H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

PAD Balangan Tahun 2020 Melebihi Target

- Apahabar.com Rabu, 25 November 2020 - 15:07 WIB

PAD Balangan Tahun 2020 Melebihi Target

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Balangan, Tamrin. Sumber: istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Balangan dilaporkan melebihi target pada tahun 2020 ini.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Balangan, Tamrin, Rabu (25/11).

“Dari target PAD Kabupaten Balangan pada tahun 2020 yakni berkisar Rp 66 miliar, saat ini realisasinya mencapai 104 persen. Yaitu jatuh pada kisaran angka Rp 69 miliar,” ujar Tamrin.

Ada peningkatan terhadap target yang ditetapkan. Hal itu sebutnya berkat dukungan para pegawai BKD Kabupaten Balangan yang akan terjun langsung dalam melakukan pendataan terhadap wajib pajak.

“Ada dua sumber pemasukan yang saat ini diterima Pemkab Balangan, yakni pajak dan retribusi. Namun kami lebih meningkatkan terhadap pajaknya,” ucap Tamrin.

Dari dua sumber pemasukan yang ada, saat ini hasil retribusi mencapai Rp 10 miliar. Sisanya pendapatan bersumber pajak dari total Kisaran Rp 69 miliar.

Sedikitnya, ada 11 objek pajak yang menjadi pendapatan daerah bagi Pemkab Balangan. Di antaranya pajak restoran yang mendominasi pendapatan. Kemudian mineral bukan logam dan batuan (galian C), serta PBB.

Sumber pajak lainnya yaitu hotel, hiburan, penerangan jalan, pajak parkir, pajak sarang burung walet, pajak air tanah dan BPHTB.
Dalam peningkatan pajak itu pula jelas Tamrin, pihaknya membuat beberapa trik untuk wajib pajak. Dilakukan pula pembenahan data pajak yang ada di BKD Kabupaten Balangan. Di antaranya untuk PBB.

Kebijakan BKD Kabupaten Balangan ucap Tamrin ialah untuk mempertajam pemasukan dari pajak. Sementara untuk retribusi diminimalisir untuk mengurangi beban masyarakat.

Melalui pajak pula ucap Tamrin dapat menjadi indikator kemampuan ekonomi dari masyarakat. Baik itu perorangan atau lainnya. Tentunya dengan syarat yang memenuhi kualifikasi wajib pajak.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Balangan

Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Digelar
Haniyung

Balangan

Kelompok Tani Pulau Haniyung Berhasil Budidayakan Jamur Merang
Pertanian

Balangan

Dinas Pertanian Balangan Usulkan Penambahan Pupuk Bersubsidi

Balangan

Menjelang New Normal, Polisi di Balangan Gencarkan Patroli
apahabar.com

Balangan

Plt Gubernur dan Tim Satgas Covid-19 Pemprov Kalsel Kunjungi Balangan
apahabar.com

Balangan

Didaulat Jadi Khatib di Masjid Darul Muhajirin, Ansharuddin Sampaikan Keteladanan Rasulullah SAW
apahabar.com

Balangan

Pimpin BPC HIPMI Balangan, Erwan Rusadi Fokus Bangun UMKM
apahabar.com

Balangan

Pemkab Balangan Berencana Bangun Lembaga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com