Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

10 Kabupaten/Kota di Kalsel Raih Penghargaan Peduli HAM

- Apahabar.com Senin, 14 Desember 2020 - 15:26 WIB

10 Kabupaten/Kota di Kalsel Raih Penghargaan Peduli HAM

PJ Sekdaprov Roy Rizali Anwar menyerahkan penghargaan peduli HAM kepada kabupaten/kota di Kalsel yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – 10 daerah di Kalimantan Selatan mendapatkan predikat sebagai Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Penghargaan diserahkan secara simbolis dalam peringatan Hari HAM ke-72 di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Senin (14/12) siang.

“Dalam rangka menjunjung penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia, khususnya di Kalsel, ” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Agus Toyib kepada awak pers.

Adapun 10 wilayah tersebut adalah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu dan Tabalong. Sementara 3 kabupaten lainnya memperoleh predikat cukup peduli HAM.

“Ini yang perlu kita tingkatkan. Ke depan bagaimana supaya 13 kabupaten/kota bisa mendapatkan predikat yang sama,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, pemprov Kalsel juga mendapatkan apresiasi penghargaan sebagai pembina bagi kabupaten/kota dalam memberikan layanan publik berbasis HAM. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada satuan kerja di lingkup Kemenkumham Kalsel.

“Ini tugas Pemda dan Kemenkumham, apabila bersinergi ke depan semua akan mendapatkan predikat terbaik termasuk satker kita yang ada 16 ini,” lanjutnya.

Terkait 3 kabupaten yang memperoleh predikat cukup, Agus menyampaikan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya terkait laporan dengan aksi HAM.

“Penyelesaian persoalan HAM di daerah, semua laporan itu kita lihat dan bagaimana tentang penyelesaiannya, ” bebernya

Capaian ini diharapkan dapat konsisten dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dari hasil penilaian di lingkungan Kemenkumham Kalsel ada 6 UPT yang meraih penghargaan yaitu Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Banjarmasin, LP Kelas IIA Kotabaru, LP Perempuan IIA Martapura, LP Kelas IIB Banjarbaru, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari dan Kantor Imigrasi Batulicin.

“Mudah-mudahan periode ke depan dari 16 satker UPT di wilayah Kemenkumham dapat bertambah untuk mendapatkan penghargaan dalam memberikan pelayanan publik berbasis HAM, ” harapnya.

HAM

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tanpa Internet, Bagaimana Nasib Siswa di Pinggiran Banjarmasin Saat Pandemi?
apahabar.com

Kalsel

PDIP Tunjuk Muslimin Jadi Ketua DPRD Tala  
apahabar.com

Kalsel

Kontroversi Pernyataan Sukrowardi, GP Al Washliyah: Anggota Dewan Harusnya Santun
apahabar.com

Kalsel

Meriahnya Penutupan Nuzulul Quran di Tapin, 60-an Trofi Dibagikan
apahabar.com

Kalsel

Hujan Ringan Turun Hari Ini, BMKG: Waspadai Petir dan Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Rapat Baru Dibuka, Anggota Dewan Langsung Pertanyakan Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Pesan Sekda Kepada Peraih Prestasi MTQ ke-42 di HST
apahabar.com

Kalsel

Push Up Bak Lelucon, Banjarbaru Terapkan Denda Tak Pakai Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com