Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen Latihan Dasar Pramuka di HST, Petakan Daerah Rawan Bencana Bupati Arifin Arpan Minta Maaf, Tak Ada Arakan Pengantin di HUT Tapin Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024 Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021

Vaksinasi Molor, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19 Kalsel

- Apahabar.com Sabtu, 21 November 2020 - 18:20 WIB

Vaksinasi Molor, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19 Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Program vaksinasi Covid-19 terancam molor dari rencana awal yaitu pada November 2020. Hingga pekan ketiga, pemerintah Kalimantan Selatan belum mendapat keterangan resmi kapan pendistribusian vaksin akan dilakukan.

“Belum ada petunjuk tambahan, jadi tunggu saja,” kata Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim saat dihubungi melalui sambungan suara, Sabtu (21/11) sore.

Namun diungkapkan Muslim, dalam waktu dekat akan ada pertemuan bersama Menteri Kesehatan untuk membahas masalah pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia, termasuk Kalsel.

“Insya Allah minggu depan sudah mulai ada pembahasan terkait penyusunan draft yang berkaitan dengan pelaksananaan dan ketentuan-ketentuan,” terangnya

Sebagai pengingat, Kalsel mengusulkan sekitar 27 ribu tenaga kesehatan (nakes) untuk diprioritaskan dalam uji vaksin kali ini. Dalam tahapannya, pendataan dengan melakukan tes PCR pada nakes serta satpol PP dan TNI/Polri.

“Kita sudah mendata itu. Memang saat ini sedang dimutakhirkan, data yang ada selalu diupdate terus,” beber Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Untuk perkembangan lainnya, Muslim mengatakan untuk menunggu arahan dari pemerintah pusat. Pemprov Kalsel ujarnya berupaya untuk melakukan persiapan agar lebih optimal dalam pelaksanaan nanti.

Secara teknis, Muslim menyampaikan pendistribusian hampir sama seperti vaksin pada umumnya, yang membedakannya hanyalah penyesuaian dalam masa pandemi seperti saat ini.

“Seperti biasa. Didrop dari pusat, kemudian dilakukan penyimpanan, pendistibusian dan pelaksanaan. Dalam konteks pandemi, ada beberapa hal yang perlu disikapi dan disesuaikan. Karena harus berjaga jarak,” pungkas Muslim.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

EKSKLUSIF: Sosok Maulida, Anak Pembantu Mendadak Kaya karena Narkotika
apahabar.com

Kalsel

Nilai Tukar Pertanian Turun, Bulog Target Serap Lebih Banyak
apahabar.com

Kalsel

Aktivitas PT TAL Disetop Sementara
apahabar.com

Kalsel

Hindari Kemacetan, Dishub Siap Amankan Parkir Liar di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Bersahabat, Warga Kalsel Bisa Bebas Liburan
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 18 Juli: Kasus Baru Masih Ratusan
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Kalsel, Gerindra Hati-Hati Tetapkan Calon Jagoan
apahabar.com

Kalsel

Gudangnya Ludes Terbakar, Danlanal Kotabaru Santuni OPIN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com