Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan

Paman Yani: Pemindahan Aset, Kotabaru Sangat Diuntungkan

- Apahabar.com     Kamis, 12 November 2020 - 19:31 WITA

Paman Yani: Pemindahan Aset, Kotabaru Sangat Diuntungkan

Pertemuan anggota Komisi II DPRD Kalsel dengan Pemkab Kotabaru dalam upaya pemindahan aset ke Pemprov Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kabupaten Kotabaru memastikan akan segera memetakan permasalahan apa saja yang selama ini menjadi kendala tentang peralihan aset.

Sejatinya memang sudah seharusnya menjadi kewenangan provinsi sesuai dengan amanat undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2014, tentang kewenangan pemerintah daerah jadi milik provinsi, salah satunya sektor pertanian dan perikanan.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kotabaru Syarifuddin sudah mendengar serta memahami apa yang sudah dijelaskan oleh Plt.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Fadli bersama jajaran, serta seperti yang disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

Syarifuddin pun berjanji, akan memanggil kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru dengan segera, hingga batu sandungan ini dapat dipecahkan.

“Tentu kepala dinas akan dipanggil, sehingga nantinya hal-hal yang belum terpecahkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terpecahkan,” katanya Rabu (11/11) malam.

Dia menambahkan, potensi keuntungan yang didapat oleh pihak kabupaten akan lebih besar dibandingkan jika dikelola sendiri.

Kendati demikian, ia memastikan akan melakukan pendekatan terlebih dahulu dan mencoba memberikan pemahaman kepada pihak-pihak terkait.

“Nantinya pihak terkait ini akan memahami dengan baik. Bahwa apabila aset diserahkan kepada provinsi, makan kabupaten akan sangat diuntungkan,” ujar penjabat yang merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Saat ditanya mengenai target perampungan aset mengingat jabatannya sebagai Pj Bupati hanya sampai 5 Desember saja atau saat bupati terpilih hasil Pilkada Kotabaru 2020, Syarifuddin hanya berjanji akan selesai dalam waktu secepatnya. “Secepatnya, makin cepat baik,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi atau yang akrab disapa Paman Yani mengatakan, perpindahan aset kepada pemerintah provinsi, agar tertata dengan rapi yang mengarah kepada predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kedepan, aset-aset lain katakanlah Dinas Pendidikan misalnya akan tertata dengan rapi. Indikatornya dari pelabuhan perikanan ini,” jelasnya.

Dengan adanya kewenangan oleh pemerintah provinsi terhadap pelabuhan Kotabaru dan Budidaya Perikanan Air Payau dan Laut (BPAPL) di Teluk Tamiyang, Paman Yani memastikan akan berdampak positif bagi seluruh pegiat perikanan dan kelautan dari hilir hingga ke hulu.

“Keuntungan bukan hanya dirasakan oleh pengusaha, tetapi juga dapat dirasakan oleh nelayan tangkap, pengolahan ikan hingga UMKM. Sehingga akan meningkatkan ekonomi kerakyatan,” bebernya.

Secara garis besar Yani Helmi menegaskan, aturan agar kewenangan diserahkan kepada pemerintah provinsi adalah hal yang harus dipatuhi.

Sehingga menurutnya, undang-undang dalam pengelolaan ini benar-benar berjalan dengan tatanan yang ada.

Namun ia juga menyebut, Kabupaten Kotabaru akan menerima manfaat yang sangat besar ketika aset diserahkan. Terutama percepatan pembangunan akan dapat tercapai.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mamair di Martapura, Ribuan Pemancing Rebutkan Piala Paman Birin Cup
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Kemanusian Korban Kebakaran Pulau Sebuku
Pria Tewas Tergantung

Kalsel

Pria Tewas Tergantung di Kapar Tabalong, Polisi Ungkap Penyelidikan
apahabar.com

Kalsel

Intip Aktivitas Tim Medis RSUD Ansari Saleh Hadapi Pandemi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Balangan Minim Tenaga Kerja Konveksi, DPRD Ungkap Sebabnya
apahabar.com

Kalsel

Kembali Bertambah, Total Positif Covid-19 di Tanbu 301 Pasien
Kotabaru

Kalsel

Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru Terpilih Dilantik Senin 26 April
Banjir Kalsel

Kalsel

Polisi Bersama Pesilat di Kelumpang Kotabaru Galang Dana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com