Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Respon Keputusan Jokowi, Kaltim Segera Terbitkan SE Libur Nasional 9 Desember

- Apahabar.com Sabtu, 28 November 2020 - 23:43 WIB

Respon Keputusan Jokowi, Kaltim Segera Terbitkan SE Libur Nasional 9 Desember

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 digelar 9 Desember ditetapkan sebagai hari libur nasional. Foto-net

apahabar.com, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera merespon keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait libur nasional pada 9 Desember 2020 nanti.

Seperti diketahui, pada tanggal itu akan digelar Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim, M Syahranuddin mengatakan gubernur akan segera menindaklanjuti keputusan tersebut dengan menerbitkan surat edaran ke seluruh kabupaten/kota.

“Setelah adanya keputusan pemerintah pusat menerbitkan aturan libur nasional di Pilkada Serentak Tahun 2020, Gubernur Kaltim segera menerbitkan surat edaran ke kabupaten dan daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak,” kata Syafranuddin seperti dilansir Antara, Sabtu (28/11).

Seperti diketahui, Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional.

Dalam Keppres tersebut tertera penetapan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak.

Menurut Safranuddin hari libur nasional pada 9 Desember tersebut harus benar-benar dimanfaatkan masyarakat yang punya hak pilih untuk menyalurkan pilihannya di TPS.

Hal serupa, jelasnya, berlaku juga bagi perusahaan. Selain meliburkan karyawannya, ujar pria yang kerap disapa Ivan ini, manajemen perusahaan diharapkan menyediakan angkutan bagi karyawan dan keluarganya untuk ke TPS.

Berdasarkan pengalaman, terangnya, sejumlah pemukiman atau mess karyawan tidak ada TPS terlebih saat ini perusahaan melakukan isolasi ketat menghindari terjadinya penyebaran virus corona.

Disebutkan pada tahun 2020, ada sembilan daerah menggelar Pilkada yakni Samarinda, Kukar, Kubar, Mahulu, Bontang, Kutim, Berau, Paser dan Balikpapan.

“Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kaltim. Karenanya semua pegawai Pemprov Kaltim diliburkan juga, sebab sebagian besar terdiri warga Samarinda,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Akses Keluar Masuk Kutai Timur Diperketat
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Menuju Ibu Kota Negara, Wagub: Tak Mudah Pindahkan 1,5 Juta Pegawai
apahabar.com

Kaltim

Bupati AGM: Jembatan Tol Teluk Balikpapan-PPU Wajib dan Harus Dibangun
apahabar.com

Kaltim

Polres PPU Bentuk Tim Pantau Peredaran Narkoba di Tabun Baru
apahabar.com

Kaltim

Darurat Covid-19, Perbatasan Kaltim-Kalsel Diperketat
apahabar.com

Kaltim

17 April Libur Nasional, Wagub Hadi: Bukan untuk Berwisata tapi Nyoblos
apahabar.com

Kaltim

Identitas Korban Kebakaran Penajam Banyak Hilang, Pemkab Turun Tangan
apahabar.com

Kaltim

Tes SKB CPNS Kutim Kembali Digelar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com