Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Waspada Banjir dan Puting Beliung, Ini Wilayah di Kabupaten Banjar yang Rentan

- Apahabar.com     Kamis, 12 November 2020 - 21:26 WITA

Waspada Banjir dan Puting Beliung, Ini Wilayah di Kabupaten Banjar yang Rentan

Rumah warga di Desa Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar terendam banjir pada Februari 2020 tadi. Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Walau siaga Karhutla belum selesai, namun warga di Kabupaten Banjar harus waspada dengan banjir dan puting beliung.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) BPBD Kabupaten Banjar, Daryanto mengatakan sesuai prediksi BMKG musim penghujan sudah dimulai, dan puncaknya di akhir Januari 2021.

“Sampai 30 November masih siaga Karhutla sesuai surat edaran Gubernur Kalsel, namun sekarang sudah mulai penghujan. Tapi kami tetap siap keduanya,” ujar Daryanto kepada apahabar.com, Kamis (12/11).

Menurutnya, ada pergeseran musim sehingga bisa saja banjir tahun ini terjadi dua kali. “Kalau pengalaman lalu, awal tahun sampai Maret itu kan banjir dan mulai Agustus Karhutla,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, beberapa wilayah yang rentan banjir di Kabupaten Banjar didominasi dari wilayah yang dekat Sungai Martapura.

“Seperti di Kecamatan Sungai Pinang, kemudian turun ke Pengaron, Simpang Empat, Astambul, dan Martapura mencakup Martapura Kota, Timur dan Barat,” tuturnya.

apahabar.com

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjar, Daryanto. Foto-apahabar.com/hendralianor

Selain itu, lanjutnya, wilayah Gambut dan Kertak Hanyar juga termasuk rentan banjir lantaran penyerapan air yang kurang memadai.

“Sekarang kan banyak pembangunan di sana, apalagi jika laut pasang, maka mudah banjir karena serapan yang kurang,” imbuhnya.

Selain banjir, bencana lainnya yang kerap melanda di Kabupaten Banjar di musim hujan adalah puting beliung.

“Malah puting beliung ini yang sering. Jadi warga harus berhati-hati. Nanum puting beliung ini sering terjadi di wilayah yang lapang tidak banyak pohon,” ucapnya.

Daryanto berharap, warga harus berperan aktif mencegah terjadinya banjir, dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta rajin membersihkan parit.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Segera Diadili, Eks KPU Banjarmasin Masih Mengelak Cabuli Siswa

Kalsel

Segera Diadili, Eks KPU Banjarmasin Masih Mengelak Cabuli Siswa
apahabar.com

Kalsel

Ricuh HUT RI di Martapura: Empat Luka-Luka, Dua Dilarikan ke Rumah Sakit

Kalsel

Geger Api di Kelayan A Banjarmasin, 1 Bedakan dan 2 Rumah Warga Hangus Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Pria di Pasar Baru Nyaris Mampus di Tangan Musuh Bebuyutan
Banjarmasin

Kalsel

Meiji Pembunuh Keji di Hotel Mira Tertangkap, Keluarga Datangi Mapolsek

Kalsel

Balitbangda Kalsel Kaji Rencana Pembangunan Kereta Bandara
Reklame

HSS

Langgar Aturan, Satpol PP HSS Bongkar Reklame Rokok di Sejumlah Toko
apahabar.com

Kalsel

Update Corona di Kalsel: Jumlah ODP Berkurang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com