Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

RAPBD 2021 HST Difokuskan pada 3 Aspek Kebijakan

- Apahabar.com Selasa, 10 November 2020 - 07:55 WIB

RAPBD 2021 HST Difokuskan pada 3 Aspek Kebijakan

Bupati HA Chairansyah menyampaikan RAPBD 2021 saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD HST, Senin (9/11)./Foto Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Bupati HA Chairansyah telah menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2021 ke DPRD Hulu Sungai Tengah (HST).

Dalam penyampaian Chairansyah ke DPRD secara garis besar, nota keuangan ini meliputi 3 aspek yaitu, kebijakan anggaran pendapatan, kebijakan pagu anggaran belanja dan kebijakan anggaran pembiayaan.

Pada RAPBD 2021, diterangkan Chairansyah, pagu belanja daerah sebesar Rp 1,195 triliun. Pagu ini masih didominasi belanja operasi, modal, tak terduga dan belanja transfer kepada pemerintah desa.

“Belanja operasi sebesar Rp855,756 miliar, belanja modal Rp 126,299 miliar, belanja tidak terduga Rp 18,0 miliar dan belanja transfer kepada pemerintah desa sebesar Rp 195,852 miliar,” papar bupati saat Rapat Paripurna Penyampaian RAPBD di DPRD HST, Senin (9/11).

Porsi terbesar dari belanja operasi, lanjut bupati, untuk belanja pegawai sebesar Rp 473,189 miliar, belanja barang jasa Rp 356,160 miliar, belanja hibah uang Rp 14,786 miliar dan belanja bantuan sosial sebesar Rp 11,619 miliar.

Kemudian pada belanja modal terdiri dari belanja modal tanah sebesar Rp 9,072 miliar, belanjar peralatan dan mesin Rp 13,220 miliar, belanja modal gedung dan bangunan Rp 16,534 miliar, belanja modal jalan, jaringan dan irigasi sebesar Rp 87,427 miliar.

Bupati HA Chairansyah menyerahkan berita acara penyampaian RAPBD 2021 HST kepada Ketua DPRD H Rachmadi, Senin (9/11)./Foto Prokom HST for apahabar.com.

Selain itu, untuk belanja modal aset tetap lainnya sebesar Rp 45 juta, pada belanja transfer terdiri dari belanja bagi hasil kepada pemerintah desa sebesar Rp 2,254 miliar dan bantuan keuangan kepada desa sebesar Rp 193,597 miliar.

Diterangkan Chairansyah, salah satu fungsi anggaran belanja adalah sebagai penggerak perekonomian daerah. Di samping sebagai fungsi penyelenggaraan pelayanan dasar bagi masyarakat.

Karena itu, menurut Chairansyah, perlu terus menerus melakukan perbaikan kualitas belanja daerah.

“Hendaknya setiap rupiah yang kita belanjakan tepat sasaran dengan tolok ukur kinerja yang jelas dan target yang terukur. Agar dapat memberikan efek yang besar pada pencapaian sasaran pembangunan 2021. Baik pada skala SKPD maupun daerah,” kata Chairansyah.

Dia menghendaki agar Pemkab dan DPRD menjadikan agenda RAPBD menjadi prioritas penyelesaian untuk mencapai kesepakatan menuju penetapan Raperda APBD HST.

Sebab, kata bupati, batas waktu terakhir untuk mencapai kesepakatan bersama antara Pemkab dengan DPRD HST terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2021 hanya sampai 30 Nopember 2020 ini.

“Saya yakin dengan kerjasama yang baik dan adanya kesepahaman serta saling mencari solusi terbaik atas permasalahan yang muncul pada saat pembahasan nantinya, kita bisa mencapai kesepakatan sebelum waktunya berakhir,” pungkas bupati.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD HST, H Rachmadi dengan didampingi Wakilnya, Taufik Rahman.

Turut hadir para anggota DPRD, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Inspektorat, Kepala Bapelitbangda, BPKAD dan uandangan lainnya.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Siap Jalankan UU Bawaslu
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Harapkan Peserta Berhasil Tempuh Tes SKD
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Makesta IPNU dan IPPNU, Wabup Berry: Harus Ada Kemajuan
Pasca Tragedi Minahasa, FKUB HST Deklarasi Jaga Kamtibmas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pasca Tragedi Minahasa, FKUB HST Deklarasi Jaga Kamtibmas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah Minta BLT-DD Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dongkrak Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah di HST, LHE 2019 Jadi Pemicu
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Penanggulangan Covid-19, Pemkab HST Sukseskan Grand Strategi Nasional
apahabar.com

HST

518 KK di LAU HST Terima Bantuan Langsung Tunai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com