Resmi! Paman Birin Sandang Gelar Doktor Kehormatan dari ULM Sosok Promotor Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin Bukan Orang Sembarangan Tempo Dua Bulan, Polres Tala Ungkap Puluhan Tersangka Kasus Narkoba Kebakaran di Pampanan, INAFIS Polres Tabalong Turun Tangan Kios di Tapin Terbakar, Satu Orang Jadi Korban

Pembatalan Pencalonan Bupati Kukar, KPU Siap Panggil Edi Damansyah

- Apahabar.com     Sabtu, 21 November 2020 - 08:41 WITA

Pembatalan Pencalonan Bupati Kukar, KPU Siap Panggil Edi Damansyah

Edi Damansyah (kiri) dan Rendi Solihin (kanan) dibayangi ancaman diskualifikasi oleh Bawaslu RI. Foto: Istimewa

apahabar.com, SAMARINDA – KPU Kalimantan Timur bakal memanggil Edi Damansyah terkait rekomendasi pembatalan sebagai calon bupati Kutai Kartanegara (Kukar) di Pilkada 2020.

Edi saat ini adalah Bupati Kukar nonaktif. Sang petahana dianggap melanggar Pasal 71 ayat 3 di Undang-Undang (UU) Pilkada.

Isi beleid itu melarang petahana menggunakan program dan kegiatan pemerintah daerah untuk kegiatan pemilihan enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir.

Komisioner KPU Kaltim Mukhasan Ajib mengatakan bahwa KPU Pusat telah menerbitkan surat nomor: 1052/PY.02.1-SD/03/KPU/XI/2020.

Isinya ihwal penerusan pelanggaran administrasi sesuai Rekomendasi Bawaslu RI nomor: 075/K. Bawaslu/ PM.06.00/XI/2020 kepada KPU Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Surat tersebut telah diterima oleh KPU Kutai Kartanegara sejak diterbitkan 17 November 2020, dan terhitung sejak diterima surat KPU Kukar hingga tujuh hari ke depan, maka KPU Kukar akan melakukan klarifikasi, mencari bukti terkait dugaan pelanggaran pemilu oleh Bawaslu RI,” kata Najib, dilansir Antara, Sabtu (21/11).

Selain memanggil Edi, KPU Kukar, kata dia, akan meminta klarifikasi kepada Direktorat Jendral Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Disdukcapil, camat, hingga lurah.

Menurut Ajib klarifikasi tersebut merupakan salah satu tindak lanjut pengkajian surat rekomendasi Bawaslu RI yang berpedoman pada pasal 18 PKPU RI Nomor 25 tahun 2013.

Ajib menambahkan KPU Provinsi Kaltim akan terus melakukan monitoring kinerja KPU Kukar selama proses pencarian data dan informasi tersebut.

“Sejauh ini tahapan Pilkada di Kukar tetap berjalan seperti biasa, meski personel KPU juga disibukan dengan klarifikasi dugaaan pelanggaran pemilu,” imbuhnya.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Kaltim Fahmi Idris menambahkan bahwa keputusan terkait rekomendasi Bawaslu RI tersebut menjadi kewenangan KPU Pusat.

“Kami tetap akan melaksanakan arahan dan petunjuk KPU RI, bisa jadi antara KPU dan Bawaslu terjadi beda pendapat terkait penafsiran aturan Pilkada,” tegasnya.

Atas temuan terkait pelanggaran Edi Damansyah, Bawaslu RI merekomendasikan KPU Kukar melalui KPU RI untuk membatalkan Edi Damansyah sebagai calon bupati Kukar di Pilkada 2020.

Pilkada di Kukar hanya diikuti oleh satu pasang calon yakni Edi Damansyah–Rendi Solihin atau calon tunggal, sehingga bila rekomendasi Bawaslu RI tersebut dilaksanakan maka Pilkada di Kukar akan ditunda pelaksanaannya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Geger! Dikira Boneka, Pemulung Temukan Jasad Bayi di Tempat Sampah

Kaltim

Hendak Diperiksa Polisi, 2 ABK Hilang Usai Lompat ke Mahakam
Rimbun Air

Kaltim

Besok, Jenazah Teknisi Rimbun Air Tiba di Balikpapan

Kaltim

Muak Sering Ditanya Kapan Nikah, Oknum TNI di Balikpapan Tega Bunuh Kekasihnya Sendiri
rumah roboh

Kaltim

Brakkk! 1 Rumah di Balikpapan Mendadak Roboh, 7 Jiwa Terpaksa Ngungsi
Dermaga Samarinda,

Kaltim

Terkait Ledakan Kapal di Dermaga Samarinda, 2 Saksi Diperiksa
Pelaku Tabrak Lari Balikpapan

Kaltim

Pelaku Tabrak Lari yang Sebabkan Korban Tewas Diciduk Polisi Balikpapan

Kaltim

Pencuri Mobil di Balikpapan Tak Ditahan Polisi, Kok Bisa?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com