Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Paman Yani: Pemindahan Aset, Kotabaru Sangat Diuntungkan

- Apahabar.com Kamis, 12 November 2020 - 19:31 WIB

Paman Yani: Pemindahan Aset, Kotabaru Sangat Diuntungkan

Pertemuan anggota Komisi II DPRD Kalsel dengan Pemkab Kotabaru dalam upaya pemindahan aset ke Pemprov Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kabupaten Kotabaru memastikan akan segera memetakan permasalahan apa saja yang selama ini menjadi kendala tentang peralihan aset.

Sejatinya memang sudah seharusnya menjadi kewenangan provinsi sesuai dengan amanat undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2014, tentang kewenangan pemerintah daerah jadi milik provinsi, salah satunya sektor pertanian dan perikanan.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kotabaru Syarifuddin sudah mendengar serta memahami apa yang sudah dijelaskan oleh Plt.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Fadli bersama jajaran, serta seperti yang disampaikan oleh anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

Syarifuddin pun berjanji, akan memanggil kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru dengan segera, hingga batu sandungan ini dapat dipecahkan.

“Tentu kepala dinas akan dipanggil, sehingga nantinya hal-hal yang belum terpecahkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terpecahkan,” katanya Rabu (11/11) malam.

Dia menambahkan, potensi keuntungan yang didapat oleh pihak kabupaten akan lebih besar dibandingkan jika dikelola sendiri.

Kendati demikian, ia memastikan akan melakukan pendekatan terlebih dahulu dan mencoba memberikan pemahaman kepada pihak-pihak terkait.

“Nantinya pihak terkait ini akan memahami dengan baik. Bahwa apabila aset diserahkan kepada provinsi, makan kabupaten akan sangat diuntungkan,” ujar penjabat yang merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Saat ditanya mengenai target perampungan aset mengingat jabatannya sebagai Pj Bupati hanya sampai 5 Desember saja atau saat bupati terpilih hasil Pilkada Kotabaru 2020, Syarifuddin hanya berjanji akan selesai dalam waktu secepatnya. “Secepatnya, makin cepat baik,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi atau yang akrab disapa Paman Yani mengatakan, perpindahan aset kepada pemerintah provinsi, agar tertata dengan rapi yang mengarah kepada predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kedepan, aset-aset lain katakanlah Dinas Pendidikan misalnya akan tertata dengan rapi. Indikatornya dari pelabuhan perikanan ini,” jelasnya.

Dengan adanya kewenangan oleh pemerintah provinsi terhadap pelabuhan Kotabaru dan Budidaya Perikanan Air Payau dan Laut (BPAPL) di Teluk Tamiyang, Paman Yani memastikan akan berdampak positif bagi seluruh pegiat perikanan dan kelautan dari hilir hingga ke hulu.

“Keuntungan bukan hanya dirasakan oleh pengusaha, tetapi juga dapat dirasakan oleh nelayan tangkap, pengolahan ikan hingga UMKM. Sehingga akan meningkatkan ekonomi kerakyatan,” bebernya.

Secara garis besar Yani Helmi menegaskan, aturan agar kewenangan diserahkan kepada pemerintah provinsi adalah hal yang harus dipatuhi.

Sehingga menurutnya, undang-undang dalam pengelolaan ini benar-benar berjalan dengan tatanan yang ada.

Namun ia juga menyebut, Kabupaten Kotabaru akan menerima manfaat yang sangat besar ketika aset diserahkan. Terutama percepatan pembangunan akan dapat tercapai.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Peduli Sebuku, Kumpulkan Rp100 Juta Lebih dari Lelang
apahabar.com

Kalsel

Relawan Setia: Jangan Jual Ananda-Mushaffa dengan Menjelekkan Calon Lain

Kalsel

Covid-19 di Kalsel Lampaui 6 Ribu Kasus
apahabar.com

Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kritik Jalan Bandara Belum Beres
apahabar.com

Kalsel

Tahun Ini Dinas PUPR Banjar Prioritaskan Pembenahan Drainase
apahabar.com

Kalsel

Siaga Corona, Polisi Kotabaru Sidak Penjual Masker, Intip Hasilnya
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Siswa SMKN 1 Murung Pudak di Tabalong Dapat Paket Data 10 GB dari Telkomsel
apahabar.com

Kalsel

Resah Penyalahgunaan Lem Pox di Banjarmasin, Hermansyah: Perketat Penjualan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com