Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas

Sambut Libur Panjang, Satgas Covid-19 Ingatkan Penerapan Prokes

- Apahabar.com Sabtu, 21 November 2020 - 21:34 WIB

Sambut Libur Panjang, Satgas Covid-19 Ingatkan Penerapan Prokes

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kalsel, HM Muslim. Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang libur panjang di akhir tahun 2020, pemerintah terus menghimbau untuk memperketat protokol kesehatan di ruang publik. Termasuk menyoroti aktivitas liburan di tempat wisata.
“Kalau wisata dalam konteks terbatas atau terbuka, sepanjang protokol kesehatannya dapat dikendalikan. Tidak apa-apa,” ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dihubungi apahabar.com melalui sambungan telepon, Sabtu (21/11) sore.

Ditegaskannya, sejumlah lokasi wisata masih belum mendapat rekomendasi satgas Covid-19 untuk beroperasional. Izin diberikan secara bertahap oleh pemerintah setempat.
“Dengan kondisi ini tidak serta merta dibuka, jadi bertahap. Yang mengajukan juga saya tidak tahu berapa persisnya, karena kewenangan kabupaten/kota,” ujar Muslim

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus, Satgas Covid-19 Kalsel terus gencar melakukan pelacakan terhadap suspek terduga. Menurut Muslim, ini salah satu upaya dalam memutus penularan virus Corona di Kalsel.
“Kita antisipasi dengan upaya-upaya tracing, persiapan fasilitas pelayanan dan segala macam. Itu selalu kita siapkan kalau terjadi lonjakan kasus,” pungkas Muslim

Hal yang sama juga telah disampaikan oleh Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Wiku Adisasmito. Dia menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam masa liburan.
“Apabila tidak mematuhi protokol kesehatan, sehingga kasusnya meningkat, maka tentu ada konsekuensi terhadap keputusan yang diambil pemerintah terkait masa libur akhir tahun,” kata Wiku dalam siaran persnya melalui kanal youtube Sekretariat Presiden.

Dia berharap, pengalaman masa libur sebelumnya selama pandemi dapat menjadi bahan evaluasi bagi masyarakat dan pemerintah dalam memutus mata rantai penularan.

“Terlepas diberlakukan, dipersingkat atau ditiadakan libur akhir tahun, keputusan yang diambil adalah upaya melindungi masyarakat dari potensi penularan Covid-19,” ujar Wiku.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

VIDEO: Bernuansa Politis, Mahasiswa Walk Out dari Aksi Save Meratus

Kalsel

Angkasa Pura I Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Hujan Dominasi Prakiraan Cuaca di Kalsel untuk Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Saat Hujan Deras, Banjarmasin Rawan Pohon Tumbang!
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: 6 Sembuh, Hanya 1 Positif
apahabar.com

Kalsel

Nasib Jukir Liar Banjarmasin yang Diborgol karena Nekat Lompat dari Mobil Patroli

Kalsel

Puluhan Kucing Diduga Dibantai di Banjarmasin, Macan Kalsel Bereaksi
Banjir

Kalsel

Terputus Saat Banjir, Jalan Takisung-Pagatan Besar Tala Kini Tersambung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com