Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Prestasi Mendunia, Gambar Cabai Rawit Hiyung Diletakan di Logo HUT Tapin Ke-55

- Apahabar.com Senin, 30 November 2020 - 18:41 WIB

Prestasi Mendunia, Gambar Cabai Rawit Hiyung Diletakan di Logo HUT Tapin Ke-55

Kemenpan RB RI, Tjahto Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Bupati Tapin, HM Arifin Arpan untuk cabai rawit hiyung sebagai salah satu top 45 inovasi pelayanan publik 2020 untuk inovasi dari pemerintah kabupaten di gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (25/11) lalu. Foto-Humas Pemkab Tapin

apahabar.com, RANTAU – Gambar cabai rawit hiyung diletakkan Pemerintah Kabupaten Tapin di logo HUT ke-55 Bumi Ruhui Rahayu karena prestasinya yang mendunia

Belakangan ini. Dengan slogan “Cabe Hiyung Tapin Mendunia, Pedasnya 17x Lipat”. Prestasi cabe hiyung sudah masuk daftar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Kemenpan RB, Tjahto Kumolo baru saja menyerahkan penghargaan kepada Bupati Tapin, HM Arifin Arpan untuk cabai rawit hiyung sebagai salah satu top 45 inovasi pelayanan publik 2020 untuk inovasi dari pemerintah kabupaten di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (25/11) lalu.

Dari berbagai prestasi didapat, Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin, mengatakan inovasi daerah yang membanggakan itu akan dibantu oleh Bank Indonesia (BI) untuk dikembangkan.

“Insyaallah tahun 2021, akan dikawal oleh BI untuk kemitraan pemerintah daerah, mengawal cabai rawit hiyung. Kita usahan nanti untuk BI mengarahkan pasarnya ke sana [Mesir, Arab Saudi dan Filipina],” ujarnya.

apahabar.com

Bupati Tapin saat memberikan sambutan di HUT Tapin Ke-55 di kantor baru Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tapin Minggu (30/11). Foto-Humas Pemkab Tapin

Sekilas Tentang Cabai Rawit Hiyung:

Nama tanaman cabai itu diambil sesuai dengan nama wilayah perkembangannya, yakni di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah.

Dikatakan Wagimin, sekarang luas lahan tanam cabe itu ada sekitar 255 hektare.

“Sasaran potensi lahan sekitar 380 hektare,” ujarnya.

Sampai saat ini masih dilakukan inovasi, kata Wagimin, fokus pengembangan itu adalah tanah sebagai media taman, agar pertumbuhan cabai itu semakin bagus dan berumur panjang.

Cabai rawit hiyung sendiri menurut hitungan internasional dengan standar kadar capsaicin, cabai itu mempunyai tingkat kepedasan sekitar 94.500 ppm (parts per million) atau 17 kali lebih pedas daripada cabai rawit biasa selain dari kadar pedasnya.

Cabai itu juga memiliki nilai nutrisi yang tinggi karena kandungan vitamin A, B, C dan proteinnya juga mengungguli dari jenis cabai lain.

Karena sederet keistimewaannya itulah, cabai itu sebagai varietas lokal khas Tapin, sudah mendapat sertifikat resmi dari pemerintah pusat sebagai varietas nasional.

Menurut Litbang Pertanian, plasma nutfah, cabai itu telah terdaftar pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementarian Pertanian RI No.09/PLV/2012 tertanggal 12 April 2012 sebagai varietas lokal dengan nama Cabai Rawit Hiyung.

Lalu pada tahun 2016, Kementerian Pertanian RI memberikan Tanda Daftar Varietas Tanaman Holtikultura, berdasarkan Keputusan Meteri Pertanian Nomor: 031/Kpts/SR.120/D.2.7/4/2016 tanggal 20 April 2016.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

excavator

Tapin

Excavator Terseret Longsor di Tapin, Operatornya Tewas
Air Waduk

Kalsel

Meluap, Air Waduk Eks Tambang di Tapin Banjiri Jalan Desa Paring Guling
apahabar.com

Tapin

Bernilai Rp 36,8 Miliar, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin Ditarget 2021

Tapin

Patuhi Anjuran Pemerintah, Pergantian Tahun di Rantau Tanpa Keramaian
Tapin Ke-55

Tapin

HUT Tapin Ke-55, HM Arifin Arpan Resmikan Kantor Sekretariat Daerah Senilai Rp 36,8 Miliar
apahabar.com

Tapin

Arifin Arpan Sedih HUT Tapin Tak Dirayakan Bersama Warga
apahabar.com

Tapin

10 Tahun Tak Diperbaiki, Pembangunan Jalan di Tapin Dikaji Ulang
apahabar.com

Tapin

Selangkah Lagi, Bendungan Tapin Tinggal Menunggu Rekomendasi Pengoperasian
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com