Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

Transaksi Sementara ISEF 2020 Capai Rp 5,30 Triliun

- Apahabar.com     Minggu, 1 November 2020 - 00:43 WITA

Transaksi Sementara ISEF 2020 Capai Rp 5,30 Triliun

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat menghadiri kickoff 7th ISEF 2020 secara virtual. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Festival Ekonomi Syariah Indonesia (ISEF) VII membukukan transaksi sementara sebesar Rp 5,03 triliun selama pelaksanaan festival tahunan itu pada 7 Agustus-31 Oktober 2020.

“Nilai ini pasti akan berkembang karena kami masih membuka ekspo virtual sampai Desember 2020,” kata Kepala Departemen Ekonomi Syariah Bank Indonesia (BI) Anwar Bashori pada penutupan ISEF VII secara virtual di Jakarta, Sabtu (31/10) dilansir Antara.

Menurut dia, transaksi itu terkumpul dari kesepakatan pembiayaan, komitmen transaksi pelaku bisnis, dan transaksi ritel dari pelaku bisnis hingga konsumen, serta komitmen wakaf produktif.

Dengan demikian, lanjut dia, transaksi tidak hanya komersial tapi juga aspek keuangan syariah dengan adanya komitmen wakaf produktif.

Ia mengharapkan perolehan transaksi itu dapat memberikan semangat dan optimisme dunia usaha di tengah pandemi Covid-19 khususnya bagi 777 pelaku usaha syariah yang mengikuti pameran produk halal.

Untuk pertama kalinya, festival ekonomi dan keuangan syariah itu diadakan secara virtual memanfaatkan teknologi digital karena pandemi.

Meski begitu Bank Indonesia mengaku penyelenggaraan tahun ini justru meningkat baik dalam hal pengunjung hingga agenda yang diadakan selama berlangsungnya festival.

Deputi Gubernur BI Sugeng yang menutup festival tersebut mengatakan dari segi agenda, tahun ini meningkat mencapai 211 kegiatan dibandingkan tahun sebelumnya hanya 27 agenda.

Adapun agenda itu di antaranya seminar daring, lokakarya, pertemuan bisnis, pelatihan bisnis hingga forum diskusi.

Sedangkan jumlah pengunjung juga meningkat pesat tahun ini mencapai 431 ribu pengunjung melalui kanal Youtube, Zoom hingga Instagram, dibandingkan tahun sebelumnya berkisar 40 ribu yang diadakan secara fisik.

“Biaya juga menurun signifikan tapi manfaatnya luar biasa,” katanya.

Akses digital juga membuka peluang lebih luas bagi pengunjung karena adanya platform ISEF virtual yang dihadiri 166 ribu pengunjung dari 93 negara.

“ISEF mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. ISEF juga sudah mendapat pengakuan dunia internasional,” ujar Sugeng.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Aidi Pelihara Koi, Eh Jadi Hoki
apahabar.com

Ekbis

Pasar Respon Positif Perpanjangan PSBB Jakarta, Rupiah Ditutup Stagnan
apahabar.com

Ekbis

Samsung Kembangkan Jaringan 5G untuk Mobil Terhubung
apahabar.com

Ekbis

HUT Ke-75 RI, Telkomsel Percepat Akselerasi Negeri
Festival Belanja Online

Ekbis

Festival Belanja Online 12.12, Xiaomi Berikan Penawaran Menarik
apahabar.com

Ekbis

NASA Temukan Galaksi Kanibal, Apakah Bumi Terancam ?
apahabar.com

Ekbis

Mau Jadi Pengusaha Tangguh di Masa Pandemi? Intip Kiat Jitu Ketum Hipmi
apahabar.com

Ekbis

Uniknya Pasar Tungging, Pasar Rakyat Khas Warga Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com