Belasan Terduga Pelaku Prostitusi Online Diamankan Polres Banjarbaru, 6 Masih di Bawah Umur Jelang Iduladha, Kalsel Siapkan Belasan Ribu Hewan Kurban MK Tunda Sidang, H2D Tetap Pede Diskualifikasi BirinMU Prostitusi Online di Banjarmasin Seret Anak-Anak, Sudah Puluhan Remaja Terjaring! 8 Tuntutan Mahasiswa Kalsel Saat Aksi #SaveKPK Sampai ke Sekretariat Presiden

Rapat Pleno Siang Ini, Bawaslu Kalsel Simpulkan Status Laporan Dugaan Pelanggaran BirinMu

- Apahabar.com Selasa, 3 November 2020 - 12:30 WIB

Rapat Pleno Siang Ini, Bawaslu Kalsel Simpulkan Status Laporan Dugaan Pelanggaran BirinMu

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu Kalimantan Selatan akan menyimpulkan status laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel nomor urut 1, Sahbirin – Muhidin (BirinMu) pada hari ini, Selasa (3/11).

Kesimpulan dimaksud yakni apakah dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilaporkan pelapor telah memenuhi syarat formil maupun materil sesuai pasal yang disangkakan.

“Insya Allah hari ini setelah rapat pleno dan pembahasan kedua Sentra Gakkumdu Kalsel,” ucap Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie kepada apahabar.com, Selasa (3/11) siang.

Rapat pleno sendiri digelar pada pukul 14.00 Wita. Di sana akan disimpulkan, apakah laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu ini akan dilanjutkan ke tahap penyidikan atau malah rontok.

“Pastinya sesuai unsur-unsur sebagaimana pasal yang disangkakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kalsel secara resmi menerima laporan terkait dugaan pelanggaran pemilu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel, Sahbirin Noor – Muhidin.

Pelapor sendiri atas bernama Jurkani. Ia sebagai tim divisi hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel nomor urut 2, Haji Denny – Haji Difri (H2D).

Jurkani melaporkan dugaan pelanggaran Pasal 71 ayat (3) UU Pilkada yang mengatur larangan gubernur menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Yang tidak kalah penting dari pelanggaran tersebut adalah sanksi diskualifikasi atau pembatalan petahana dalam kontestasi Pilkada sebagaimana diatur dalam Pasal 71 ayat (5) UU a quo.

Bawaslu Kalsel sudah memanggil sejumlah pihak terkait laporan dugaan pelanggaran tersebut. Termasuk terlapor dan sebagian pejabat Pemprov Kalsel.

Dikonfirmasi, Rifqinizamy Karsayudha selaku Ketua Tim Pemenangan BirinMu, sebutan paslon Sahbirin Noor-Muhidin buka suara.

“Kami menghormati proses yang berjalan dan akan menaatinya,” ujarnya via seluler.

Sebagai pengingat, paslon petahana juga sempat dilaporkan oleh pelapor yang sama atas dugaan pelanggaran Pemilu ke Bawaslu Kalsel, 5 Oktober silam.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

MK

Politik

Lusa, MK Gelar Sidang Putusan Sela Sengketa Pilbup Banjar 2020
apahabar.com

Politik

Kampanye Melanggar Prokes Covid-19 di Pilkada Banjar 2020, Siap-siap Dibubarkan
apahabar.com

Politik

Link Live Streaming Quick Count Hasil Pilgub Kalsel 2020, Sahbirin vs Denny
apahabar.com

Politik

Wiranto Siap Bertemu SBY Jelaskan soal Perusak Bendera Demokrat
apahabar.com

Politik

Pengamen Berharap Banyak pada Paslon Bupati dan Wakil Bupati Termuda di Tanah Bumbu
apahabar.com

Politik

Apa Kata AHY soal Politik Rel Ganda Demokrat?
apahabar.com

Politik

DPT Pilkada Serentak 2020 di Banjarmasin 448.175, Didominasi Pemilih Perempuan
apahabar.com

Politik

Liputan Kampanye Wajib Berimbang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com