Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif

Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen

- Apahabar.com Senin, 30 November 2020 - 09:04 WIB

Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen

Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani dan Wakilnya, Hj Mustaidah terlihat mendampingi peserta nikah massal. Foto: Humas Pemkab Tapin

apahabar.com, RANTAU – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapin menggelar isbat nikah dan nikah massal.

Acara yang digelar pada Minggu (29/11) di Aula Sekretariat TP PKK Tapin itu dalam rangka Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tapin.

Para peserta diberikan dokumen nikah. Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani mengatakan acara itu rutin digelar serta tahun. Jumlahnya menyesuaikan angka HUT Tapin.

“Harapan kita jangan sampai ada lagi pasangan yang tidak memiliki dokumen nikah. Dokumen itu untuk mempermudah baik pasangan itu sendiri atau pun anak anaknya, misalnya pembuatan akta atau kelengkapan bepergian misalnya umrah,” ujarnya didampingi Wakil Ketua TP PKK Hj Mustaidah kepada apahabar.com, Senin (30/11).

Pasangan dari berbagai kecamatan terdaftar. Untuk yang termuda ada yang berusia 21 tahun dan tertua berusia 65 tahun.

Mengingat angka pernikahan dini di Tapin termasuk tinggi di Kalimantan Selatan, Hj. Ratna mensosialisasikan kepada peserta tentang risiko atau kekurangan pernikahan dini.

Setiap tahun sejatinya digelar arak-arakan pengantin usai pelaksanaan tradisi isbat nikah dan nikah massal saat perayaan hari jadi Kabupaten Tapin.

Namun karena Covid-19, kali ini pelaksanaan acara itu dilaksanakan sangat terbatas karena harus mematuhi protokol kesehatan.

Karenanya, untuk perayaan Hari Jadi atau HUT Tapin ke-55 Bupati Tapin, HM Arifin Arpan meminta maaf karena tidak ada arak-arakan pengantin.

“Maaf acara isbat nikah dan nikah massal kita laksanakan dengan sangat terbatas, juga tidak ada perayaan pawai dan arak-arakan pengantin,” ujar Arifin.

Sesuai umur Bumi Ruhui Rahayu, sebanyak 55 pasangan warga Tapin disahkan saat isbat nikah dan nikah massal saat perayaan Hari Jadi Tapin ke-55, Minggu, (29/11) kemarin.

Karenanya, Arifin hanya mendoakan agar puluhan pasangan itu agar menjadi pasangan sakinah, mawaddah wa rahmah.

“Jangan lupa jaga keluarga di masa pandemi ini dan lindungi keluarga dari segala bentuk kekerasan serta jangan menikahkan anak pada usia muda,” ujar bupati dua periode itu.

Selain itu, Bupati Tapin berharap agar kerja sama antara perlindungan anak, Pemkab Tapin baik itu TP PKK, Disdukcapil, Kemenag Tapin dan bagian Kesra dapat terus melaksanakan isbat nikah dan nikah massal untuk memberikan perlindungan hukum bagi pasangan suami istri yang sah.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

SMSI Kalsel Siap Tertibkan Media Siber
apahabar.com

Kalsel

Saat Mahasiswa ULM-Poliban Rayakan Natal Bersama
apahabar.com

Kalsel

Kalimantan Selatan Hujan Lagi, Simak Ramalan BMKG
Puluhan Tentara Datangi RSUD Abdul Aziz Marabahan

Kalsel

Puluhan Tentara Datangi RSUD Abdul Aziz Marabahan
apahabar.com

Kalsel

BPBD: Delapan Unit Rumah di Gambut Rusak Diterjang Puting Beliung
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarbaru Ingatkan Peraturan Terbaru untuk Petahana yang Kembali Mencalonkan Diri
apahabar.com

Kalsel

Butuh Rp3,5 M, Empat JPO Banjarmasin Menanti Investor

Kalsel

E Sanggam, Aplikasi Online untuk Masyarakat Persembahan Polres Balangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com