BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Olahraga Tradisional Besei Kambe Go Nasional

- Apahabar.com Rabu, 11 November 2020 - 21:45 WIB

Olahraga Tradisional Besei Kambe Go Nasional

Jajaran pengurus inti Portina Kalteng. Foto-ISTIMEWA.

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Dalam ajang Festival Olahraga Tradisional Asli Indonesia 2020 yang digelar secara virtual pada 25 Oktober lalu, Kalimantan Tengah berhasil menyabet terbaik pertama, dengan olahraga tradisional besei kambe atau dayung hantu, setelah menyisihkan 16 provinsi lainnya.

Tentu saja, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kalteng.

“Mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita semua, bahwa olahraga di daerah kita ini, nantinya selain Besei Kambe, bisa diangkat ke forum nasional,” kata Ketua Umum Portina Kalteng,” Karuhei TN Asang, Rabu (11/11).

Dengan dinobatkan Kalteng menjadi yang terbaik, membuat Besei Kambe Go Nasional dan nantinya akan resmi dipertandingkan oleh Portina pusat dan diikuti provinsi lainnya.

Tetapi, Portina Kalteng berharap, agar pada 2021, Besei Kambe bisa masuk dalam salah nomor olahraga tradisional yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Tradisional Nasional, di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Namun secara nasional sudah diumumkan, bahwa peringkat satu hingga lima, segera dibakukan menjadi olahraga tradisional yang dinasionalkan.

Sekretaris Portina Kalteng Wisnu Kusumo mengungkapkan, persiapan mereka mengikuti ajang itu, sangat sempit sekali. Sebab, Portina Kalteng baru terbentuk pada 15 Oktober lalu.

Namun ternyata, besei kambe, yang diikutsertakan dalam even itu dinobatkan sebagai jawara olahraga tradisional.

“Suatu pencapaian yang sangat luar biasa. Kebanggaan bukan saat menjadi nomor satu, tetapi karena Besei Kambe, olahraga tradisional menjadi olahraga nasional,” ujarnya.

Ia berharap agar ke depan, ada olahraga tradisional lainnya dari Bumi Tambun Bungai, bisa go nasional seperti Besei Kambe.

Untuk itu dirinya meminta kepada masyarakat, agar bisa menginformasikan kepada Portina Kalteng, jika mengetahui olahraga tradisional lainnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pemilik Wisma Plamboyan Eks Lokalisasi Merong Diamankan Polres Barut
apahabar.com

Kalteng

Tersisa 41 Orang, Pasien Covid-19 di Palangka Raya Kalteng Terus Berkurang
apahabar.com

Kalteng

Rutan Kelas IIB Kapuas Kalteng Segera Gelar Bazar Hasil Produksi Warga Binaan
apahabar.com

Kalteng

BNK Kapuas Sosialisasikan Bahaya Narkoba
apahabar.com

Kalteng

Hendak Kembali ke Jawa, Puluhan Santri asal Kobar Di-Rapid Test
apahabar.com

Kalteng

Bantu UMKM Tetap Produktif, OJK Kalteng Gelar Pasar Virtual
apahabar.com

Kalteng

Kepengurusan Koni Kalteng yang Baru Bakal Ramping
apahabar.com

Kalteng

Dampak Banjir di Kobar, Banyak Piton Keluar dari Sarangnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com