BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Gugatan Jilid II H2D ke MK Siang Ini, Denny Gandeng Lawyer “Level Dewa” Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi

Pokdakan Satu Sekata di Kapuas Dibantu Puluhan Ribu Benih Ikan Patin

- Apahabar.com Senin, 16 November 2020 - 18:21 WIB

Pokdakan Satu Sekata di Kapuas Dibantu Puluhan Ribu Benih Ikan Patin

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Damawan, saat menyerahkan bantuan budidaya perikanan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Satu Sekata Desa Cemara Labat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan benih ikan patin dari pemerintah setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan mengatakan, bantuan benih ikan patin yang diserahkan pihaknya kepada Pokdakan Satu Sekata sebanyak 48 ribu ekor.

Selain itu, juga diserahkan bantuan lainnya berupa pakan ikan sebanyak 8,7 ton dan 1,6 ton bantuan kapur. “Semua bantuan itu sudah kami serahkan kemarin,” kata Darmawan di Kuala Kapuas, Senin (16/11).

Dijelaskan Darmawan, bantuan budidaya perikanan tersebut adalah usulan masyarakat tahun 2020 melalui Musrenbang yang kemudian diakomodir pokok pikiran dewan.

“Selanjutnya diteruskan kepada pemerintah daerah dan dicairkan dengan Dana APBD. Kelompok ini kebetulan salah satu sasarannya tahun ini,” jelasnya.

Pokdakan Satu Sekata Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala sebenarnya sudah membudididaya ikan selama kurang lebih tiga tahun dan ikan patin merupakan produksi utama.

Ketua Pokdakan Satu Sekata, Mahani mengatakan, sebelumnya kelompok budidaya ikan yang diketuainya memilih vakum produksi, karena pemasaran ikan patin masih dihargai murah.

“Sekarang kita baru merintis lagi setelah sempat vakum, kemarin kita mengalami cukup kerugian karena biaya produksi tidak sesuai dengan hasil keuntungan yang kita peroleh,” katanya.

Menurut Mahani pihaknya kembali merintis usaha budidaya ikan patin dengan mengusulkan bantuan pada Musrenbang tahun lalu dan pada tahun 2020 ini direalisasikan oleh Pemkab Kapuas melalui Dinas Perikanan Kapuas.

“Saya berharap semoga kedepannya harga ikan patin bisa lebih bagus, sehingga produksi kita juga bisa berjalan berkelanjutan,” pungkas Mahani.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Penyerapan Dana Desa di Kapuas Kalteng Belum Capai Target
apahabar.com

Kalteng

Dinyatakan Positif Covid-19, Wali Kota Palangka Raya: Cukup Saya!
Arus Mudik

Kalteng

Penyekatan Arus Mudik di Kapuas Berakhir, Polisi Bertahan Lanjutkan KRYD
apahabar.com

Kalteng

Covid-19 Kalteng: Total 4.081 Kasus Positif, Sembuh 3.483 Orang
Selat Hilir

Kalteng

Edarkan Sabu, Warga Selat Hilir Kapuas Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Usai Lempar Jumrah, Satu Jemaah Haji Barut Kesasar
Kapolri

Kalteng

Kapolri Resmikan Pembangunan 100 Ribu Rumah ASN Polri, Polda Kalteng Dapat 775 Unit

Kalteng

Satpol PP Katingan Belajar Pengawasan Cukai Rokok Pada Satpol PP Kapuas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com