Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dalam Sepekan ke Depan, Termasuk Kalimantan

- Apahabar.com Sabtu, 21 November 2020 - 11:01 WIB

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dalam Sepekan ke Depan, Termasuk Kalimantan

Waspada potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan, termasuk kalimantan. Foto-bisnis.com

apahabar.com, JAKARTA – Situasi siklonik di Samudera Hindai, membuat munculnya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan pontensi tersebut terjadi dalam sepekan ke depan 21-26 November 2020.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan resmi, menegaskan terpantaunya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Aceh, barat Bengkulu dan di Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Situasi itu memanjang di perairan utara Aceh, dari Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, serta dari Kalimantan Tengah hingga Selat Karimata bagian selatan.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ujar Guswanto dilansir Antara, Sabtu (21/11).

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

“Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan,” tambah Guswanto.

Berdasarkan analisis tersebut, BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan berintensitas lebat disertai kilat serta angin kencang.
Pontensi tersebut bisa terjadi di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Sumatera Selatan.

Selain itu di Pulau Jawa bisa juga terjadi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta serta Jawa Timur.

Kemudian lagi di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah serta Kalimantan Selatan.

Di Sulawesi berpotensi terjadi di Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan dan di bagian timur Indonesia diprakirakan bisa terjadi di Maluku, Papua Barat serta Papua.

Editor: Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Website BKPSDM HST Diretas, Hacker Sebut Pemerintah dengan Kata-kata Kotor
apahabar.com

Kalsel

Jelang Perempat Final, Tim Futsal SMKN 2 Banjarmasin Benahi Komunikasi
apahabar.com

Kalsel

Apresiasi Peresmian Terminal Baru Syamsudin Noor, Menhub: Sejalan dengan Visi Misi Presiden
apahabar.com

Kalsel

Teror Buaya di Sebamban, Sudah Muncul Sejak 2018
apahabar.com

Kalsel

Tiga nama kuat Kandidat Calon Wabup HST
apahabar.com

Kalsel

Polres HST Bagi-Bagi Masker, Juga Imbau Masyarakat Tidak Mudik
apahabar.com

Kalsel

Ramaikan Wisata Sungai, Desa Sungai Kupang Jaya Kotabaru Gelar Lomba Memancing
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Istilah ODP, PDP dan OTG di Banjarmasin Diganti
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com