Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Warno Tak Bisa Berobat Gratis, Cuncung Siap Kembalikan Program MHM

- Apahabar.com Senin, 9 November 2020 - 17:07 WIB

Warno Tak Bisa Berobat Gratis, Cuncung Siap Kembalikan Program MHM

Syafruddin H Maming. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Sudah dua bulan lamanya Warno terbaring sakit di kediamannya, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Mengetahui adanya program berobat gratis milik Pemkab Tanah Bumbu, oleh warga Warno pun dirujuk ke RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor, Senin (09/11).

Bermodal E-KTP, sesampainya di RSUD ternyata Warno tak bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan terkecuali di Poliklinik.

Terlebih menurut petugas di RSUD, jika ingin berobat gratis hanya bermodal E-KTP harus ada surat rekomendasi dari kepala desa setempat.

Surat rekomendasi dimaksud adalah surat keterangan miskin, dan surat rujukan dari Puskesmas.

Dengan sekelumit persoalan itu Warno pun terpaksa dilayani sebagai pasien umum yang harus membayar dengan biaya sendiri.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H Setia Budi tak menampik jika pelayanan gratis memang dulu ada.

“Untuk yang menggunakan E-KTP itu ada dananya [total anggaran] sebesar Rp6 miliar,” jelasnya.

Di APBD perubahan tahun ini ditambahkan lagi dana pendamping sebesar Rp4 miliar atau yang diistilahkan sebagai dana saving. Dana darurat digunakan bagi warga yang berobat di luar dari kepesertaan BPJS.

Menurut Zainal, Kabid Dinkes Tanah Bumbu, dana pendamping tersebut bahkan masih ada sekitar Rp4 miliar hingga Rp6 miliar.

Namun begitu nyatanya program tersebut belum mampu dirasakan Warno. Dua bulan lamanya ia hanya bisa tergolek lemah di rumah.

Soal ini, Syafruddin H Maming (SHM) menyatakan bakal mengembalikan program gratis yang dulu dicanangkan oleh bupati 2010-2018 Mardani H Maming (MHM). MHM tak lain adik daripada Cuncung sapaan karib SHM.

“Waktu adik saya menjabat bupati, program Jamkesda yang digagas sangat membantu masyarakat, cukup dengan hanya membawa KTP maka sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis. Jadi jika saya pemimpinnya maka pengobatan gratis ini akan terus dilanjutkan,” ujar Cuncung.

Menurut Cuncung apa yang menimpa Warno seharusnya tidak terjadi. Hal itu juga cukup disayangkan oleh Mardani H Maming.

“Jadi jika bapak ibu masih ingin merasakan program pengobatan gratis, maka menangkan pasangan SHM-MAR (sebutan paslon Syafruddin H Maming-Alpiya Rahman) ini, dan saya jamin program ini berjalan seperti yang diharapkan kita semua,” tandas Mardani H Maming saat berkampanye di hadapan ratusan warga Desa Sari Mulya Kecamatan Sei Loban, Senin (09/11).

Sementara Jurkam SHM-MAR, Burhansyah juga mengingatkan agar warga tak menukar program pengobatan gratis hanya dengan iming-iming ratusan ribu rupiah dari paslon lain.

“Ingat bapak ibu ya, waktu pencoblosan ingatkan pengobatan gratisnya, jika ada yang kasih uang ambil saja, tapi tetap coblos pasangan SHM-MAR,” ucapnya.

Belakangan berkat inisiatif Burhansyah lah Warno akhirnya bisa dapat fasilitas gratis hanya menggunakan e-KTP untuk berobat.

Hal itu terjadi setelah Burhansyah yang tak lain ketua DPRD Tanah Bumbu datang langsung melakukan inspeksi mendadak ke RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor.

“Semestinya sudah sejak Januari 2020 bupati mengeluarkan surat pemberitahuan terkait berobat gratis dengan menggunakan e-KTP itu. Ini baru sekarang bupati mengeluarkan surat, tampak sekali nuansa politisnya,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Bawaslu Tindaklanjuti Laporan BPN Prabowo-Sandi Situng KPU
apahabar.com

Politik

Wawali Banjarbaru Dilaporkan ke Bawaslu, Simak Hasil Kajian Gakkumdu
apahabar.com

Politik

Pilgub Kalsel, PDIP Setor 2 Nama Pendamping Paman Birin ke Golkar
apahabar.com

Politik

TKN: Kemenangan Jokowi–Ma’ruf Sudah Tidak Terbendung
apahabar.com

Politik

Bawaslu Banjar Minta Warga Jujur Saat Verfak Pilkada
apahabar.com

Politik

AnandaMu Ajak Semua Suku Berbenah Bersama Bangun Kota Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Ingin Program Mardani Kembali, Warga Barokah Siap Menangkan SHM-MAR
apahabar.com

Politik

Cyrus Gelar Survei Ketaatan Beribadah 2 Capres, Hasilnya?  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com