3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Waspada Banjir dan Puting Beliung, Ini Wilayah di Kabupaten Banjar yang Rentan

- Apahabar.com Kamis, 12 November 2020 - 21:26 WIB

Waspada Banjir dan Puting Beliung, Ini Wilayah di Kabupaten Banjar yang Rentan

Rumah warga di Desa Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar terendam banjir pada Februari 2020 tadi. Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Walau siaga Karhutla belum selesai, namun warga di Kabupaten Banjar harus waspada dengan banjir dan puting beliung.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) BPBD Kabupaten Banjar, Daryanto mengatakan sesuai prediksi BMKG musim penghujan sudah dimulai, dan puncaknya di akhir Januari 2021.

“Sampai 30 November masih siaga Karhutla sesuai surat edaran Gubernur Kalsel, namun sekarang sudah mulai penghujan. Tapi kami tetap siap keduanya,” ujar Daryanto kepada apahabar.com, Kamis (12/11).

Menurutnya, ada pergeseran musim sehingga bisa saja banjir tahun ini terjadi dua kali. “Kalau pengalaman lalu, awal tahun sampai Maret itu kan banjir dan mulai Agustus Karhutla,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, beberapa wilayah yang rentan banjir di Kabupaten Banjar didominasi dari wilayah yang dekat Sungai Martapura.

“Seperti di Kecamatan Sungai Pinang, kemudian turun ke Pengaron, Simpang Empat, Astambul, dan Martapura mencakup Martapura Kota, Timur dan Barat,” tuturnya.

apahabar.com

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjar, Daryanto. Foto-apahabar.com/hendralianor

Selain itu, lanjutnya, wilayah Gambut dan Kertak Hanyar juga termasuk rentan banjir lantaran penyerapan air yang kurang memadai.

“Sekarang kan banyak pembangunan di sana, apalagi jika laut pasang, maka mudah banjir karena serapan yang kurang,” imbuhnya.

Selain banjir, bencana lainnya yang kerap melanda di Kabupaten Banjar di musim hujan adalah puting beliung.

“Malah puting beliung ini yang sering. Jadi warga harus berhati-hati. Nanum puting beliung ini sering terjadi di wilayah yang lapang tidak banyak pohon,” ucapnya.

Daryanto berharap, warga harus berperan aktif mencegah terjadinya banjir, dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta rajin membersihkan parit.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

HUT Adhyaksa ke-60, Kejari Banjarmasin Gelar Baksos
apahabar.com

Kalsel

Punya 4 Jabatan di Pemprov Kalsel, Roy Rizali Dituntut Profesional
apahabar.com

Kalsel

Kehabisan Waktu, Mada-Ferry Terancam Gagal Maju Pilbup Banjar
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Pelajar Balap Liar di Banjarbaru Langsung Dibina
Kakek Basri

Kalsel

Viral Pengeroyokan Kakek di Banjarbaru, ‘Macan’ Kalsel Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Kalsel 12 April: Positif Bertambah 5 Orang
apahabar.com

Kalsel

Polsek Banjarmasin Selatan Kembali Bagikan Sembako
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Tambah 34 Kasus, Positif Covid-19 di Tala Melonjak Drastis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com