Kena Tipu Oknum ASN, Belasan Tukang Sapu Geruduk Pemkot Banjarmasin Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Begal Sadis di Gunung Kayangan Ditembak Sebelum Beraksi di Bali Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD

Ngopi Bareng di Barabai, Rifqi Buka-Bukaan Soal Pembangunan Bandara dan Masa Depan HST

- Apahabar.com Selasa, 17 November 2020 - 21:12 WIB

Ngopi Bareng di Barabai, Rifqi Buka-Bukaan Soal Pembangunan Bandara dan Masa Depan HST

Rifqi saat Ngopi bersama Kasubbid Infrastruktur Andika di Kafe Titik Bumi Barabai, Senin (16/11)./Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Anggota Komisi V DPR RI, Rifqinizami Karsayuda buka-bukaan mengenai pembangunan infrastruktur di HST.

Saat ngobrol pintar (Ngopi) bertema Pemuda dan Masa Depan Banua di Kafe Titik Bumi Barabai, Senin (16/11) malam, dia menyampaikan soal gagasannya terkait pembangunan bandara di HST yang disambut baik oleh Kementerian Perhubungan.

Rencananya, pada 2021 pemerintah pusat melalui Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI akan menganggarkan studi kelayakan terkait proyek tersebut. Prioritas atau tidaknya pembangunan bandara bisa didapat dari hasi kajian itu.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku sudah lama memiliki ide pembangunan bandara itu, tepatnya saat dia pertama terpilih untuk duduk di Senayan.

Jika di Tanah Bumbu dan Kotabaru konektivitas ekonominya dilakukan melalui jalur udara dan laut, dia melihat pengembangan ekonomi HST bisa dilakukan melalui jalur udara.

“Kata kuncinya membuka konektivitas sebanyak mungkin. Membuka ekonomi. Saya hanya bermimpi HST ini berubah. Karena selama saya hidup, (HST) ini tidak ada perkembangan yang signifikan,” kata Rifqi usai Ngopi.

Dia juga mengatakan pembangunan bandara itu sebagai salah satu pendukung Ibu Kota Negara (IKN).

“Kalau dilihat dari skala prioritas nasional, tidak terlalu skala prioritas. Tapi menjadi prioritas karena ada direktif dari Komisi V DPR RI. Jadi kebijakan nasional itu di luar yang telah diputuskan melalui perencanaan nasional oleh Bappenas. Ada dua direktif yang menjadi prioritas, dari presiden dan DPR RI. Jadi ini sebetulnya lebih pada aspirasi saya dan direktif saya kepada Kemenhub,” terang Rifqi.

Kendala yang tengah dihadapi saat ini, kata Rifqi, ada pada koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. Karena itu, dia berharap pasca-Pilkada pemimpin terpilih punya visi-misi yang sama mengenai dengan pembangunan bandara.

“Jangan sampai menganggap ini tidak penting atau menganggap ini suatu ide yang berlebihan, sehingga tidak ada langkah konkret mendukung realisasi pembanunan bandara,” kata Rifqi.

Lantas apa langkah konkret yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara ini?

Rifqi menjelaskan pemerintah perlu meyakinkan masyarakat, utamanya soal pembebasan lahan yang juga akan menyedot APBD.

“Masyarakat harus diedukasi bahwa kita tidak boleh hidup jangka pendek tapi diajarkan jangka panjang,” terang Rifqi.

Sementara itu Kasubbid Infrastruktur Bappelitbangda Hulu Sungai Tengah, Andika Dwi Octavianto membenarkan studi kelayakan pembangunan bandara di HST sudah dilakukan.

“Sudah dianggarkan 2021. Mungkin nanti di Bappeda ada lelang untuk konsultan,” kata Andika

ASN sekaligus owner KafeTitik Bumi ini juga mendukung gagasan pembangunan bandara di HST. Dia menilai warga HST harus bangga dengan adanya putra daerah yang punya gagasan visioner untuk membangun kampung halamannya dan menyampaikan aspirasi.

“Walaupun banyak yang mencemooh ide pembangunan bandara ini, memang tidak bisa dinikmati langsung tapi setidaknya ada gagasan besar untuk memajukan HST,” tutup Andika.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sampai Juli, BMKG Perkirakan Kalimantan Selatan Aman dari Karhutla
apahabar.com

Kalsel

UU No 13 Tahun 2018, Selamatkan Gagasan Pikiran Penulis
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Siaga Karhutla, Ring Satu Jadi Atensi
apahabar.com

Kalsel

Biddokes Polda Kalsel Gelar Foto Extra Oral 50 Tahanan
apahabar.com

Kalsel

Berbagai Bingkisan untuk Anak Yatim, Bang Dhin Titip Pesan
apahabar.com

Kalsel

Terdampak Covid-19, Ribuan Guru Ngaji di Kotabaru Diguyur Bantuan
apahabar.com

Kalsel

Karhutla, PT Adaro Kirim Tim Gabungan Brigdal ke Kalteng
apahabar.com

Kalsel

Balangan Ajukan 30 Persen Kuota CPNS dan 70 Persen PPPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com