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources (SDSWR) secara virtual, seperti dilansir Antara, Rabu (4/11).

Luhut mengatakan saat ini tengah dilakukan uji klinis fase ketiga di Bandung, Jawa Barat, yang dikembangkan Sinovac dan Bio Farma.

Untuk bisa melakukan vaksinasi, pemerintah Indonesia juga akan menggunakan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/ EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Saya rasa [vaksinasi akan dilakukan pada] sekitar 9 juta orang di wilayah spesifik yang kami percaya berkontribusi besar pada tingginya kasus Covid-19. Di Jakarta, misalnya, ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus Covid-19 dan berikan mereka suntikan,” kata Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu.

Luhut menambahkan, dalam jangka pendek, pemerintah menargetkan bisa membuat wilayah Bali menjadi zona hijau pada awal tahun 2021 mendatang menyusul vaksinasi pada pekan ketiga Desember itu.

“Kami ingin lihat Bali jadi zona hijau, itu target kami, Bali jadi zona hijau harapannya pada awal tahun depan karena kita akan mulai vaksinasi mulai minggu ketiga Desember,” kata Luhut.

Sebelumnya, Luhut mengatakan rencana vaksinasi Covid-19 yang tadinya akan dimulai sekitar minggu kedua November bisa saja molor.

Menurut Luhut, kemungkinan mundurnya jadwal vaksinasi bukan karena tidak adanya pasokan vaksin, melainkan karena dibutuhkan waktu bagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk bisa mengeluarkan emergency use authorization.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kerap Lupa dengan Hari Ulang Tahun, Jokowi Syukuri dengan Kerja
Bakar Bendera

Nasional

Polisi Telusuri Video Viral Pria Bakar Bendera Merah Putih
apahabar.com

Nasional

Cuaca Ekstrem Siap Terjang Indonesia, Begini Strategi BNPB
apahabar.com

Nasional

Rekor! 74 Anak Komodo Menetas, KBS Tersukses di Indonesia
Setahun Covid-19

Nasional

Setahun Covid-19 di Indonesia, Netizen: Happy Anniversary
apahabar.com

Nasional

PANGLIMA TNI JANJI SERET KKB UNTUK DIADILI Oleh Evarianus Supar

Nasional

Sambut Habib Rizieq Shihab, Ibunda Menanti dengan Seuntai Kalung Bunga Melati di Petamburan
apahabar.com

Nasional

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Aceh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com