KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut

Tingkatkan Kompetensi Tim Balakar di Desa Binaan, Indocement Gelar Pelatihan

- Apahabar.com Kamis, 5 November 2020 - 20:24 WIB

Tingkatkan Kompetensi Tim Balakar di Desa Binaan, Indocement Gelar Pelatihan

Indocement saat menggelar pelatihan kompetensi tim Balakar desa binaan. Foto-Agus for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Meningkatkan kompetensi petugas pemadam kebakaran di desa binaan, Tim Safety dan CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun kembali memberikan pelatihan pemadaman kebakaran.

Pelatihan pemadaman kebakaran itu diikuti puluhan warga yang tergabung dalam kelompok Bantuan Laskar Kebakaran (Balakar) di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir.

Tujuannya, untuk memberdayakan masyarakat desa agar lebih tanggap terhadap bencana. Khususnya bencana kebakaran yang sering terjadi di saat musim kemarau.

Pelatihan itu digelar selama satu hari di Balai Desa Tegalrejo, belum lama tadi.

Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin, mengucapkan terima kasih kepada Indocement atas diselenggarakannya pelihatan tersebut.

Johan berharap, pelatihan tersebut apat menumbuhkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya kebakaran.

Tim Balakar Desa Tegalrejo, diharapkan dapat menjadi pusat penanganan bencana kebakaran bagi masyarakat di Kelumpang Hilir.

Selain itu, camat juga mengimbau agar warga tidak membiasakan membakar sampah sembarangan serta tidak membuang puntung rokok serta melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Kita semua harus waspada. Sebab, kalau sudah terjadi kebakaran berimbas kerugian pada materi, korban luka hingga meninggal,” ujar Johan di sela pembukaan pelatihan.

Sementara, SHE & CSR Department Head PT Indocement Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan pelatihan merupakan bagian dari program CSR untuk tanggap darurat bencana.

Dia berharap, masyarakat melalui tim balakar di desa dapat mulai mengenali potensi yang dapat menimbulkan bencana, sosialisai penanganan keadaan darurat serta melakukan tindakan penanganan pada saat terjadi keadaan darurat.

“Semoga pelatihan bisa memberi manfaat, meningkatkan kompetensi tim Balakar untuk mengantisipasi, dan menangani bencana kebakaran di pedesaan,” harap Teguh.

Sebelumnya, sudah ada dua desa mitra yang mendapatkan pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran yaitu Desa Tarjun dan Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

Ciptakan Pilkada Sejuk, Polres Kotabaru Gelar Deklarasi Damai
apahabar.com

Kota Baru

Update Covid-19 Kotabaru: 14 Sembuh, 3 Positif
apahabar.com

Kota Baru

Kasus Positif Covid-19 di Kotabaru Bertambah, Sekda Minta Warga Jangan Lengah
apahabar.com

Kota Baru

Peduli Pendapatan Wong Cilik, Polres Kotabaru Bagikan Ratusan Nasi Bungkus
apahabar.com

Kota Baru

Bagi-Bagi Daging Kurban, Sayed Jafar Datangi Rumah Warga
apahabar.com

Kota Baru

Baru Sebulan Menjabat, Dandim Kotabaru Dukung Pengembangan Sektor Pertanian
apahabar.com

Kota Baru

Kasus Positif Covid-19 di Pulau Laut Kotabaru Meningkat, 246 Orang Terpapar
apahabar.com

Kota Baru

Realisasi APBN Kotabaru-Tanbu Capai Rp396,2 M
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com