Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka

Pokdakan Satu Sekata di Kapuas Dibantu Puluhan Ribu Benih Ikan Patin

- Apahabar.com Senin, 16 November 2020 - 18:21 WIB

Pokdakan Satu Sekata di Kapuas Dibantu Puluhan Ribu Benih Ikan Patin

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Damawan, saat menyerahkan bantuan budidaya perikanan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Satu Sekata Desa Cemara Labat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan benih ikan patin dari pemerintah setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan mengatakan, bantuan benih ikan patin yang diserahkan pihaknya kepada Pokdakan Satu Sekata sebanyak 48 ribu ekor.

Selain itu, juga diserahkan bantuan lainnya berupa pakan ikan sebanyak 8,7 ton dan 1,6 ton bantuan kapur. “Semua bantuan itu sudah kami serahkan kemarin,” kata Darmawan di Kuala Kapuas, Senin (16/11).

Dijelaskan Darmawan, bantuan budidaya perikanan tersebut adalah usulan masyarakat tahun 2020 melalui Musrenbang yang kemudian diakomodir pokok pikiran dewan.

“Selanjutnya diteruskan kepada pemerintah daerah dan dicairkan dengan Dana APBD. Kelompok ini kebetulan salah satu sasarannya tahun ini,” jelasnya.

Pokdakan Satu Sekata Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala sebenarnya sudah membudididaya ikan selama kurang lebih tiga tahun dan ikan patin merupakan produksi utama.

Ketua Pokdakan Satu Sekata, Mahani mengatakan, sebelumnya kelompok budidaya ikan yang diketuainya memilih vakum produksi, karena pemasaran ikan patin masih dihargai murah.

“Sekarang kita baru merintis lagi setelah sempat vakum, kemarin kita mengalami cukup kerugian karena biaya produksi tidak sesuai dengan hasil keuntungan yang kita peroleh,” katanya.

Menurut Mahani pihaknya kembali merintis usaha budidaya ikan patin dengan mengusulkan bantuan pada Musrenbang tahun lalu dan pada tahun 2020 ini direalisasikan oleh Pemkab Kapuas melalui Dinas Perikanan Kapuas.

“Saya berharap semoga kedepannya harga ikan patin bisa lebih bagus, sehingga produksi kita juga bisa berjalan berkelanjutan,” pungkas Mahani.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Jelang Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih, PPK se-Kapuas Ikuti Bimtek
apahabar.com

Kalteng

Cairkan Gaji Ke-13, Barito Utara Siapkan Perbup
apahabar.com

Kalteng

Penerima BST di Kapuas Terbanyak se-Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Satgas: Covid-19 Palangka Raya Nyaris 700 Kasus
apahabar.com

Kalteng

Ngamuk, Seorang Warga Mandomai Kapuas Nekat Serang Polisi Pakai Mandau
apahabar.com

Kalteng

Dewan Pertanyakan Kembali Fungsional AKAP Jingah
apahabar.com

Kalteng

Kobar Susul Palangka Raya Masuk Zona Merah, 1 Orang Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Optimistis Kalteng Dipilih Lokasi Ibu Kota Pemerintahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com