Terungkap, Bendahara HKN Banjarmasin Sempat Tarik Duit Ratusan Juta 5 Rumah Hangus di Tunas Baru Banjarmasin, Diduga Dibakar Sengaja Tewaskan Bocah, Polisi Ungkap Biang Kebakaran di Beruntung Banjar Sosialisasi Perpol Kelar, Polri Uji Kompetensi Novel Baswedan dkk Tiga Tips Atasi Kecemasan Munculnya Varian Omicron

Pencairan Dana JPS Tahap 3 di Tanbu Masih Berproses

- Apahabar.com     Jumat, 20 November 2020 - 18:19 WITA

Pencairan Dana JPS Tahap 3 di Tanbu Masih Berproses

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN -Penyerapan Pencairan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) Tahap ke-3 di Kabupaten Tanah Bumbu masih berproses.

Saat ini, pihak pemerintah daerah sudah membuat nota dinas untuk pencairan dana tersebut.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni, Jumat (20/11) mengatakan pencairan dana JPS tahap 3 sebesar Rp 300 ribu/bulan/KPM.

Dana yang dicairkan untuk tiga bulan yaitu Oktober, November, dan Desember dengan total sebesar Rp 900 ribu.

“Saat ini proses pencairan dana JPS tahap 3 sudah sampai tahapan nota dinas yang sudah didisposisi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda dan Plh Sekda, namun belum didisposisi Bupati Tanah Bumbu, karena Bupati berada di luar daerah,” ujar Basuni.

Basuni menuturkan kalau pun Bupati sudah mendisposisi nota dinas pencairan JPS tersebut, tidak mesti langsung cair, karena ada tahapan lagi yang dilakukan.

Pada proses penyaluran dana JPS pun nantinya dikerjasamakan dengan pihak Kantor Pos.

Sebelumnya, ujar Basuni, untuk melakukan pencairan dana JPS tahap ke 3, pihaknya harus menunggu berkas SPJ dari kecamatan untuk data penerima JPS T
Tahap 2.

“Data SPJ tahap 2 ada keterlambatan setor berkas dari pihak kecamatan. Jadi proses verifikasi penerima tahap 3 juga terlambat,” terangnya.

Basuni menyebut verifikasi berkas SPJ penerima JPS tahap 2 penting dilakukan karena bisa saja pada penyaluran tahap 2 ada warga yang mengembalikan dana tersebut karena sudah mampu. Sehingga pada JPS tahap 3 nama penerima tersebut tidak dimasukan lagi ke daftar penerima JPS berikutnya.

Adapun program bantuan dana Jaring Pengaman Sosial ini merupakan salah satu kebijakan dari Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat selama menghadapi pandemi Covid-19.

Pandemi covid-19 tidak hanya membawa dampak masalah kesehatan saja, namun juga berdampak pada melemahnya perekonomian yang ditandai dengan penurunan produksi, pengurangan tenaga kerja, serta penurunan daya beli masyarakat.

“Nah, untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, maka pemerintah meluncurkan program Jaring Pengaman Sosial (JPS),” jelasnya.

Diharapkan melalui program jaring pengaman sosial dapat membantu masyarakat utamanya dalam memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi.

Di Tanah Bumbu sendiri, Bupati Sudian Noor menginginkan agar dana JPS tersebut mampu menjalankan roda perekonomian masyarakat Bumi Bersujud di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu caranya yaitu masyarakat diimbau untuk berbelanja di UKM yang ada di lingkungan mereka tinggal.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kodim 1022/Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Kodim 1022/Tanah Bumbu Gelar Acara Kenaikan Pangkat Personel
Covid-19 Tanbu

Tanah Bumbu

Bertambah 39 Orang, Covid-19 Tanbu Tembus 2.929 Kasus
apahabar.com

Tanah Bumbu

Mayjen TNI Irwan Serahkan Bansos untuk Warga di Lokasi TMMD Kodim 1022 Tanbu
apahabar.com

Tanah Bumbu

PLTS Tidak Maksimal, Masyarakat Pulau Panjang Minta Dioptimalkan

Tanah Bumbu

Terputus Akibat Banjir, Pemkab Tanbu Buat 3 Jembatan Darurat di Kusan Hulu
Ruas di Jalan Sampurna, Kecamatan Simpang Empat. Foto-apahabar.com/Syahriadi.

Tanah Bumbu

Hujan Deras, Beberapa Ruas Jalan di Simpang Empat Terendam
apahabar.com

Tanah Bumbu

H Ready Kambo Kunjungi BBPLK di Semarang

Tanah Bumbu

Evaluasi Hari Pertama Vaksinasi BPP Hipmi di Tanbu, 95 Persen Target Terpenuhi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com