Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Pemkab Banjar Siapkan Agen Perubahan Atasi Masalah Sampah

- Apahabar.com Jumat, 27 November 2020 - 14:37 WIB

Pemkab Banjar Siapkan Agen Perubahan Atasi Masalah Sampah

Sosialisasi Model Inovasi Pengelolaan Sampah Melalui Penguatan Ecoliteracy Menuju Perilaku Hijau, yang digelar Kemenko PMK bekerjasama dengan Bappedalitbang Kabupaten Banjar, di Hotel Aston Banua, Jumat (27/11). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Kabupaten Banjar bersiap melakukan perubahan dalam pengelolaan sampah yang diproduksi warga.

Sampah yang selama ini jadi masalah, akan diubah menjadi sebuah potensi dan berdayaguna, melalui inovasi dan pengelolaan lebih baik secara mandiri oleh masyarakat.

Guna mewujudkan hal tersebut, 100 orang dari berbagai kelompok yang konsen pada kelestarian lingkungan dan Banjar Bersih, baik dari desa maupun instansi, dilatih untuk menjadi agen perubahan dan membuat inovasi dalam pengelolaan sampah di daerahnya masing-masing.

Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Kemenko PMK bekerjasama dengan Bappedalitbang Kabupaten Banjar, tentang Model Inovasi Pengelolaan Sampah Melalui Penguatan Ecoliteracy Menuju Perilaku Hijau, di Hotel Aston Banua, Jumat (27/11).

Bupati Banjar H Khalilurrahman, yang diwakilkan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banjar, HM Rusdi menyampaikan para peserta harus bisa menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Banjar.

“Kita berkeinginan agar pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan di daerah kita bisa lebih baik, untuk itu perlu peran serta masyarakat,” ujarnya.

Pada pemaparan materi dan diskusi yang dimoderatori eks Sekda Banjar, H Nasrunsyah, para peserta banyak mendapat arahan serta mendengar pengalaman langsung dari praktisi pengelolaan sampah yang sukses di desanya masing-masing.

Seperti misalnya, DR Iswanto salah satu pegiat pengelolaan sampah di Desa Sukunan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta berbagi pengalaman menggerakkan warga di desanya untuk bisa mengelola sampah.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Bappedalitbang, Galuh Tantri Narindra juga sebagai selaku ketua pelaksana sosialisasi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar Boyne W Tristiyanto sebagai narasumber serta sejumlah pejabat dari SKPD di Kabupaten Banjar.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Rahmat Andika Bocah Penyandang Penyakit Kulit di Kabupaten Banjar Membaik, Status Kependudukan Tak Lagi Jadi Kendala
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Dukung TMMD ke-108, Pemkab Banjar Siapkan Anggaran 1,15 Miliar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Rapat Paripurna Penyampaian LKPj, Bupati Banjar Paparkan Prestasi Tahun 2019
apahabar.com

Kabupaten Banjar

TMMD di Desa Biih Dibuka, Target 30 Hari Selesai
apahabar.com

Kabupaten Banjar

PKK Banjar Bagikan Masker kepada Pengendara Terjaring Razia Yustisi, 100 Masker Ludes
Revolusi Mental

Kabupaten Banjar

Revolusi Mental, Pemkab Banjar Targetkan 5 Poin Ini

Kabupaten Banjar

Banjir di Martapura, Air Perlahan Surut di Perumahaan Alam Sekumpul
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Adakan Survei Opini Publik Tentang Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com