Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Petani Penyadap Karet Sungai Abuh Martapura Terjaring Operasi Sikat Intan 2020

- Apahabar.com Minggu, 8 November 2020 - 16:10 WIB

Petani Penyadap Karet Sungai Abuh Martapura Terjaring Operasi Sikat Intan 2020

SBI, petani penyadap karet sungai Abuh Martapura terjaring Operasi Sikat Intan 2020. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Polsek Martapura Kota menggelar Operasi Sikat Intan 2020, Sabtu (7/11) pukul 22.00 Wita. Seorang penyadap karet berinisial SBI (19), warga Sungai Abuh RT 02 TW 01 Desa Sungai Jati, Kecamatan Martapura diamankan lantaran membawa senjata tajam (sajam).

Kapolsek Martapura Kota AKP Suroto mengungkapkan bahwa pada saat itu pihaknya tengah melakukan operasi Sikat Intan 2020 untuk menanggulangi penyakit masyarakat. Petugas melakukan pemeriksaan masyarakat yang berada di Jalan Bina Karya.

“Kebetulan yang bersangkutan lewat pada saat kita melakukan pemeriksaan. Petugas memintanya berhenti, dan kita geledah. Ternyata SBI membawa sebilah senjata tajam yang tidak memiliki izin yang sah,” ujar AKP Suroto kepada apahabar.com, Minggu (8/11) siang.

SBI yang diketahui bekerja sebagai petani penyadap karet tersebut mengaku kepada aparat berwajib, jika dirinya membawa benda tersebut untuk menjaga diri.

“Membawa senjata tajam ini untuk jaga-jaga diri saja menurut keterangan yang bersangkutan,” jelasnya.

Namun menurut AKP Suroto, jika perbuatan yang dilakukan oleh SBI tersebut melanggar undang-undang darurat Pasal 2 Ayat 1 Undang-undang Darurat No. 12 tahun 1951.

“Barang siapa menyimpan dan atau menguasai senjata penikam atau penusuk secara tanpa hak atau ijin yang sah, maka itu sudah melanggar undang-undang ini,” jelas Suroto.

Untuk saat ini SBI bersama dengan barang bukti satu buah pisau diamankan aparat berwajib di Polsek Martapura Kota guna proses penyidikan.

AKP Suroto menyampaikan, jika Operasi Sikat Intan 2020 tersebut dilakukan dengan sasaran penyakit masyarakat seperti narkoba, judi, senjata tajam tanpa izin, senjata api ilegal, dan curanmor.

“Juga kita tengah menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) jadi sebagai langkah untuk menjaga Sitkamtibmas agar tetap kondusif,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Sering Beraksi di 3 Lokasi Berbeda, Spesialis Pencuri Sepeda Martapura Tertangkap di Masjid Al Karomah
apahabar.com

Hukum

Polisi Kotabaru Nyamar Jadi Pembeli, 2 Budak Sabu Asal Batulicin Terjaring
apahabar.com

Hukum

Terjerat Sabu, 2 Bersaudara di Barabai Diciduk Tim Opsnal John Lee CS
apahabar.com

Hukum

Melawan Saat Ditangkap, Polisi Tembak Pembunuh Santri Husnul Khotimah Asal Kalsel
apahabar.com

Hukum

Ecer Bio Solar di Amuntai, Polisi Tangkap Tangan Nelayan
apahabar.com

Hukum

Dua Penjahat Bertopeng Beraksi, Admin SPBU Kapuh HST Ditodong Parang, Rp 60 Juta Tercecer
apahabar.com

Hukum

IRT Banjar Simpan Puluhan Miras di Bawah Kasur
apahabar.com

Hukum

Dihukum 14 Tahun, Napi Teluk Dalam Kembali Simpan Sabu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com