Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di Sejumlah Wilayah Demi Top Up Game Online, Pria di Balikpapan Tipu Puluhan Orang Persiapan PON Papua, Balikpapan Sumbang 61 Atlet untuk Perkuat Kaltim Rekap PSU Sejumlah Kecamatan Selesai, KPU Banjar Gelar Penghitungan Lusa Gol Tunggal Raheem Sterling Bawa Inggris Tekuk Kroasia

Petani Penyadap Karet Sungai Abuh Martapura Terjaring Operasi Sikat Intan 2020

- Apahabar.com Minggu, 8 November 2020 - 16:10 WIB

Petani Penyadap Karet Sungai Abuh Martapura Terjaring Operasi Sikat Intan 2020

SBI, petani penyadap karet sungai Abuh Martapura terjaring Operasi Sikat Intan 2020. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Polsek Martapura Kota menggelar Operasi Sikat Intan 2020, Sabtu (7/11) pukul 22.00 Wita. Seorang penyadap karet berinisial SBI (19), warga Sungai Abuh RT 02 TW 01 Desa Sungai Jati, Kecamatan Martapura diamankan lantaran membawa senjata tajam (sajam).

Kapolsek Martapura Kota AKP Suroto mengungkapkan bahwa pada saat itu pihaknya tengah melakukan operasi Sikat Intan 2020 untuk menanggulangi penyakit masyarakat. Petugas melakukan pemeriksaan masyarakat yang berada di Jalan Bina Karya.

“Kebetulan yang bersangkutan lewat pada saat kita melakukan pemeriksaan. Petugas memintanya berhenti, dan kita geledah. Ternyata SBI membawa sebilah senjata tajam yang tidak memiliki izin yang sah,” ujar AKP Suroto kepada apahabar.com, Minggu (8/11) siang.

SBI yang diketahui bekerja sebagai petani penyadap karet tersebut mengaku kepada aparat berwajib, jika dirinya membawa benda tersebut untuk menjaga diri.

“Membawa senjata tajam ini untuk jaga-jaga diri saja menurut keterangan yang bersangkutan,” jelasnya.

Namun menurut AKP Suroto, jika perbuatan yang dilakukan oleh SBI tersebut melanggar undang-undang darurat Pasal 2 Ayat 1 Undang-undang Darurat No. 12 tahun 1951.

“Barang siapa menyimpan dan atau menguasai senjata penikam atau penusuk secara tanpa hak atau ijin yang sah, maka itu sudah melanggar undang-undang ini,” jelas Suroto.

Untuk saat ini SBI bersama dengan barang bukti satu buah pisau diamankan aparat berwajib di Polsek Martapura Kota guna proses penyidikan.

AKP Suroto menyampaikan, jika Operasi Sikat Intan 2020 tersebut dilakukan dengan sasaran penyakit masyarakat seperti narkoba, judi, senjata tajam tanpa izin, senjata api ilegal, dan curanmor.

“Juga kita tengah menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) jadi sebagai langkah untuk menjaga Sitkamtibmas agar tetap kondusif,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Dalam Hitungan Jam Tiga Pengedar Digulung Jajaran Polda Kalsel
apahabar.com

Hukum

Terkuak Alasan Lucinta Luna Pakai Psikotropika
apahabar.com

Hukum

Polda Kalsel Musnahkan 3 Kg Sabu
apahabar.com

Hukum

Kawanan Penjambret di Banjarmasin Ditangkap, Satu di Bawah Umur!
apahabar.com

Hukum

KPK OTT Bupati Kutim, 15 Orang Diamankan
apahabar.com

Hukum

Terbakar Cemburu, Pelajar SMA Rampas HP dan Rusak Motor Sang Mantan

Hukum

Sudah Beristri, Oknum Guru Olahraga di Banjarbaru Tega Cabuli Muridnya Sendiri
apahabar.com

Hukum

Terdakwa Pembakar MAN 1 HST Divonis 3 Tahun, PH Pikir-pikir Ambil Upaya Hukum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com