Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Pemkab Balangan Gelar Pertemuan Rembuk Percepatan Penanganan Stunting

- Apahabar.com     Rabu, 18 November 2020 - 15:10 WITA

Pemkab Balangan Gelar Pertemuan Rembuk Percepatan Penanganan Stunting

Pemkab Balangan melalui Dinkes dan Bappeda setempat melaksanakan pertemuan Rembuk Percepatan Penurunan Stunting di Aula Benteng Tundakan kantor Setdakab Balangan, Rabu (18/11). Dilakukan pula melalui video conference bersama Dinkes Provinsi Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus peduli mengatasi percepatan penanganan stunting di Kabupaten Balangan, meski dalam suasana penanganan pandemi Covid-19.

Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemkab Balangan terus membangun sinergitas dengan lintas OPD terkait dan sektor lainnya dalam percepatan penurunan stunting di wilayah tersebut.

Dinkes Balangan bersama Bappeda setempat melaksanakan pertemuan Rembuk Percepatan Penurunan Stunting di Aula Benteng Tundakan kantor Setdakab Balangan, Rabu (18/11). Dilakukan pula melalui video conference bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Sekdakab Balangan, Erwan Mega Karya Latif yang juga sebagai Kepala Dinkes Balangan, dengan melibatkan peserta para Sekretaris Desa (Sekdes) se Balangan serta beberapa OPD terkait dilingkungan Pemkab Balangan.

Penjabat Sekdakab, Erwan MKL menyampaikan, kegiatan tersebut berutujuan agar terwujudnya komitmen bersama untuk melaksanakan intervensi spesifik dan dalam rangka penurunan stunting di Balangan.

Disebutkannya, Pemkab Balangan menjadi bagian dalam mewujudkan tujuan global 2030 atau sustainable development goals (SDGs) yang salah satu tujuannya adalah menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan serta meningkatkan pertanian berkelanjutan dengan target 2030, mengakhiri segala bentuk malnutrisi termasuk penurunan angka stunting secara nasional tahun 2024 sebesar 14 persen.

“Kami menyadari bahwa permasalahan stunting pada usia dini terutama pada periode 1000 hari pertama kehidupan (HPK) adalah jendela kehidupan yang paling penting terhadap pada kualitas sumber daya manusia (SDM),” imbuhnya.

“Jika tidak kita cegah secara dini, permasalahan ini dalam jangka pendek menyebabkan gagal tumbuh, hambatan perkembangan kognitif dan motorik serta tidak optimalnya ukuran fisik tubuh,” lanjutnya.

Sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan menurunnya kapasitas intelektual rakyat Balangan.

Untuk itu, Erwan berharap agar setiap peserta, bisa memanfaatkan moment tersebut dengan baik, terutama dalam penyajian data serta langkah-langkah yang akan diambil kedepan, dalam mendukung percepatan penurunan stunting di Bumi Sanggam.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Hadapi New Normal, Pemkab Balangan Sosialisasi Lewat Baliho
apahabar.com

Pemkab Balangan

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Digelar Secara Sederhana di Balangan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Jemaah Banjiri Haul Datu Kandang Haji, Ahli Waris: Bukti Kewalian
Konsultasikan Aturan Penggunaan Dana Desa, DPRD Balangan Sambangi Dua Kementerian

Pemkab Balangan

Konsultasikan Aturan Penggunaan Dana Desa, DPRD Balangan Sambangi Dua Kementerian  
apahabar.com

Pemkab Balangan

Ketua DPRD Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Balangan Salurkan Bantuan Sosial
apahabar.com

Pemkab Balangan

Selama 2019, 12 Warga Balangan Positif HIV
Apahabar.com

Pemkab Balangan

Bupati Balangan: Ekonomi Kerakyatan Jadi Fokus Daerah
apahabar.com

Pemkab Balangan

RSUD Balangan Terima Bantuan Ventilator dari PT Adaro Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com