Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Peringati Hari Pahlawan, Sekdakot Banjarbaru Ingin Semangat Perjuangan Selalu Nyala

- Apahabar.com Selasa, 10 November 2020 - 18:08 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Sekdakot Banjarbaru Ingin Semangat Perjuangan Selalu Nyala

Sekretaris Daerah Banjarbaru Said Abdullah saat jadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Murjani, Selasa (10/11). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Peringati hari pahlawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Banjarbaru Said Abdullah jadi pembina upacara di Lapangan Murjani, Selasa (10/11).

Tampak Forkopimda, Ketua DPRD, seluruh Staf Ahli Wali Kota, seluruh Asisten dan seluruh Kepala SKPD Kota Banjarbaru ikut serta dalam upacara tersebut.

Sekda Banjarbaru Said Abdullah bertugas membacakan amanat dari Menteri Sosial RI Juliari P Batubara untuk melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik.

Hal itu tidak lain untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November 2020.

Karena di tengah pandemi Covid-19, tentunya jumlah peserta yang mengikuti upacara terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

“Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu,” ujar Said.

Sebab menurutnya, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua warga negara Indonesia.

Sebagaimana tema Hari Pahlawan pada 2020 ini yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa.

“Oleh karena itu, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” lanjut Said.

Perjuangan saat ini katanya belum berakhir. Dicontohkannya, kalau dulu semua berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang semua berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa.

Seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna,” katanya.

Bahkan, lanjut Kepala BPBD Kota Banjarbaru itu, peringatan hari pahlawan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan yang maha esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini,” jelas Said lagi.

Pasalnya, ia meyakini apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka Indonesia akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

Ia mengajak semua masyarakat ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

“Saya mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Soekarno,” terangnya.

Dikutipnya, Soekarno menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” ajak Said.

“Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” tutupnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hotel Bandara Syamsuddin Noor, Jadi Kebanggaan Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bahas APBD, Pemkot Banjarbaru Fokus Pemulihan Ekonomi 2021
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sambut 2020, Masyarakat Banjarbaru Instropeksi Diri Lewat Baayun Maulid
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

TK Idaman Wakili Kalsel Sekolah Sehat Nasional
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Dana Bansos Pangan Naik, Said Abdullah Sosialisasikan ke Penerima Bantuan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pengabdian Tak Bertepi, Sosok Nadjmi Adhani di Mata Para Kolega
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Covid-19 di Banjarbaru Melandai, Korban Transmisi Lokal Pertama Sembuh!
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Komitmen Pemkot Banjarbaru Layani Masyarakat Melalui Gerai Pelayanan Publik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com