Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

PMI Masih Siagakan Ratusan Personel di Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Merapi

- Apahabar.com Senin, 16 November 2020 - 00:11 WIB

PMI Masih Siagakan Ratusan Personel di Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Merapi

Tempat cuci tangan portabel dan truk tanki air bersih yang disiapkan PMI di lokasi pengungsian warga terdampak bencana erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah. Foto-Humas PMI Pusat via Antara

apahabar.com, SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) masih menyiagakan ratusan personelnya di berbagai lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Merapi.

Hal itu untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam penanggulangan bencana dan meminimalkan dampaknya.

“PMI di Jawa Tengah untuk saat ini telah menyiagakan 300 relawan dengan berbagai spesialisasi [kemampuan khusus] seperti pertolongan pertama, evakuasi, medis, dapur umum dan psikososial [dukungan psikologi],” kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (PB) PMI Jawa Tengah, Sarwa Pramana melalui sambungan telepon, seperti dilansir Antara, Minggu (15/11) malam.

Selain personel, PMI juga menyediakan berbagai peralatan yang ditempatkan di tempat evakuasi akhir (TEA), seperti alat cuci tangan portabel, pemeriksaan suhu tubuh, tandon air, serta kendaraan khusus seperti Hagglund yang disiagakan di Magelang.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Markas PMI Jawa Tengah, Mu’rifah menambahkan PMI Jateng telah melakukan koordinasi dengan tiga PMI yakni Kabupaten Magelang, Klaten dan Boyolali untuk mengantisipasi segala kemungkinan dengan menyiapkan rencana operasi.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan logistik bencana berupa family kit 1.500 paket, selimut 1.500 lembar, terpal 1.500 lembar, matras 1.500 lembar, masker 50 ribu lembarm serta disiapkan pula truk tanki air bersih dan mobil listrik untuk kebutuhan gudang losgitik.

“Logistik yang kami siapkan ini sifatnya untuk mengantisipasi kebutuhan saat terjadi tanggap darurat bencana seperti hazmat sebanyak 3 ribu pcs dan faceshield 3 ribu pcs untuk mengantisipasi kondisi di lapangan,” tambahnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Usulan Anggota Dewan Pengawas KPK, Jokowi Sebut Sejumlah Nama
apahabar.com

Nasional

Ini Alasan Kuat Bareskrim Polri Tangkap Syahganda KAMI
apahabar.com

Nasional

Mereka yang Menjunjung Tinggi Kode Etik Jurnalistik, Nyawa Pun Dipertaruhkan
apahabar.com

Nasional

Pembatasan Medsos Dinilai Mengungkung Hak Masyarakat Indonesia
apahabar.com

Nasional

Sekjen MPR Bantah Undang Paranormal untuk Gladi Pelantikan
apahabar.com

Nasional

KLHK Ingatkan Kembali Arahan Presiden Terkait Pencegahan Karhutla
apahabar.com

Nasional

Erick Thohir: Kabar OTT Romi Tak Gerus Suara Jokowi
apahabar.com

Nasional

Nikah Era New Normal, Baca Edaran Kementerian Agama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com