Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Reklamasi Pascatambang Jadi Sorotan di Pilkada Banjar 2020

- Apahabar.com Selasa, 24 November 2020 - 22:30 WIB

Reklamasi Pascatambang Jadi Sorotan di Pilkada Banjar 2020

Debat Publik Pilkada Banjar 2020. Foto-Tangkapan layar TVRI Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengawasan reklamasi dan pascatambang juga menjadi sorotan dalam debat Pilkada Banjar 2020, Selasa (24/11) malam. Menariknya, ketiga paslon memiliki jawaban berbeda saat menyampaikan langkah konkrit untuk mengatasi masalah tersebut.

Paslon 01 H Saidi Mansyur menyebut pertambangan menjadi urusan pemerintah pusat dan provinsi. Terkait jaminan reklamasi, juga telah dilaksanakan oleh pihak perusahaan sebelum melakukan produksi tambang.

“Karena kabupaten tidak mendapatkan pekerjaan lagi, kami menginginkan di sisi lainnya. Melalui dinas terkait kita menggerakkan kegiatan menanam dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga alam,” papar Saidi.

Sementara paslon 02, DR Andin Sofyanoor, menekankan undang-undang dengan konsekuensi pidana sebagai bentuk menjaga kelestarian. Sehingga generasi mendatang menyadari bahwa pertambangan tidak memiliki banyak manfaat.

“Saya mengusulkan mengajak semua penambang duduk bersama. Membangun kepahaman dan komitmen atas apa yang sudah mereka lakukan. Apalagi kita tahu lubang-lubang itu menimbulkan malapetaka ke depan,” imbuh Andin.

Jawaban berbeda dilontarkan oleh Paslon 03 H Rusli. Dia menyebut, lubang tambang yang ada saat ini adalah bekas peninggalan pada masa 1996-1997-an.

“Reklamasi itu dalam satu hektar, Rp100 juta jaminannya. Kubangan-kubangan itu bukan peninggalan zaman sekarang, tetapi zaman 1996-1997 yang belum legalitas oleh pemerintah, ” jawab Rusli

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Denny Minta Hasil Kajian Dugaan Pelanggaran, Bawaslu Tantang Lewat Peradilan!
apahabar.com

Politik

Saidi Mansyur: BNN Sudah Diupayakan Hadir di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Politik

Poros Ketiga Pilwali Banjarbaru, PKB Minta Saran Ulama
apahabar.com

Politik

Selisih Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Semakin Rapat
apahabar.com

Politik

PKS Hormati Pertemuan Jokowi dengan Prabowo dan SBY

Politik

AnandaMu Komitmen Selesaikan Banyaknya Persoalan Warga di Kota Banjarmasin
Banjir Kalsel

Politik

Pilgub Kalsel: Menang Telak di Kandang, Intip Respons Denny Indrayana
apahabar.com

Kalteng

Pilgub Kalteng 2020, PDIP Resmi Usung Sugianto Sabran-Edy Pratowo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com