Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru Viral Jembatan Alalak II Patah Akibat Macet Parah, Cek Faktanya Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif

Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

- Apahabar.com Senin, 30 November 2020 - 20:30 WIB

Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Pemandangan Bendungan Tapin dari udara oleh Penanggung Jawab Bendungan Tapin, Amir Rahman untuk apahabar.com. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Plt. Gubernur Kalsel H. Rudy Resnawan mengatakan Kabupaten Tapin memiliki potensi tinggi di bidang energy terbarukan, pertanian, dan pariwisata.

Hal itu disampaikannya pada siaran virtual Diskominfo Tapin dalam rangkaian peringatan HUT Kabupaten tersebut ke-55, Senin (30/11).

Menurut Rudy, Tapin saat ini sudah mempunyai komoditas unggul di bidang pertanian dan ketahanan pangan. Setelah rampungnya pembangunan bendungan Tapin beserta infrastruktur pendukung, dia melihat potensi kabupaten Tapin semakin bertambah.

Potensi itu adalah penghasil energi terbarukan dari PLTA, sumber air baku, pengendali banjir dan pariwisata yang dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat lokal.

Lebih lanjut, usai mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Tapin yang ke 55 Tahun, Rudy meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat Tapin untuk selalu bersinergi dan meningkatkan kebersamaan dalam pembangunan.

“Senergitas antara pemerintah dan masyarakat hanya dapat dibangun dengan membangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah dan dengan itu potensi daerah dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan Kabupaten Tapin,” ucapnya.

Di umur Tapin yang ke-55 tahun, Rudy mendoakan kabupaten tersebut dapat bertumbuh dengan maksimal.

“Semoga Kabupaten Tapin dapat meningkatkan akselerasi pembangunan dan memaksimalkan potensi daerah demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Terpisah, kata Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) Bendungan Tapin, Amir Rahman mengatakan bahwa fisik bendungan tapin dalam tahap akhir, yaitu pemasangan peralatan hidromekanikal dan berbarengan dengan proses pemantauan bendungan yang dilaksanakan sampai April 2021.

“Pengeporasian itu maksudnya peralatan hidromechanical itu sudah siap dioperasikan,” ujarnya, Senin (30/11).

Hasil laporan masa pemantauan akan dikirimkan ke PUPR RI untuk dianalisis. Kapan waktunya? Tergantung intruksi PUPR RI untuk melakukan uji kelayakan operasi oleh KKB.

“Menunggu jadwal. Tergantung Komisi Keamanan Bendungan, biasanya ada yang setahun, ada yang 8 bulan, kan Proyek Strategis Nasional (PSN) banyak. Kita menunggu giliran. Namun tetap di Tahun 2021 apabila kondisi bendungan bagus semua,” kata Amir.

“Alhamdulillah masih baik. Instrumen masih normal tidak ada anomali,” tambahnya.

Terkait pemanfaatan irigasi untuk pengairan pertanian dan air baku serta PLTA pemasok listrik, kata Amir, itu adalah proyek premium, proyek penunjang bendungan.

“Segala sesuatu untuk bendungan dalam proses pelengkapan dan finishing sambil dilakukan pemantauan dan pengawasan untuk kemudian dilaporkan ke kami setiap perkembangan,” jelasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tapin

10 Tahun Tak Diperbaiki, Pembangunan Jalan di Tapin Dikaji Ulang
apahabar.com

Tapin

HUT Tapin ke-55, Bank Kalsel Bagi-Bagi Perlengkapan Salat untuk Peserta Nikah Massal
Tapin

Tapin

PT. BMB Blok Dua Serahkan Beasiswa Ratusan Juta untuk Pelajar Tapin
excavator

Tapin

Excavator Terseret Longsor di Tapin, Operatornya Tewas
apahabar.com

Tapin

Gelar Diskusi Daring, Pelajar Nahdatul Ulama Antisipasi Paham Radikal
apahabar.com

Tapin

4 Bulan Sepi Job, PSST Menemukan Titik Terang
apahabar.com

Tapin

Tak Perlu ke Banjarmasin, Warga ‘Banua Anam’ Bisa Urus Paspor di Tapin Bulan Depan
Tambang

Tapin

Masih Misteri, Penyebab Jebolnya Tanggul Eks Lubang Tambang Batu Bara di Tapin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com