Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

Telepon Perdana Biden, Hubungi 3 Pimpinan Negara Kunci di Asia-Pasifik

- Apahabar.com Kamis, 12 November 2020 - 17:42 WIB

Telepon Perdana Biden, Hubungi 3 Pimpinan Negara Kunci di Asia-Pasifik

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden melakukan telepon perdananya dengan menghubungi 3 pimpinan negara kunci di Asia-Pasifik. Foto-Antara

apahabar.com, NEW YORK– Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan panggilan telepon pertamanya kepada 3 pimpinan negara kunci aliansi AS di kawasan Asia-Pasifik, Kamis (11/11).

Panggilan telepon perdana Biden masing-masing kepada pemimpin Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Dengan pemimpin ketiga negara itu, Biden menegaskan rencana kerja sama erat untuk menangani sejumlah isu regional dan global.

Tiga pemimpin negara kunci aliansi AS di kawasan Asia-Pasifik itu –Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison– bergabung dengan pemimpin dunia lain yang mengakui kemenangan Biden.

Di sisi lain, Donald Trump, presiden AS saat ini yang diprediksi gagal melanjutkan periode kedua jabatannya, belum mengakui bahwa ia kalah dari Biden dalam pilpres 3 November.

Proyeksi kemenangan Biden muncul di tengah situasi pengaruh China secara ekonomi dan militer yang menguat di kawasan, juga setelah sekian kali dalam beberapa tahun terakhir hubungan China dan AS serta sekutu-sekutunya di Asia mengalami ketegangan di bawah pemerintahan Trump. Terutama menyangkut masalah perdagangan, pertahanan, dan lingkungan.

Kantor Biden menyebut bahwa semua pihak yang terlibat dalam panggilan telepon itu menyatakan keteguhan mereka untuk dapat menjalin hubungan bilateral serta menanggulangi masalah global bersama. Antara lain mengenai pandemi Covid-19 dan perubahan iklim.

PM Suga juga memberikan keterangan bahwa ia berbicara melalui sambungan telepon dengan Biden dan mengonfirmasi pentingnya ikatan bilateral antara Jepang dan AS.

“Presiden terpilih Biden mengatakan bahwa ia berharap dapat memperkuat aliansi AS-Jepang serta bekerja bersama untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Suga kepada wartawan, dalam komentar terpisah di Kantor Perdana Menteri.

Sejumlah pemimpin negara besar dunia, seperti Inggris, Prancis, dan Jerman, telah menyampaikan ucapan selamat kepada Biden atas kemenangannya, sementara China dan Rusia belum melakukannya.

Kepada Presiden Moon, Biden menegaskan komitmen AS untuk bersama Korea Selatan dan mengatakan negara itu sangat penting. “Kunci untuk keamanan dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik,” kata juru bicara Moon, Kang Min-seok.

“Presiden Moon meminta terjalinnya kerja sama pembangunan berorientasi ke depan dalam aliansi bilateral, serta denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea,” ujarnya.

“Presiden terpilih Biden menyebutkan bahwa ia akan bekerja sama dengan erat untuk menyelesaikan isu nuklir Korea Utara,” lanjut Kang.

Sebelumnya, Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji akan bekerja untuk menyasar denuklirisasi dalam pertemuan mereka pada 2018, namun belum ada kemajuan terkait janji itu.

Biden sendiri menyebut dirinya tidak akan bertemu dengan Kim tanpa ada prasyarat.

Sementara itu, pembicaraan Biden dengan PM Morrison menyangkut teknologi pengurangan emisi, namun mereka tidak membahas target netralitas karbon 2050.

“Saya dan presiden terpilih Biden mengangkat kesamaan antara komentarnya dengan kebijakan tentang teknologi pengurangan emisi bahwa kita perlu untuk mencapai hal itu, dan kami menantikan kesempatan untuk menggarap bersama masalah-masalah tersebut,” kata Morrison kepada wartawan di Canberra.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Pipa Gas di Irak Meledak, 2 Tewas dan 51 Lainnya Terluka
apahabar.com

Internasional

24 Jam Usai Pencoblosan, Hasil Penghitungan Suara Pilpres AS Belum Final
apahabar.com

Internasional

Lindungi Anak dari Bahaya Internet, China Revisi UU
apahabar.com

Internasional

Karantina Diperpanjang, Beijing Temukan Virus Corona Lebih Ganas dari Temuan Wuhan
Covid-19

Internasional

Abaikan Covid-19, Diprediksi Jutaan Warga AS Tetap Berlibur Thanksgiving
apahabar.com

Internasional

Ledakan Hebat di Lebanon, Prajurit TNI dari Kalsel Aman

Internasional

UPDATE Hasil Pilpres Amerika Serikat, Biden 238 Suara Elektoral, Trump 213, Sisa 7 Negara Bagian!
apahabar.com

Internasional

Dimenangi Joe Biden, Gedung Putih Pastikan Menerima Hasil Pilpres AS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com