Rusia-Saudi Belum Sepakati Durasi Pengurangan Produksi Minyak Mobil Terbelah dan Terbakar Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen Latihan Dasar Pramuka di HST, Petakan Daerah Rawan Bencana Bupati Arifin Arpan Minta Maaf, Tak Ada Arakan Pengantin di HUT Tapin

UMKM Pemula Wajib Tahu, Ini Kiat Sukses Jualan Online

- Apahabar.com Jumat, 20 November 2020 - 15:20 WIB

UMKM Pemula Wajib Tahu, Ini Kiat Sukses Jualan Online

Ilustrasi. Foto-Brilio.net

apahabar.com, JAKARTA – E-commerce Tokopedia membagikan sejumlah kiat penting agar UMKM pemula atau baru mampu meraih kesuksesan ketika berjualan secara daring atau online.

“Ketika kami bertemu dengan UMKM-UMKM pemula atau baru, terutama UMKM makanan dan minuman, saran-saran yang biasa kita lakukan adalah pastikan pelaku UMKM itu mengetahui dan memahami brand proposition dan unique selling point dari produk yang ditawarkan,” ujar Head of Product Marketing Tokopedia Olivia Kurniawati dalam diskusi daring Marketing Talk yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, pelaku UMKM pemula juga perlu mengidentifikasi target pasar mereka, kemudian melakukan pemetaan terhadap kompetitor yang ada.

Berkaitan dengan metode pemasaran apa yang harus digunakan dan kanal digital apa yang harus dipakai? Olivia menyarankan agar pelaku UMKM baru mencoba semua kanal digital dalam melakukan pemasaran.

“Hal itu penting karena kita tidak tahu kanal digital mana menarik para costumer, jadi saya menyarankan kepada UMKM pemula untuk mencoba semuanya supaya kita mengetahui kanal mana yang lebih efektif dalam melakukan digital marketing dan kanal-kanal tersebut harus saling menunjang,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Biasanya kalau melihat dari sudut pandang konsumen, kata Olivia, UMKM pemula perlu memahami produk mana yang akan dibeli dan bagaimana perjalanan konsumen hingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

“Menurut saya sebelum UMKM pemula menggunakan iklan, biasanya saya selalu menyarankan adalah UMKM pemula perlu membangun kepercayaan atau trust dulu dengan customer,” ujar Olivia.

Sedangkan untuk penawaran dan penjualan di sosial media seperti Instagram, Olivia menyarankan kepada UMKM pemula untuk mengirimkan produk kepada lingkungan terdekat seperti keluarga, teman kantor, teman sekolah, tetangga, atau rekanan, secara gratis agar mereka bisa mencoba sehingga dapat memberikan referensi serta rekomendasi kepada rekan-rekan mereka lainnya.

“Jadi modal kita mungkin sebatas harga modal dari produk yang kita jual, agar keluarga dan rekanan kita memberikan referensi di e-commerce atau sosial media tempat produk UMKM pemula itu ditawarkan sehingga ketika diiklankan audience yang melihatnya dapat mengetahui review positif untuk produk tersebut,” katanya.

Dengan demikian konsumen kemudian percaya dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut usai membaca review positif.

“Hal-hal ini yang menurut saya harus dipikirkan sebelum UMKM pemula melakukan investasi pada iklan atau advertising,” ujar Head of Product Marketing Tokopedia tersebut.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Ketika Kaltara Memacu Pembangunan via Transportasi Udara
apahabar.com

Ekbis

Wow, Ini Pendapatan Youtube dari Iklan Sepanjang 2019
apahabar.com

Ekbis

Hari Pelanggan Nasional, Promo Menarik di Telkomsel
apahabar.com

Ekbis

IHSG Ditutup Melemah Pasca Aksi Demonstrasi Ricuh
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Tambah Stok Elpiji Kalimantan untuk Natal dan Tahun Baru
apahabar.com

Ekbis

Sri Mulyani: Indonesia Waspadai Dampak Pemakzulan Trump
apahabar.com

Ekbis

Kiai Ma’ruf Amin Targetkan Indonesia Produsen Halal Terbesar di Dunia pada 2024
apahabar.com

Ekbis

Wabah Corona, Kawasan Ekonomi China Jadi Sepi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com